Pengertian Tipe Lantai kayu sesuai Penempatannya

Lantai Kayu adalah suatu jenis materi penutup lantai yang sudah ada sejak lama, bangsa eropa sudah menggunakanya sejak ratusan tahun yang lalu. Seiring dengan perkembangan jaman bentuk lantai kayu terus mengalami perubahan menjadi lebih praktis dan juga lebih sederhana. Karena pada dasarnya lantai kayu adalah kayu yang dibentuk dan diolah sedemikian rupa maka otomatis Lantai Kayu memiliki semua karakteristik yang dimiliki kayu itu sendiri, seperti tingkat ketangguhan dan ketahanannya dan juga memiliki sifat hangat karena kayu dapat menyimpan panas untuk sementara waktu oleh karena itu penghuni rumah akan merasakan suhu hangat saat berada di dalam ruangan meskipun diluar dingin.

baca juga : Membuat Rumah lebih Elegan dengan Lantai Kayu


Dewasa ini, penggunaan lantai kayu nampaknya semakin populer di kalangan masyarakat. Konsumennya pun bermacam-macam mulai dari kalangan menengah sampai kalangan atas. Harga Jual Lantai Kayu pun bervariasi mulai dari Lantai kayu murah sampai yang cukup mahal dan Berdasarkan penempatannya, ada beberapa tipe lantai kayu dengan sebutan berbeda, Tipe tersebut Antara lain ialah :

Decking

Tipe yang pertama adalah Decking kayu, Tipe yang satu ini sering digunakan untuk outdoor atau bagian luar ruangan. Jenis kayu yang digunakan sebagai bahan dasar biasanya ialah Kayu Merbau, Kayu Bengkirai, Kayu Ulin, atau juga Kayu Kruing. Untuk ukuran panjangnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya ditempatkan dibagian sisi kolam renang, dinding rumah, pagar dan juga bagian lainnya.



Parket

Tipe yang satu ini banyak digunakan di area indoor atau dalam ruangan dengan ukuran yang kecil cara pemasangannya pun mirip dengan puzzle yaitu teknik penguncian pada bagian satu sama lain dan direkatkan dengan lem. Jenis kayu yang digunakan biasanya Kayu jati, kayu merbau, kayu bengkirai dan kayu sonokeling.





Lam Parket

Dilihat dari kegunaanya sebenarnya Tidak ada yang berbeda antara Lam Parket dan Parket, hanya saja Lam Parket memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan Parket



Flooring

Sama halnya dengan parket, tipe yang satu ini juga banyak digunakan untuk area dalam ruangan (indoor). Diciptakan untuk menutupi lantai secara menyeluruh dengan ukuran yang lebih panjang dan lebar dari parket.



baca juga : Detail Tipe Lantai Kayu Parket

Papan Tangga atau Trap

Dilihat dari sisi kegunaanya tentu saja tipe yang satu ini lebih dikhusukan untuk papan tangga. Berbentuk kotak persegi, didesain agar aman dan nyaman untuk dijadikan pijakan kaki. Tidak jauh berbeda dengan tipe-tipe yang lainnya, biasanya bahan dasar yang digunakan adalah kayu jati, dan kayu merbau. baca juga : Harga Papan tangga



Plin Kayu

Plin kayu biasanya ditempatkan di bagian sisi atau sudut antara tembok dengan lantai agar lebih terlihat rapih dan juga supaya tembok dengan lantai lebih terlihat menyatu. Plin kayu juga digunakan pada sudut papan tangga. Biasanya terbuat dari Kayu Jati



Plafon atau Lambershiring

Plafon atau biasa juga disebut Lambershiring biasanya diterapkan dibagian antara dinding dan atap dengan bentuk horizontal,. Penempatan plafon kayu dapat memberikan suasana yang lebih asri dan juga natural. Berbentuk panjang dan bahan dasar yang digunakan biasanya berasal dari kayu jati, kayu merbau, dan juga kayu bengkirai. baca juga : Harga plafon kayu


Kurang lebih demikianlah uraian tentang pengertian tipe lantai kayu sesuai penempatannya. Bagi anda yang ingin membeli atau memasang lantai kayu, tidak usah repot mencari produsen yang terpercaya. Kami PT.Rajawali Parquet sudah berpengalaman di bidang lantai kayu. Sejak 2003 kami konsisten dan terus berinovasi menciptakan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...