5 Pilihan Lantai Parket Motif Kayu berserta Kualitas dan Kelebihannya

Jenis Lantai parket – Material Lantai bermotif serat kayu menjadi material lantai yang menarik pada saat ini, seiring berjalannya waktu, pemilihan lantai bermotif kayu dapat ditemukan dengan berbagai jenis dan bahan, salah satu material terbaiknya yakni berbahan kayu solid.

Tak hanya memiliki tampilan yang akan membuat hunian menjadi lebih asri, natural dan bernuansa perdesaan saja, memiliki hunian dengan material lantai Parket mampu meningkatkan daya jual hingga kenyaman untuk pemilik hunian.

Produk yang ditawarkanpun sangatlah beragam, dimana jenis lantai tersedia dengan beragam jenis, antara parket kayu, vinyl, hingga produk bermotif kayu lainnya. Terlebih ada beberapa jenis lantai yang terbuat dari hasil pabrikasi modern.

Maka, untuk Anda yang ingin menikmati suasana perdesaan dengan material bermotif kayu, Kami menyediakan beberapa informasi mengenai jenis parket vinyl hingga produk motif kayu yang paling dicari tahun 2023 lainnya, simak ulasannya berukut :

4 Jenis Lantai Parket berserta Kualitasnya

Terdapat berbagai jenis lantai parket yang bisa digunakan dengan beragam kualitas, tampilan, dan harga yang bervariasi, untuk menemukan jenis parket terbaik, berikut beberapa produknya :

1. Lantai Parket Kayu Solid

Parket Kayu Solid merupakan salah satu produk lantai yang penggunaannya hingga saat ini banyak dicari, bahkan kualitas parket kayu solid menjadi kualitas terbaik dari segi Bahan, tampilan, tekstur, hingga ketahannnya.

Baca Juga : 3 Pilihan Harga Lantai Parket Termurah dan Bergaransi 2023

Penggunaan Lantai parket berbahan dasar kayu solidpun bisa diaplikasikan pada semua jenis hunian, sebab tampilannya memiliki nilai yang membuat hunian menjadi lebih mewah, elegant dan natural.

Beberapa keunggulan Parket kayu solid

  • Tahan Rayap
  • Anti Air
  • Tampilan Estetik & Bervariasi
  • Tingkat keras dan awet TInggi
  • Pengunci T&G
  • Bisa diperbaiki
  • Tahan Perubahan Cuaca

Bahkan, produk yang ditawarkanpun sangat beragam, dengan jenis kayu, tampilan, yang bervariasi, sehingga Anda bisa mencari produk parket kayu solid, dengan selera dan type yang sesuai dengan hunian.

2. lantai Parket Engineered

Praket Kayu Engineered merupakan produk inovasi yang dimodikasi berkat bantuan teknologi, sehingga menghasilkan papan lantai dengan 3 dasar sekalgius, diantaranya ada lapisan :

  1. Kayu Solid atau Veneer yang berperan sebagai tampilan atau motif dengan kesan kayu yang Natural dan Pekat, tersedia dengan corak beragam
  2. Plywood atau mulitplex menjadi lapisan kedua pada parket kayu engineered
  3. Lapisan kegia terbuat dari kayu dengan kualitas rendah

Jenis lantai kayu parket engineered menjadi alternatif untuk pemilihan parket kayu solid yang lebih eknomis, tanpa menghilangkan kesan natural.

Terlebih, parket kayu engineered memiliki kualitas tinggi tanpa harus mengurangi resiko kerusakan seperti produk parket kayu solid, namun jenis ini terdapat kendala dari pembuatannya yang cukup rumit, sehingga jenis lantai ini jarang tersedia dibeberapa toko material lokal.

3. Lantai Parket Laminate

Jenis lantai kayu yang banyak digunakan dibeberapa bangunan yakni parket kayu laminated, dimana parket laminated hampir sama dengan parket enginereed.

Hanya saja Lamiante terbuat dari bantuan teknologi HDF atau Density fiberboard, lantai lamiante, memiliki permukaan dengan tambahan laminating agar meminimalisir tingkat gores dari furniture tajam.

4. Lantai Parket Vinyl Motif Kayu

Katergori Jenis lantai Parket satu ini memiliki keunggulan dan tekstur yang elastis, sehingga pemasangannya menjadi lebih Mudah. Jenis lantai vinyl terbuat dari material sintetis seperti PVC, dan dibentuk dengan beragam motif dan jenis yang berbeda.

