6 Keunggulan Dinding ACP dan Kenali Fungsi hingga Produknya

Dinding ACP

Mengenal dinding ACP – Terdapat beragam material yang saat ini tersedia diberbagai macam toko, yang bisa Anda pilih. Tentunya dengan ragam fungsi dan kebutuhan yang berbeda.

Dari segala banyak material yang bisa Anda gunakan, terdapat salah satu material yang perlu Anda pentingkan, yaitu Dinding hunian.

Berbicara mengenai material dinding, terdapat salah satu material yang sedang populer pada saat ini, yaitu dinding ACP ( Alumunium Composite Panel ). Sudah tahu apa itu dinding Acp?

Nah, kebetulan pada saat ini, kami akan memberikan beberapa informasi menarik mengenai material dinding tersebut, dari pengertian, fungsi hingga plus dan minusnya. Jika anda tertarik, yuk simak ulasannya berikut :

Sekilas Tentang Dinding ACP

Hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan material satu ini, yaitu mengenal terelbih dahulu apa itu dinding ACP.

Ya, dinding ACP atau Alumunium Composite Panel merupakan material dinding yang diproduksi dari bahan Polyethylene, serta dilapisi bahan lainnya seperti lembaran alumunium di kedua sisinya.

Lalu, kira-kira bagaimana dengan karakteristsiknya ya? yuk simak ulasannya berikut :

Jenis Dinding kuat dan Kaku

Membahas mengenai karakteristik pada dinding Acp, Bahwa dinding alumunium composite panel inii memiliki bentuk seperti lempengan dinding pada umumnya, yang memiliki karakter yang kuat dan kaku.

Walaupun dinding ACP memiliki karkater yang kaku, namun bobot material dinding ini cenderung lebih ringan, hal ini tentunya dapat mempermudah dalam pemasangannya.

Hal inilah yang membut material dinding ini biasa digunakan untuk menutupi area dinding luar, tapi tidak hanya itu saja, melainkan dinding Acp memiliki kegunaan lainnya, antara lain :

Dinding Acp untuk Bangunan Komersial

salah satu kegunaan dari dinding satu ini, yaitu sering digunakan untuk kebutuhan pelapis dinding interior, karena dianggap mampu menonjolkan kesan artistik serta mewah pada bangunan.

Biasanya dinding acp digunakan untuk beberapa bangunan komersial seperti gedung serba guna, kantor, pabrik, hingga Kebutuhan hunian. Dari bangunan tersebut, dinding acp sangat cocok untuk perkantoran.

Namun tidak jarang, jika material Acp ini diguanakan untuk membuat partisi, plafon maupun penutup kolom. Walaupun memiliki karakteristik dan warna yang cukup beragam.

Ternyata dinding acp terdapat beberapa jenis yang bisa gunakan dengan menyesuaikan budget dan kebutuhan, kira-kira ada apa saja jenisnya ya? Berikut uraiannya :

Beragam Jenis Dinding Acp Terbaik

1. Alumunium composite panel Polyster

Terdapat 2 jenis dinding ACP yang bisa Anda gunakan, pertama ada jenis Alumunium composite Panel Polyster, jenis ini sering digunakan untuk dinding interior karena memiliki warna dan bentuk yang estetik.

Tipe ACP ini, merupakan jenis yang memiliki harga lebih murah, karena hanya dilapisi dengan satu lapisan, walaupun demikian jenis acp ini menjadi material acp terpopuler

2. Alumunium Composte Polyvinyl de Flouride

Jenis berikutnya, yaitu Alumunium Composite Panel Polyinyl de Flouride yang banyak digunakan sebagai material eksterior, jenis dinding ini bisa Anda kombinasikan dengan material lain untuk hasil yang sempurna.

Jiak Jenis ACP ( PE ) memimiliki harga yang murah, sedangkan jenis ACP satu ini memiliki keunggulan yang tahan terhadap segala jenis cuaca dan memiliki lapisan warna yang tahan lama. Hanya saja, harganya cukup mahal.

Walaupun 2 jenis tersebut memiliki keunggulan yang berbeda, namun ternyata kedua jenis ACP itu memiliki beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan, antara lain :

Keunggulan Dinding ACP untuk Bangunan

1. Tahap terhadap kondisi cuaca yang stabil

ACP yang merupakan material dengan campuran kimia lainnya, membuat alumnium satu ini memiliki sifat tahan terhadap korosi, asam, garam dan sinar ultraviolet.

Sifat ini membuat ACP terkenal dengan daya tahannya yang sangat tinggi terhadap kondisi cuaca, baik panas maupun hujan. Bahkan, Alumunium composite panel dapat bertahan hingga berpuluh tahun lamanya.

2. Bobot material yang ringan

keunggulan lainnya dari dinding ACP yaitu memiliki bentuk lembaran yang tipis, kuat dan kaku namun memiliki bobot berat yang cukup ringa, tentunya hal ini memudahkan dalam proses pemasangan.

Dinding ACP memiliki ketebalan antara 1-10 mm dan lebar 1.200-1.600. hal ini membuat material ini sulit dimengerti karena tebal namun ringan. Hal ini sangat berpangaruh pada saat proses pemasangannya karena mudah untuk dipindah-pindah

3. Mudah saat dibentuk

Selain ringan dan tahan lama, ternyata material ACP memiliki keunggulan lainnya, yaitu mudah dibentuk, kelebihan ini seperti mudah dilipat dan dibor hingga mudah dilengkukan

Pengaplikasian ACP pun bisa menggunakan peralatan konvesional dan peralatan yang tidak berat. Untuk itu, penggunaan ACP sangat digemari untuk kebutuhan outodor, karena mudah dan murah.

4. Tahan Terhadap benturan keras

Permukaan Acp yang rata membuat material satu ini tidak mudah tergores dan tidak mudah patah. Bahkan, jika terjadi benturan dalam proses pemindahan, tidak akan mempengaruhi fisik dan tetap utuh seperti baru.

5. Memiliki permukaan yang rata dan halus

Kelebihan lainnya dari material ACP yaitu memiliki permukaan yang rata serta halus sehingga material ini sangat tepat sebagai pelapis dinding eksterior bangunan. Bangunan yang dilapisi ACP akan terlihat lebih mewah, modern dan estetik.

6. Memiliki beragam variasi warna

Alumunium composite panel tersedia dalam berbagai macam variasi serta pola, saat ini tersedia lebih dari 20 macam pilihan warna seperti merah, kuning, hijau, putih, biru dan warna lainnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera yang Anda inginkan.

Tentunya, material satu ini tidak sempurna seperti material lainnya. maka dari itu Anda perlu mengetahui kekurangannya juga. untuk itu yuk simak kekurangan dari Alumunium composite panel, berikut :

Kekurangan Alumunium Composite Panel

kekurangan dari ACP tentunya cukup perlu diperhatikan, karena ada kekurangan yang beresiko untuk kesehatan. Dilansir dari beberapa sumber, dinding ACP ini memiliki gas pada saat proses pemasangannya.

Serta Acp dapat menggelembung ketika terus terkena sinar matahari. Jika sistem grounding kurang bagus terhadap bangunan utama, lembaran cukup berisiko terhadap sambaran petir.

Tapi, jika Anda mengingikan material dinding yang ekstoris dan kuat untuk bangunan perkantoran, Anda bisa menggunakan material kayu seperti atap sirap, lambersering dan material dinding lainnya.

Jadi, Apakah Anda menggunakan material satu ini?

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tutnas, tentunya Anda perlu mengetahui berbagai informasi mengenai material hunian lainnya, hanya di rajawali parket.


Scroll to Top