mengatasi lantai rusak

Bingung dengan Cara mengatasi Lantai kayu yang rusak? begini cara yang tepat!

Lantai kayu membawa kesan yang hangat dan natural sehingga membawa keindahan tersendiri bagi rumah Anda. Tetapi, apabila mengalami kerusakan tentunya akan menyebabkan ketidaknyamanan dan bisa jadi kualitas keindahan ruangan Anda menjadi menurun.

Maka dari itu, ketika mengalami lantai kayu yang rusak sebaiknya menyelesaikan masalah tersebut secepat mungkin.

Lalu, hal-hal apa saja yang bisa dilakukan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki lantai kayu Anda berdasarkan masalah yang dialami!

Cara-Cara Memperbaiki Lantai Kayu Rusak

1. Memasang ulang kayu dengan lem yang kuat

Cara pemasangan yang kurang tepat seperti penggunaan lem yang kurang merekat dengan kuat terkadang menyebabkan masalah pada lantai kayu. Misalnya; lantai berbunyi ketika diinjak atau panel-panelnya meregang. Lalu, langkah apa yang tepat untuk mengatasinya?

Pertama-tama, Anda bisa membongkar lantai-lantai kayu di tempat Anda dengan bantuan tukang. Carilah lem kayu yang sudah terjamin dapat merekatkan lantai kayu dengan kuat. Setelah itu pasangkan kembali lantai-lantai kayu Anda dengan teliti dan hati-hati serta pastikan kayu-kayu saling menempel dengan kuat.

2. Menambal lantai kayu

Salah satu masalah yang bisa terjadi pada lantai kayu adalah akibat adanya aktivitas jamur, bakteri, rayap, faktor cuaca, ataupun kombinasi dari faktor-faktor tersebut. Jika menemukan masalah ini, yang harus Anda lakukan adalah segera memperbaikinya. Lalu Bagaimana caranya?

Basmi hama-hama yang mengganggu terlebih dahulu menggunakan pestisida atau obat pembasmi hama kayu yang bagus dan efektif agar lantai kayu tidak rusak kembali. Kemudian lakukan penambalan bagian yang rusak dengan kayu baru, lem, atau wood filler. Anda bisa memilih solusi yang paling tepat di antara ketiganya.

3. Finish ulang lantai kayu yang jelek

Rusak secara estetika termasuk ke dalam salah satu masalah yang bisa terjadi pada lantai kayu. Hal ini biasanya terjadi akibat finishing yang sudah mulai rusak seperti finishing yang mulai memudar, adanya perubahan warna, finishing mulai terkelupas, dan jenis-jenis kesalahan lainnya yang membuat lantai kayu Anda terlihat jelek.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan finishing ulang secara hati-hati. Anda bisa memilih warna yang paling disukai untuk memperbaiki lantai kayu. Namun perlu diperhatikan bahwa finishing bukan hanya dilakukan untuk memperindah lantai kayu saja, melainkan menjadi pelindung dari lantai kayu.

Baca juga : Percantik lantai dengan produk lantai kayu terbaik

Hal ini sangatlah penting untuk melindungi kayu dari faktor-faktor kerusakan seperti kelembaban udara dari bawah, tumpahan-tumpahan yang bisa merusak kayu, atau tekanan dari perabot yang bisa menggores lantai kayu Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut pilihlah finishing yang memiliki sifat anti goresan dan tidak mudah rusak sekalipun terkena air atau solvent.

Percantik Lantai Kayu Sebagai Sentuhan Akhir!

Sudah selesai memperbaiki lantai kayu Anda? Mudah bukan? Semua masalah pada lantai kayu harus segera diperbaiki. Anda bisa mengatasinya dengan cara-cara di atas.

Sekarang setelah lantai kayu Anda normal kembali, waktunya mempercantik lantai kayu Anda! Berikut adalah tips-tips yang bisa dilakukan agar rumah Anda tampak lebih menawan.

Rawat lantai kayu secara rutin

Perawatan secara rutin adalah langkah awal dan paling dasar untuk merawat, mempercantik, sekaligus menjaga kondisi lantai kayu.

Perawatan rutin menentukan kualitas dan keawetan lantai kayu Anda sehingga aktivitasnya perlu diperhatikan. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk merawat lantai kayu Anda:

  1. Menyapu lantai kayu setiap hari agar tidak ada debu yang menempel
  2. Lakukan pembersihan mendetail pada lantai kayu setiap satu minggu sekali agar tidak ada noda yang tertinggal
  3. Hindari lantai kayu dari paparan air atau sovlet
  4. Pastikan tekanan perabot yang berat tidak merusak atau menggores lantai
  5. Finishing ulang lantai kayu secara rutin dalam jangka waktu tertentu
  6. Rawat secara berkala dengan wax agar serat kayu lebih halus dan warna lebih tahan lama
  7. Percantik dengan aksen

Menghias lantai kayu akan memperindah dan menambah keunikan dari ruangan di tempat Anda. Caranya mudah! Anda bisa menambahkan lukisan-lukisan cantik seperti gambar-gambar bunga untuk mempercantik ruangan.

Baca juga : Cara Merawat Lantai Kayu Pada Rumah

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan teknik decoupage, yaitu teknik menempelkan gambar pada lantai kayu dan melapisinya dengan bahan pelapis. Dengan dua teknik tersebut ruangan Anda dijamin akan lebih cantik dan unik.

Percantik dengan aksen

Menghias lantai kayu akan memperindah dan menambah keunikan dari ruangan di tempat Anda. Caranya mudah! Anda bisa menambahkan lukisan-lukisan cantik seperti gambar-gambar bunga untuk mempercantik ruangan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan teknik decoupage, yaitu teknik menempelkan gambar pada lantai kayu dan melapisinya dengan bahan pelapis. Dengan dua teknik tersebut ruangan Anda dijamin akan lebih cantik dan unik.

Manfaatkan tanaman hias

Suka tanaman hias? Anda bisa memanfaatkannya untuk menghias ruangan! Pilihlah tanaman hias indoor yang cocok dengan gaya ruangan dan lantai kayu Anda agar ruangan terkesan lebih hidup dan menarik.

Itu dia beberapa cara untuk memperbaiki lantai kayu dan tips-tips untuk mempercantik lantai agar ruangan Anda tampak lebih menarik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Jadi sudah paham dengan Pembahasan mengenai cara memperbaiki lantai kayu yang rusak? dan cara mempercantik lantai kayu agar kembali asri?

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan selamat menikmati hunian terbaik dengan lantai kayu berkualitas.

Scroll to Top