Atap merupakan penutup dari sebuah bangunan. Selain menyempurnakan bentuk bangunan, atap juga berfungsi sebagai pelindung bagian dalam bangunan dari terik matahari dan tetesan hujan. Maka dari itu atap memegang salah satu peranan terpenting dari sebuah bangunan.

Atap memiliki berbagai macam pilihan bentuk dan jenis. Dari semua jenis yang ada, atap onduline menjadi salah satu jenis yang paling populer karena kelebihannya. Berikut adalah kelebihan yang dimiliki atap onduline

Mengenal karakteristik material Atap Onduline

Bahan utama yang digunakan untuk pembuatan atap onduline adalah serat selulosa. Serat ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, antara lain kertas daur ulang dan kayu pulp.

Selain serat selulosa, atap onduline juga menggunakan material lain seperti resin, mineral aditif, dan aspal sehingga memiliki ketahanan sangat baik.

Atap Onduline Tidak Mudah Patah

Dalam proses pembangunan sebuah rumah, pembelian material perlu diperhatikan. Hal ini tidak terlepas dari proses pemindahan material dari toko jual ke lokasi pembangunan.

Dalam perjalanan tersebut terdapat risiko tinggi material yang dibeli mengalami kerusakan. Namun berkat bahan materialnya, atap onduline sangat kokoh sehingga tidak perlu khawatir patah dalam perjalanan

Ketahanan dan Keawetan Atap Onduline Sangat Lama

Serat selulosa sebagai material utama dalam atap onduline menjadikannya awet dan tahan lama. Serat tersebut bisa dijadikan juga sebagai bahan semen dan beton sehingga sudah pasti lebih kokoh.

Atap onduline memiliki ketahanan terhadap air apabila dipasang dengan benar sehingga tahan terhadap korosi.

Bobot Atap Onduline Sangat Ringan

Bobot atap onduline sangatlah ringan, yaitu sekitar tiga kilogram per meter persegi. Keringanan bobot tersebut membuat atap onduline menjadi lebih fleksibel untuk dipasang di jenis rangka apa pun, baik kayu maupun baja ringan.

Namun bobotnya yang ringan tidak membuat atap onduline rapuh. Atap onduline dapat menahan beban hingga 960 kilogram per meter persegi.

Atap Onduline Anti Bising

Atap onduline dapat menyerap air dengan baik. Maka dari itu jika dibandingkan dengan atap berbahan logam, atap onduline mampu meminimalisir suara bising ketika hujan turun. Atap onduline sangat tepat untuk digunakan bagi orang-orang yang butuh ketenangan dalam menjalankan aktivitas.

Baca juga : Desain Terbaik Untuk Kamar Mandi Dan Rahasia Material Kayu Untuk Kamar Mandi.

Tentunya, material atap onduline memiliki kelebihan yang perlu Anda ketahui, berikut beberapa keunggulannya :

Kelebihan Menggunakan Atap Onduline

Atap Onduline Ramah Lingkungan

Setiap material yang digunakan untuk membuat atap onduline sangat aman terhadap lingkungan, berbeda dari jenis atap asbes yang membahayakan. Dengan menggunakan atap onduline, Anda bisa berkontribusi dalam aksi peduli lingkungan agar terbebas dari pencemaran.

Atap Onduline Anti Bocor

Atap onduline tahan terhadap kebocoran sehingga air tidak mudah merembes di atap rumah. Atap jenis onduline ini sangat aman digunakan di daerah dengan curah hujan tinggi. Atap ini bisa bertahan dari kerusakan fisik di tengah angin badai saat hujan lebat.

Atap Onduline Mudah Dipasang

Atap onduline cukup ringan sehingga pemasangannya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Pengerjaannya bisa dilakukan dengan alat-alat yang sederhana seperti skrup dan paku, tergantung pada kerangka bangunan.

Baca juga : Pernah mendengar Atap sirap? gunakan dengan jenis kayu terbaiknya

Saat memasang atap onduline kemiringan atap perlu diperhatikan dan harus mengikuti panduan pemasangan pabrik agar lebih awet pemakaiannya

Atap Onduline Hemat Biaya Perawatan

Atap onduline memiliki ketahanan yang sangat baik sehingga tidak membutuhkan biaya perawatan yang mahal ataupun biaya perbaikan. Cukup lakukan pemasangan sesuai panduan maka atap akan bertahan lama.

Atap Onduline Tahan Api

Atap onduline memiliki sifat non-combustible sehingga apabila terjadi kebakaran, atap ini tidak akan memperbesar api dan tidak mudah rusak. Selain itu, atap onduline juga mampu mempertahankan suhu dengan baik sehingga bangunan akan terasa sejuk di siang hari namun tetap hangat di malam hari.

Atap Onduline Tahan Terhadap Gangguan Alam

Atap onduline sangatlah menarik karena mampu menahan terpaan angin dengan kecepatan hingga 346 km/jam.

Selain itu atap onduline juga dapat menahan getaran dari gempa bumi hingga kekuatan 6,5 skala richter. Hal ini menunjukkan bahwa atap onduline memang lebih kuat dan aman digunakan di daerah apa pun.

Atap Onduline Multifungsi

Atap onduline memiliki material yang selain memudahkan pemasangan juga dapat memudahkan untuk dipotong dan dibentuk sehingga atap bisa dibentuk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Untuk menentukan jenis atap yang akan digunakan dalam pembangunan sebuah rumah, selain perlu mengenali kelebihannya kita juga perlu mengenali kekurangannya agar dapat memilih jenis atap yang paling tepat. Berikut adalah kekurangan dari atap onduline:

Kekurangan Menggunakan Atap Onduline

Warna Atap Onduline Kurang Awet

Meskipun atap onduline memiliki berbagai macam pilihan warna, sebenarnya warna atap onduline tidak dapat bertahan lama. Jika atap onduline terus-menerus terkena panas dan hujan semakin lama warnanya akan memudar.

Atap Onduline Memiliki Banyak Sambungan

Atap onduline mudah untuk dipotong dan dibentuk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Namun proses ini dapat menimbulkan kelemahan karena proses penyambungannya menjadi lebih sulit.

Jadi, Siapkah Anda untuk menggunakan material atap ounduline? Demikianlah informasi yang bisa disampaikan. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas..

Scroll to Top