kayu kamper

Kayu Kamper, Material kayu Populer yang Unggul. Simak artikel satu ini!

Kayu merupakan material atau bahan dasar pembangunan yang paling diincar oleh kebanyakan para pembuat rumah, selain batu bata dan semen. Jenis kayu itu sendiri yang memiliki beragam jenis dan keunikannya masing masing, Salah satunya yaitu kamper.

Uniknya, kayu kamper terkenal sebagai material yang tahan banting bahkan kayu kamper merupakan bahan maerial yang anti atau tahan terhadap serangan Rayap. Apalagi, kayu kamper merupakan kayu yang banyak dimanfaatkan untuk pembuatan furniture atau Material kayu lainnnya.

Jadi apakah Anda sudah mengenal dari kayu Kamper? atau Anda ingin membaca mengenai kayu kamper secara detail? untuk itu, yuk mari kita simak beberapa informasi mengenai kayu kamper berikut ini :

Mengenal Kayu Kamper dan Karakateristiknya

Banyaknya jenis kayu yang bisa Anda gunakan, namun tidak semua jenis kayu dapat dijadikan material interior atau furniture, tapi berbeda dengan kayu satu ini, yaitu kayu Kamper. Kayu Kamper atau bahasa latinnya bernama Cinnamomum camphora. Merupakan kayu yang berasal dari Kalimantan, namun sudah banyak daerah lainnya yang membudidayakan jenis kayu kamper satu ini.

Tahu tidak mengapa kayu satu ini disebut kayu kamper? ya benar, kayu jenis ini memiliki aroma yang mirip dengan kamper maka dari itu kayu jenis satu ini sering dikenal dengan Kayu Kamper, tidak hanya itu saja melainkan kayu kamper bisa dimanfaatkan untuk pembuatan lemari, kursi, kusen, meja dan lainnnya lho.

Baca juga : 7 Desain terbaik Untuk Kamar mandi dan Rahasia Material Kayu untuk Kamar Mandi.

Penasaran? mengapa kayu kamper bisa digunakan untuk furniture? memang karakteristiknya seperti apa? yuk kita bahas selanjutnya mengenai karakteristik dari kayu kamper, berikut ini :

Karakteristik dari Kayu Kamper

Tentunya kayu kamper memiliki karakter yang berbeda dibanding dengan kayu lainnya, karena kayu kamper terkenal dengan tekstur kayunya yang halus, lalu pohon kayu kamper memiliki tinggi pohon sekitar 20-30 meter dengan diamater 0,6-1,2 meter.

Kayu kamper terkenal dengan wanginnya yang mirip kamper, serat kayu kamper pun memiliki pola lurus dan bergelombang, lalu untuk warna kayu kamper memiliki warna merah seperti kayu meranti namun hanya sedikit lebih muda warnanya.

Kayu kamper memiliki warna yang nampak mengkilau, dan yang paling penting kayu kamper dapat tahan terhadap Berbagai jenis hama. Maka dari itu kayu kamper mampu bertahan hingga puluhan tahun.

Sudah tahu kenapa kayu kamper anti terhadap rayap ? ya, tentunya aroma kayu kamper yang mirip dengan kamper membuat rayap tidak bisa mendekat bahkan merusak serat kayu kamper. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir mengenai pelapukkan pada kayu jenis ini

Keunggulan dan Kelemahan Kayu Kamper

Keunggulan Kayu Kamper

Tentunya Anda pasti bertanya-tanya, perihal mengapa masyarakat indonesia lebih menyukai kayu kamper satu ini? tentunya, kayu kamper memiliki keunggulan yang dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia, seperti Kayu Kamper memiliki kualitas yang hampir mirip dengan kayu jati, dan harganya yang lebih terjangkau, maka dari itu Kayu kamper dapat menjadi alternatif.

Baca juga : Mengenal Kayu jati, jenis kayu populer di Indonesia

Kayu kamper memiliki aroma yang khas, yang membuat kayu kamper tidka disukai rayap, dan kayu kamper memiliki tingkat ketahan yang tinggi, bahkan kayu kamper dapat tahan terhadap lembab,

lalu tekstur serat kayu kamper berbentuk lurus yang membuat furniture atau material interior nampak terlihat lebih cantik. dan, kayu kamper tersedia dalam jumlah banyak, tidak seperti kayu sonokeling yang mulai langka.

Kelemahan Kayu Kamper

Jika ada keunggulan pasti ada kelemahannya juga, begitulah dengan kayu kamper, karena kayu kamper tidak sepenuhnya sempurna tidak seperti kayu ulin, kayu kamper memiliki kelemahannya juga, seperti :

Kayu kamper memiliki kelemahan seperti jika terkena air terus menerus, warna dari kayu kamper akan berubah, lalu proses penghalusan kayu kamper membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jika tadi aroma kamper membuat kayu ini anti rayap, tapi ada sisi kelemhannya juga lho, yaitu jika aroma kayu kamper dapat menyebabkan alergi atau iritiasi pada beberapa orang, untuk itu cek dulu alergi pada Anda beserta keluarga sebelum menggunakan kayu ini.

Jika tadi sedikit membahas mengenai persamaan, dari kayu kamper dan kayu Meranti, ternyata kayu kamper dan meranti memiliki perbedaan yang signifikan juga lho, penasaran? begini informasinya :

Perbedaan Kayu Kamper dan Kayu Meranti

1. Serat Kayu berbeda

Perbedaan pertama antara kayu kamper dan kayu meranti yaitu terlihat dari seranya, karena kayu kamper memiliki serat yang halus dan berpola lurus serta bergelombang, tidak dengan kau meranti yang memiliki serat besar, namun kedua jenis kayu tersebut sering digunakan untuk pembuatan pintu dan jendela.

2. Berat Jenis Kayu Berbeda

Seperti yang kita kethaui, bahwa setiap jenis kayu memiliki kadar air yang berbeda beda, kayu kamper memiliki berat jenis sebesar 500-800 kg/m3. lalu berbeda dengan kayu mernati yang memiliki berat jens berkisar antara 0,3 hingga 0,86 dengan kandungan air sebesar 15%. Proses pengeringannya bisa secara alami atau menggunakan alat. Pengeringan dilakukan supaya ukuran dan bentuknya tetap stabil.

Jadi, sudah tahu mengani kayu kamper tersebut? Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas dan selamat menikmati hunian terbaik Anda.

Scroll to Top