tipe lantai kayu

Cara Membersihkan Rumah Berlantai Kayu

Membersihkan rumah yang memiliki lantai kayu itu ada tips dan cara yang berbeda dengan lantai lainnya, karena lantai kayu terbuat dari kayu yang sangat berbeda dengan material lainnya, agar tetap awet, jangan khawatir untuk anda yang sudah memiliki rumah besar. Namun takut tidak bisa terawat. Kini dengan jaman yang sudah modern dan banyak suber daya manusia yang sudah berpangalaman. Anda tinggal panggil mereka saja untuk merawat rumah anda.

Rajawali parket akan memberikan tipsnya, Berbeda jenis lantai, berbeda pula cara perawatannya. Menerapkan cara membersihkan lantai yang salah bisa justru merusak lantai. Informasi berikut ini menunjukkan langkah-langkah membersihkan lantai dan produk atau bahan pembersih yang bisa dipakai berdasarkan jenis lantai

Cara Membersihkan Lantai Kayu

Bahan kayu, sebagaimana material alami lainnya, rentan rusak jika tidak dirawat secara benar. Sebelum Anda membersihkan lantai kayu, Anda perlu memastikan apakah lantai tersebut berlapis bahan kedap air atau tidak. Cara perawatan harga lantai kayu berbeda menurut bahan pelapisnya.

Jika lantai kayu Anda berlapis bahan kedap air, Anda bisa mengepelnya tanpa perlu khawatir merusaknya. Langkah-langkahnya:

  • Sapu atau sedot debu dan kotoran agar tidak menggores lantai ketika dipel.
  • Larutkan cairan pembersih lantai kayu di dalam seember air hangat. Ikuti aturan pakai pada label kemasan produk.
  • Basahi kain atau alat pel dan peras hingga tidak ada air menetes. Meskipun berlapis bahan kedap air, genangan air di lantai kayu sebaiknya dihindari.
  • Pel lantai dengan cara memutar lap atau alat pel di atas lantai.
    Keringkan lantai dengan lap kering dan bersih.

Perawatan lantai kayu yang tidak berlapis bahan kedap air sedikit berbeda. Anda perlu lebih cekatan agar lantai tidak terlalu basah dan tidak terlalu lama terpapar air. Langkah-langkahnya:

Rekomendasi : 6 Tips Agar Kebersihan Rumah Selalu Terjaga

  • Sapu atau sedot debu dan kotoran agar tidak menggores lantai ketika dipel.
  • Campur cairan pembersih lantai kayu dan sedikit air. Baca dan ikuti petunjuk pemakaian pada kemasan produk.
  • Sekadar buat kain pel agak lembap dengan campuran tersebut.
  • Usapkan pada lantai dan segera lap bagian yang sama dengan lap kering dan bersih.

Beberapa lantai tampak berbahan kayu, padahal sebenarnya berbahan sintetis yang menyerupai kayu atau disebut laminasi. Bahan ini lebih tahan lama dan lebih mudah dirawat. Berbeda dari cara membersihkan lantai kayu yang memerlukan cairan pembersih lantai kayu khusus, Anda bisa memakai produk pembersih lantai keramik biasa untuk lantai laminasi. Hal yang paling penting diingat ketika mengepel lantai laminasi adalah menjauhkannya dari genangan air, jadi segera keringkan lantai laminasi yang baru dipel. Terlalu banyak air bisa menyebabkan lantai laminasi menggembung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *