4 Lantai Teras Yang Sangat Direkomendasi, Tahan air, dan Anti Rayap

Lantai Teras – Saat membangun sebuah hunian impian, atau tempat tinggal yang sempurna. Pastinya kita sering melupakan beberapa hal, yang dikira biasa saja namun Ternyata penting.

Bisa jadi Salah satunya adalah material Lantai teras. Terlebih lantai tersebut menjadi bagian utama yang terlihat dihalaman depan rumah, sehingga pemilihan material lantai perlu diperhatikan.

Apalagi, ada banyak cara untuk memperindah bagian teras rumah, selain mencari material lantai yang sempurna. Kamu bisa menggunakan dekorasi ruangan, seperti bunga, rerumputan, furnitur outdoor, bahkan penambahan lampu.

Akan tetapi, artikel kali ini akan membahas beberapa material lantai yang bisa digunakan, untuk memperindah area teras, maka dari itu, simak beberapa material terbaiknya berikut :

Rekomendasi Material Lantai Teras Terbaik

Ketahui beberapa material rekomendasi yang bisa dipilih untuk kebutuhan teras rumah, berikut jenis dan kualitas materialnya. Antara lain :

1. Decking Kayu Solid

Salah satu material lantai yang banyak dicari untuk meningkatkan daya tarik teras rumah, yaitu penggunaan Decking Kayu Solid. Decking merupakan material lantai kayu solid yang berkhusus untuk kebutuhan luar ruangan.

Dimana, decking memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda dari jenis lantai kayu lainnya. Dimana, produk ini memiliki alur air pada bagian atasnya, dengan tebal papan yang lebih tebal, serta terbuat dari kayu-kayu pilihan yang kuat terhadap air, matahari, hingga rayap.

Pemilihan decking kayu kerap menjadi unggulan terbaik, selain kualitas, dan ukurannya, decking kayu memiliki warna kayu yang estetik, sehingga tampilan teras akan lebih cantik dengan tingkat kuat yang sempurna.

Adapun beberapa jenis decking yang bisa dipilih untuk kebutuhan lantai teras, simak beberapa jenis terbaik, dengan kualitas dan tampilannya, berikut :

Jenis Decking Kayu untuk Teras

  • Decking Kayu Ulin : Jenis Produk Lantai satu ini, memiliki tampilan coklat gelap, dengan serat emas yang cantik, tingkat kuat dan awetnya berada di posisi atas, dengan kelas kuat dan awet I-I, produk ini menjadi unggulan untuk kebutuhan Outdoor.
  • Decking Kayu Merbau : Jenis Produk ini memiliki tampilan merah kecoklatan dengan serat lurus, tingkat kuat dan awetnya cukup tinggi, sebab berada dikelas kuat dan awet I-II, keunggulan produk ini kuat terhadap rayap, dan jamur.
  • Decking Kayu Bengkirai : Jenis Produk ini memiliki tampilan cokelat kekuningan dengan serat yang beragam, tingkat kuat dan awetnya cukup tinggi, sebab berada dikelas kuat dan awet II-I, jenis ini memiliki warna yang lebih cerah dengan batang yang mudah diolah atau di pasang.
  • Decking Kayu Keruing : Jenis Produk ini memiliki tampilan cokleat keemasan, bentuk dan motifnya hampir mirip dengan lantai kayu jati, tingkat kuat dan awetnyapun cukup tinggi, sebab berada dikelas kuat dan awet I-II, jenis ini sering dijadikan pengganti lantai kayu jati, untuk kebutuhan luar ruangan.

2. Lantai Kayu Jati

Material lantai kayu jati bisa dipilih untuk kebutuhan lantai teras, walaupun sama-sama terbuat dari kayu solid. Decking kayu dan lantai kayu jati berbeda.

Dimana lantai kayu jati memiliki ukuran lantai yang relatif lebih kecil, ukuran rata-ratanya mencapai 1,2 cm untuk tebal, 5 cm untuk lebar, dan lebar 20 hingga 35 cm.

Sistem pemasanganyapun berbeda, lantai kayu jati disusun, dan di lem dengan cara disusun dan direkatkan antara 1 lantai dengan lainnya. Walau demikian, lantai kayu jati memiliki tampilan yang cantik untuk kebutuhan teras rumah.

Adapun beberapa kelebihan lainnya, yaitu tingkat kuat dan awet terhadap rayap yang bisa bertahan hingga puluhan tahun, harganyapun relatif lebih murah.

Selain digunakan untuk kebutuhan teras rumah, lantai kayu jatipun kerap digunakan untuk kebutuhan lantai masjid, lantai kantor, lantai rumah, hingga lantai lapangan olahraga.

Baca Juga : Promo Lantai Kayu Murah dengan Harga mulai 100Rban ( Klik Disini )

3. Lantai Granit

Lantai teras yang bisa direkomendasikan selanjutnya yaitu lantai granit, dimana lantai ini merupakan lantai dengan tingkat kuat yang tinggi, tampilannyapun lebih mewah, sebab terbuat dari batuan alami, yang dipoles hingga menghadirkan tampilan lantai yang mewah dan berkilat.

Batu Granit pun menjadi salah satu batuan alam paling keras yang digunakan dalam konstruksi, sehingga lantai granit memiliki ketahanan dan daya tahan yang sangat tinggi. Mereka tidak mudah rusak, tergores, atau pecah, sehingga cocok untuk area berlalu lintas tinggi.

Pemasangan lantai granit dapat meningkatkan nilai properti . Ini merupakan investasi jangka panjang karena lantai granit cenderung bertahan selama bertahun-tahun tanpa perlu penggantian sering.

Namun, penting untuk diingat bahwa lantai granit juga memiliki beberapa kekurangan, seperti biaya awal yang tinggi dan perlunya pemasangan profesional.

Baca Juga : 6 Jenis Granit dan Warna Paling Banyak Diminati, ini Keunggulannya.

4. Lantai tanah Liat

Lantai tegel atau lantai yang terbuat dari tanah liat memang menghadirkan sentuhan risctic dan kekuatan yang cukup tinggi, sehingga lantai tanah liat bisa menjadi salah satu rekomendasi lantai teras yang bisa digunakan.

Apalagi, lantai satu ini tidak membutuhkan perawatan khusus, sehingga lebih mudah, murah dan tentunya ramah biaya. Kebutuhan tanah liatpun bisa menjadi unggulan, untuk lantai yang kuat terhadap air, jamur, dan rayap, namun lantai ini cenderung licin saat digunakan selama bertahun-tahun.

Jadi, lantai teras mana yang akan dipilih?

Scroll to Top