kayu trembesi

Mengenal Kayu Trembesi, kayu Unik dengan Segudang keunggulan.

Furniture dan gaya interior hunian rumah jaman sekarang, kebanyakan menggunakan material kayu sebagai material iteriornya. Namun, harga kayu yang mulai melonjak membuat para penghuni rumah atau penyuka furniture kebingungan untuk mencari jenis kayu terbaik yang dapat di olah untuk furniture dan interior.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada salah satu jenis kayu yang memiliki warna dan karakteristik yang sempurna. Sudah tahu dengan kayu tersebut? kayu tersebut ialah Kayu Trembesi, kayu tersebut merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki warna dan karkateristik yang indah ialah kayu trembesi.

Walaupun, sebagian dari Anda belum mengetahui apa itu kayu trembesi, dan dari pada kita menerka-nerka, alangkah baiknya Anda menyimak beberapa informasi yang akan kami sampaikan mengenai kayu trembesi, berikut informasinya :

Apa itu Pohon atau Kayu Trembesi?

Mengenal Kayu Trembesi

Kayu trembesi atau kayu yang berasal dari pohon yang begenus Albezia, merupakan jenis kayu yang cukup mudah ditemui diindonesia, tepatnya Anda bisa menemukan kayu jeni trembesi di kawasan kalimantan, jawa, maluku atau nusa tenggara.

Pohon trembesi itu sendiri dapat tumbuh dalam waktu yang cepat, tidak seperti pohon jati. Dengan demikian, Anda tidak perlu mencari-cari atau berebut untuk mendapatkan kayu trembesi dalam papan atau balok karena kayu trembesi, sudah banyak diproduksi.

Apalagi, pohon trembesi memiliki ukuran yang cukup tinggi, yaitu dengan ketinggian 4 meter, hal tersebut sangat menguntungkan untuk para pengerajin kayu karena hal tersebut dapat mempermudah mereka untuk mengolah kerajinan kayu yang berukuran besar dan tenutnya memiliki ketinggian yang baik.

Baca juga : Desain Balkon Atas Rumah, Dengan Kayu Berkualitas Agar Lebih Cantik

Tidak hanya itu, kayu trembesi memiliki karakteristik yang bisa dibandingkan atau tidak kalah saing dengan jenis kayu terbaik lainnya, penasaran bukan? berikut informasi karkateristiknya

Karakteristik Kayu Trembesi

Pasti Anda bertanya-tanya bagaimana dengan karakteristiknya, tentunya kayu trembesi memiliki karakteristik yang bagus, hal itu terlihat dari tampilannya. Kayu trembesi memiliki bagian tengah yang berawaran gelap tua dengan sedikit garis putih, seperti kayu sonokeling.

Semetera itu, pinggiran kayunya berwarna putih gading, perbedaan warna yang cukup kontras membuat orang-orang mudah melihat batas dari tengah kayu dan pinggirnya.

Sementara untuk beratnya, kayu trembesi memiliki berat yang hampir sama dengan kayu akasia dan kayu jati, rata-rata berat mencapai 0,6 kg per meter, sehingga kayu trembesi masuk kedalam golongan kayu berat.

lalu bagaimana dengan keawetan dan kekuatannya ? untuk tingkat keawetannya, kayu trembesi termasuk keadalam awet kelas IV, dan dari tingkat kekuatannya termasuk kayu kelas II

Hal tersebut membuat kayu trembesi tingkat kepadatannya ada dikelas mengenah dan dibawah kayu jati, namun kayu trembes layak di gunakan untuk pengganti kayu jati.

Mengenal Plus dan minus Kayu Trembesi

Tentunya setiap jenis kayu memiliki plus minus atau kelemahan dan kelebihannya. untuk itu, Anda harus mengetahui plus minus dari kayu Trembesi sebelum menggunakannya. Berikut infomasinya :

Kelebihan Kayu Trembesi

Selain memiliki kelebihan dari pertumbuhan yang cepat, kayu Trembesi dapat tumbuh dengan diamater 1,5 meter, dari ukuran tersebut Anda dapat membuat furniture dengan ukuran yang besar, seperti Meja, atau furniture yang membutuhkan ukuran besar tanpa menyambung antara papan kayu dan papan lainnya.