Lantai vinyl, terkenal dengan material lantai motif kayu yang lentur, kuat, tahan lembab, hingga tahan terhadap goresan. Terbagi menjadi beberapa jenis lantai vinyl yang bisa dipilih, diantaranya berikut :

Lantai Vinyl Plank

Lantai Vinyl plank memiliki bentuk seperti parket kayu solid, dengan produk berukuran 10 – 20 cm pada lebar, dan 90-100 panjangnya. Jenis ini, memiliki tebal yang cukup tipis, sekitar 2 mm – 3 mm saja. Produk lantai vinyl pnl memiliki motif dan ragam yang bervariasi, sehingga bisa dipilih sesuai selera.

Lantai Vinyl Roll

Lantai Vinyl Roll berbeda dengan jenis plnak, dimana lantai vinyl rool memiliki bentuk seperti karpet atau memiliki sitem gulungan pada pemasangannya, vinyl roll tersedia dengan lebar 2 meter, tebal 0,5 0 22 m dan panjang beukuran 25 meter, lantai vinyl roll dipilih karena dapat mengikis budget lebih murah karena lebih lebar dan panjang.

Lantai Vinyl Click

Lantai VInyl Click menjadi jenis lantai kayu yang paling mudah dalam pemasangannya, hal ini dikarenakan vinyl click memiliki system click pada area pinggirnya, sehingga tidak memerlukan lem atau alat berat dalam pemasangannya.

Baca Juga : Jual Lantai Vinyl Kendo dan Golden Crown Harga Termurah 2023

Jenis lantai vinyl click-pun, tersedia dengan berbagai jenis warna dan motif, bentuk dari vinyl click hampir sama dengan laminate, hanya saja memiliki tebal yang cukup tipis, namun soal kualitas, vinyl satu ini memiliki keunggulan yang sempurna, salah satunya tahan terhadap lembab, sehingga jenis lantai vinyl clik cocok untuk dipilih.

Rekomendasi Jenis Lantai Parket untuk Ruangan Tertentu

Jika, Anda masih bingung untuk menentukan jenis lantai Parket terbaik untuk beberapa ruangan tertentu, maka berikut beberapa rekomendasi yang bisa Kami sarankan, diantaranya yakni :

Lantai Parket untuk Ruang Tamu

Mana Parket kayu yang tepat untuk ruang tamu? Kita tahu sendiri raung tamu merupakan area dalam hunian yang berperang sebagai penyambut tamu saat mengunjungi rumah, sehingga suasana ruang tamu sedikit lebih formal.

Beberapa jenis parket untuk menghangatkan atau mencairkan suasana yakni Parket Kayu Jati, merbau, enginereed. Jenis parket tersebut memiliki tekstur dan tebal yang cukup, untuk menghangatkan ruangan.

Lantai Parket untuk Kamar Tidur

Saat lelah dari segala aktivitas sehari hari, ruang tidur menjadi area yang wajib memiliki suasana hening dan nyaman, pemilihan jenis lantai Parket tentunya berpengaruh bagi suasana tersebut, dimana seperti dibahas diatas.

Parket kayu solid memberikan kesan baik untuk pernafasan sebab memiliki ion negatif yang menyehatkan, namun untuk budget yang lebih ekonomis, vinyl dan laminate menjadi jenis lantai parket yang cocok juga, sebab tampilan lantai tipis memberikan kesan sejuk pada area yang panas.

Lantai parket untuk Dapur

Dapur sendiri memiliki area khusus untuk menyimpan, menyiapkan bahan makanan hingga mengolahnya, sehingga pemilihan lantai kayu untuk ruangan dapur memerlukan ketahanan yang baik, terhadap suhu lembab, atau percikan minyak, sehingga cara memebersihkannya mudah.

Maka, jenis lantai Parket yang bisa digunakan yakni Parket kayu solid, namun berjenis Decking sebab tingkat kuat air yang tinggi, tapi pemilihan parket laminate masih banyak dipilih sebab kualitas, dan harga cukup unggul untuk area dapur.

Lantai Parket untuk Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan ruangan yang penting sebagai tempat untuk membersihkan tubuh, atau halhal lainnya, pemilihan lantai parket untuk kamar mandipun cukup sulit, untuk dipilih sebab beberapa jenis lantai diatas, memiliki ketahanan yang kurang unggul.

Hanya saja jika Anda ingin menggunakan lantai bermotif kayu pada area kamar mandi, maka decking atau parket outdoor bisa dipilih, pilih decking ulin sebagai pilihan yang tepat.

Jadi, jenis parket kayu solid mana yang akan dipilih?

Scroll to Top