Ada banyak jenis material yang biasa digunakan untuk kebutuhan rumah, atau bangunan lainnya. Hal ini menjadikan Anda mampu menyesuaikan pemilihan material berdasarkan kebuthan, budget dan sesuai dengan konsep bangunan yang akan diusung.

Dari sekian banyak material untuk kebutuhan bangunan, terdapat salah satu material yang sedang populer pada saat ini, yaitu Aluunium composite panel.

Nah, untuk Anda yang sedang memiliki renanca megaplikasikan aluminium composite panel pada hunian yang sedang diancang, pastikan dulu Anda mengetahui beberapa informasinya seperti karakteristik dan plus minus pada material satu ini.

Untuk itu, kami akan memberikan ulasannya. yuk simak beberapa informasinya berikut!

jadi, Apa itu Alumunium Composite Panel?

Tentunya, sebelum menggunakan Anda perlu mengenal terlebih dahulu material tersebut, seperti alumunium Composite Panel. Sudah tahu material satu ini?

Alumunium compositel panel merupakan material dinding yang diproduksi dari bahan Polyethylene, serta dilapisis beebrapa bahan seperti lembaran alumunium pada kedua sisinya.

Karakteristik Alumunium composite panel

Adapun, Alumunium compiste panel sendiri memiliki bentuk lempengan dengan karakter yang kaut dan kaku, namun walaupun memiliki karakter yang kaku, tapi bobot material ini cenderung ringan. Hal ini sehingga mempermudah proses pemasangannya.

Salah satu kegunaan dari alumunium ini untuk menutupi area dinding laur dan dalem, namun sudah tahu kegunaan lainnya dari material ini? untuk itu, yuk simak kegunaan lainnya berikut :

Pemakaian ACP ( Alumunium Composite Panel )

Sebelumnya, Material ini banyak digunakan untuk kebutuhan pelapis dinding interior ataupun eksterior pada bangunan komersial seperti gedung gedunga atau kantor.

Material ini dianggap dapat menonjolkan kesan arsistik serta mewah pada bangunan. Namun, kini penggunaan aluminum composite panel ( ACP ) tidak sekadar diadopsi dari bangunan perkantoran saja.

M elainkan penggunaan ini diadopasi dan mapu digunakan untuk hunian tempat tingga. Sementara itu, pemakaian ACP dapat diguna untuk membuat partisi, plafon maupun penutup kolom.

Tentunya, material ini memiliki beragam jenisnya, jadi dengan ini anda dapat memilih jenis tersebut sesuai dengan budget dan selera yang Anda inginkan, sudah tahu apa saja jenisnya? berikut uraiannya :

Jenis Alumunium Composite Panel di Pasaran

Dipasaran, Anda dapat menemukan 2 jenis alumunium Composite yang bisa Anda gunakan, pertama Adalah aluunium composite panel polyseter, yang jenis tersebut sangat cocok jika digunakan sebagai dinding interior.

Lalu ada juga Alumunium composite panel polyvinyl de flouride yang lebih cocok digunakan dibagian eksterior dan bisa Anda kombinasikan dengan material lain, seperti panel kanopi ataupun kaca.

Akan tetapi, kedua jenis panel tersebut memiliki keunggulan yang sama, keunggulan tersebut bisa Anda rasakan untuk beberapa bulan kedepan, apa saja? Berikut informasinya :

Ketahui Plus dan minus dari Alumunium Composite Panel

Keunggulan Alumunium Composite Panel

Tahap terhadap kondisi cuaca yang stabil

ACP yang merupakan material dengan campuran kimia lainnya, membuat alumnium satu ini memiliki sifat tahan terhadap korosi, asam, garam dan sinar ultraviolet.

Baca juga : Ingin buat dinding lebih asri dan kuat tanpa perlu khawatir? buka artikel ini!

Sifat ini membuat ACP terkenal dengan daya tahannya yang sangat tinggi terhadap kondisi cuaca, baik panas maupun hujan. Bahkan, Alumunium composite panel dapat bertahan hingga berpuluh tahun lamanya.

Bobot material yang ringan

Salah satu keunggulan lainnya dari ACP yaitu memiliki bentuk lembarang yang kuat dan kaku, namun dengan bbobt yang cukup ringan.

Bahkan, ACP memiliki ketebalan antar 1-10 mm dan lebar 1.200-1.600. hal ini membuat material ini sulit dimengerti karena tebal namun ringan. Hal ini sangat berpangaruh pada saat proses pemasangannya karena mudah untuk dipindah-pindah

Mudah saat dibentuk

Selain ringan dan tahan lama, ternyata material ACP memiliki keunggulan lainnya, yaitu mudah dibentuk, dilipat dan dibor serta dilengkungkan.

Pengaplikasian ACP pun bisa menggunakan peralatan konvesional dan peralatan yang tidak berat. Untuk itu, penggunaan ACP sangat digemari untuk kebutuhan outodor, karena mudah dan murah.

Tahan terhadap benturan keras

Permukaan Acp yang rata membuat material satu ini tidak mudah tergores dan tidak mudah patah. Namun, jika terjadi benturan dalam proses pemindahan material satu ini tidak akan mempengaruhi fisik dan tetap utuh seperti baru.

Memiliki permukaan yang rata dan halus

Kelebihan lainnya dari material ACP yaitu memiliki permukaan yang rata serta halus sehingga material ini sangat tepat untuk melapisis dinding eksterios bangunan. Bangunan yang dilapisi ACP akan terlihat lebih mewah, modern dan estetik.

Memiliki beragam variasi warna

Alumunium composite panel tersedia dalam berbagai macam variasi serta pola, saat ini tersedia lebih dari 20 macam pilihan warna yang bisa Anda tentukan sesuai dengan selera yang Anda inginkan.

Tentunya, material satu ini tidak sempurna seperti material lainnya. maka dari itu Anda perlu mengetahui kekurangannya juga. untuk itu yuk simak kekurangan dari Alumunium composite panel, berikut :

Kekurangan Alumunium Composite Panel

kekurangan dari ACP tentunya cukup perlu diperhatikan karena, ada kekurangan yang beresiko untuk kesehatan. Dilansir dari beberapa sumber ACP ini memiliki gas saat proses pemasangannya.

Serta Acp dapat menggelembung ketika terus terkena sinar matahari. Jika sistem grounding kurang bagus terhadap bangunan utama, lembaran cukup berisiko terhadap sambaran petir

Baca juga : Ternyata Kayu Ulin Bisa Digunakan Untuk Atap Sirap, Begini Kelebihannya.

Jadi, Akankah Anda menggunakan material satu ini? tentunya penggunaan ACP perlu anda ketahui lebih lanjut, untuk itu, tanyakaen terlebih dahulu bagaimana efek efek lainnya.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas. Tentunya selamat menikmati hunian terbaik dengan material yang aman dan sehat>


Scroll to Top