Keunggulan selanjutnya ialah, ciri khas dari kayu trembesi dapat dilihat dari serat kayunya yang lebih menarik, hal ini ditemukan pada warna alami kayu yang baru ditebang, didalamnya terdapat warna cokelat muda dan tua yang cantik untuk dipadukan dalam furniture yang bernilai estetis.

Tentunya, Kayu trembesi meiliki harga yang cukup terjangkau dan dapat ditemukan dimanapun, hal ini menjadikan suatu keunggulan untuk Anda, karena Anda tidak perlu merogoh kocek dompet dan tidak perlu bersusah payah untuk mencari material kayu trembesi satu ini.

tentunya, tidak hanya keunggulan saja yang bisa Anda ketahu, melainkan Anda bisa mengetahui kekurangannya juga, agar Anda dapat menilai dan memilih jika Anda benar-benar menyukai Kayu trembesi dengan tahu kekurangannya, berikut informasinya :

Kekurangan Kayu Trembesi

Sudah seharusnya Anda mengetahui Kekurangan dari kayu satu ini, Hal pertama yang harus Anda ketahui ialah, kayu trembesi tidak tahan terhadap kelembappan, karena jika terkena lembab, kayu trembesi mudah lapuk, terleih jika permukaanya tidak dilapisi bahan penahan lembab.

Lalu, kayu trembesi memiliki kelemahan dari kayunya yang tidak memiliki lapisan anti rayap secara alamiah, hal ini membuat kayu trembesi mudah dimakan rayap. Berbeda dengan kayu jati yang sudah memiliki pelapis alami Anti rayap pada kayunya.

Terlebih, kayu trembesi harus dirawat secara maksimal agar, kayu tersebut menjadi lebih awet dan tahan lama jika digunakan, untuk itu jika Anda ingin menggunakan material kayu satu ini, Pastikan Anda siap untuk merawatnya secara maksimal.

Ngomong-ngomong dari tadi, kami sedikit menyinggung kayu jati dan kayu trembesi, memang apa saja perbandingan dari kedua jenis kayu tersebut? penasaran? berikut informasinya :

Perbandingan Kayu Jati dan Kayu Trembesi

1. Perbandingan Warna Kayu

Perbandingan yang cukup mudah ialah mengenai soal warna, walaupun jenis kayu trembesi memiliki warna kayu yang cukup sama dengan kayu jati tua, tapi jika Anda melihat secara detail kayu jati memiliki warna keemasan dibanding kayu trembesi, hal itu membaut kayu jati lebih unggul jika soal warna, namun hal itu kembali kepada selera Anda masing-masing

Baca juga : Kayu Terbaik untuk material interior beserta produknya

2. Perbandingan Karaktersitik

karakteristik dari kayu sangatlah penting bagi untuk pembuatan furniture dan material interior lainnya, nah jika dibandingkan mengenai karakteristik dari jati dan trembesi, jelas jati memiliki karakteristik yang tinggi, namun kayu trembesipun dapat bersaing dengan jenis kayu lainnya, karena memiliki karakteristik yang cukup unggul, walau tidak terlalu tinggi dari kayu jati.

3. Perbandingan Harga

Pastinya Anda mencari-cari jenis kayu yang memiliki harga yang terjangkaus serta warna yang cantik bukan? Hal ini sangat tepat untuk Anda jika memilih kayu trembesi, karena kayu trembesi memiliki warna cantik dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kayu jati. Maka dari itu, Anda dapat menjadikan kayu trembesi sebagai alternatif kayu jati.

Bagaimana? sudah tahu dengan kayu trembesi? Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga usai.

Scroll to Top