Kayu Sungkai

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa di indonesia memiliki beragam jenis kayu yang berkualitas. Tentunya, kayu merupakan material yang memiliki harga jual yang tinggi, karena berbagai macam kebutuhan seperti Furniture dan bahan bangunan pasti diaplikasi dengan kayu.

Apalagi, Jenis kayu yang ada diindonesia sangat beragam dan memiliki kelebihan dan karakteristik yang berbeda-beda, Dengan demikian Anda bisa memilih jenis kayu tersebut sesuai dengan Budget dan Selera yang Anda inginkan.

Ada jenis kayu yang mahal seperti kayu jati, dan ada jenis kayu yang memiliki harga lebih terjangkau namun berkualitas, Kayu sungkai bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Penasaran bukan bagaimana karkateristik yang dihasilkan Kayu sungkai? berikut informasinya :

Mari Mengenal Kayu Sungkai

Mengenal Asal Muasal kayu Sungkai

Pastinya Anda penasaran bukan dari mana asal dari Kayu sungkai ? jenis kayu ini, memiliki nama latin “Peronema Canescens Jack“, kayu jenis ini merupakan kayu yang dapat ditemukan di daerah Sumetera Selatan, Jawa barat, kalimantan barat, selatan, dan Sulawesi Tengah dan Selatan.

Pohon sungkai, merupakan tumbuhan yang cocok tumbuh didaerah tropis bercurah hujan A dan C, baik ditanah kering maupun sedikit basah pada ketinggian 0 mdpl hingga 600 mdpl. Kayu sungkai dapat tumbuh dengan kandungan tanah yang kaya akan unsur yaitu media yang tepat bagi pertumbuhan pohon sungkai.

Pohon sungkai itu sendiri meurpakan pohon yang dapat bertumbuh hingga mencapai ketinggian 20 hingga 30 meter, sementara untung batangnya memiliki diamater batang yang bisa mencapai 60 sentimeter dengan ciri batang yang lurus dan berlekuk dangkal serta ranting yang dipenuhi dengan bulu-bulu halus.

Bagaimana dengan Karakteristik Kayu Sungkai?

Membicarakan mengenai karakateristik tentunya kayu jenis sungkai ini memiliki kualitas yang bagus. Kayu Sungkai itu sendiri memiliki permukaan dengan tekstur yang kasar, meski sudah diamplas. Kayu sungkai itu sendiri memiliki berat dengan volume berat antara 0,50 – 0,70 kilogram permeter kubiknya.

Jika mengenai warna, kayu sungkai memiliki warna yang agak kelabu atau sawo muda pada bagian luarnya, sedangkan bagian tengahnya kayu sungkai berwarna cokelat muda. Sementara itu, bagian pinggir dari kayu sungkai memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan pada bagian tengahnya.

Fakta mernariknya bagian pinggir kayu sungkai memiliki warna putih namun setelah dikeringkan warna tersebut berubah menjadi warna kuning kecerahan.

Lalu, dengan karakteristik kayu seperti itu, kegunaan dari kayu sungkai seperti apa? Berikut informasinya :

Begini Manfaat yang bisa digunakan dari Kayu Sungkai

Bicara mengenai manfaat atau kegunaan, kayu sungkai kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembutan furniture rumah, seperti meja, kursi, pintu dan juga Lemari pakaian.

Namun, berkat karakteristiknya yang kuat dan cukup baik, kayu sungkai sering digunakan sebagai kerangka tiang rumah atau atap. Selain itu, kayu sungkai pun sering diolah menjadi venner yang biasa digunakan untuk melapisi permukaan kayu lapis.

Maka dari itu, untuk Anda yang ingin menggunakan kayu sungkai, jangan khawatir karena kayu sungkai memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan kayu lainnya seperti Kayu Jati, dan jenis kayu berkualitas lainnya. lalu, kelebihan dan kekurangan dari kayu sungkai pun tidak bisa dikatakan remeh, berikut informasinya :

Begini Keuntungan dan Kekurangan Kayu Sungkai

Mengenal Keuntungan dari Kayu sungkai

Meskipun kayu sungkai memiliki permukaan yang kasar, namun serat-serat dari kayu sungkai satu ini daat memberikan kesan motif yang sangat cantik dan cocok jika dijadikan sebagai furniture yang memiliki gaya minimalis dengan sentuhan kesan natural. Lalu, kayu sungkai memiliki tingkat kekuatan yang cukup kuat.

Keuntungan selanjutnya ialah, kayu sungkai mudah dalam proses pengelolahannya, sehingga para pengrajin furniture bisa menghemat waktu dan tenaga dalam proses pembuatannya. Hal lainnya yaitu kayu sungkai memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding kayu lainnya.

Baca juga : Jenis – Jenis kayu untuk lantai Hunian

Tentunya, setiap jenis kayu memiliki kelebihan dan kekurangan, hal tersebut wajar dalam sebuah produk atau material, berikut kekurangan yang perlua Anda ketahui juga :

Mengenal Kelemahan dari kayu Sungkai

Tidak selalu mengenal kelebihan saja, melainkan Anda harus mengenal kelemahanya agar anda dapat membandingkan dan mengenal lebih spesifik tentang produk tersebut, begitupun dengan kayu sungkai.

Jenis ini memiliki kekurangan dari penempatan area, yaitu kayu sungkai tidak bisa digunakan untuk area uar ruangan, sesperti meja adn kursi teras, arena kayu sungkai tidak tahan terhadap perubahan cuaca, tidak seperti kayu ulin yang merupakan jenis kayu terbaik untuk area outdoor.

Baca juga : Desain Balkon Atas Rumah, Dengan Kayu Berkualitas Agar Lebih Cantik

Selain itu, permuakan kayu sungkai yang cenderung kasar menjadika hal tersebut kekurangan dari kayu sungkai, karena hal tersebut dapat menggangu kenyamaan penggunannya. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan menggunakan lapisan atau finishing khus pada permuakan furniture kayu sungkai.

Bagaimana Tertarik dengan Kayu Sungkai satu ini?

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, mengenai Kayu sungkai dari mulai karakteristik dan Kelebihan kekurangan yang wajib Anda ketahui.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, dan Selamat menikmati hunian terbaik dengan Kayu berkualitas yang bisa Anda gunakan!

Scroll to Top