partisi kayu untuk ruang kerja minimalis

Akhir-akhir ini banyak hunian yang tampil dengan tema open scape atau ruang terbuka pada interornya, dengan tujuan untuk menghadirkan kesan luas didalam ruang sempit. Ya, desain ruang terbuka itu artinya tidak ada dinding sebagai pemisah antar ruangnya.

Untuk mengetahui perbedaan area yang satu dengan area lainnya, maka partisi kayu menjadi salah satu material yang paling tepat untuk digunakan. Selain berfungsi sebagai pemisah antar ruangan, desain partisi kayu juga tentunya menjadi unsur dekoratif yang akan membuat rumah tampak lebih elegan, mewah, dan natural.

Lantas, bagaimana cara membuatnya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai desain partisi kayu pada ruang kerja, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Ide Dekorasi Partisi Kayu Untuk Ruang Kerja Minimalis

1. Partisi Kayu yang Dihiasi Aneka Bingkai Foto

Partisi Kayu Yang Dihiasi Aneka Bingkai Foto

Apakah kamu hobi memajang gambar lukisan atau bingkai foto di rumah? Jika iya, maka ide partisi kayu yang satu ini bisa dicoba. Partisi kayu berperan sebagai pemisah ruang tamu dengan ruang kerja ini sangat cocok, karena kamu dapat memajang berbagai bingkai foto maupun lukisan pada permukaannya.

Disarankan untuk menggunakan partisi kayu yang berwarna cokelat tua, agar nuansa di dalam ruangan tampak lebih hidup. Disamping itu, kamu juga harus menggunakan bingkai foto yang warnanya lebih cerah namun tetap netral, seperti warna krem dan putih.

Dengan menempelkan lukisan atau bingkai foto pada partisi kayu tersebut, maka jangan heran jika tamu-tamu yang berdatangan ke rumahmu akan terpesona lho.

Baca juga : Parket Kayu Dinding Ide Untuk Rumah

2. Partisi Kayu Menggunakan Rak Terbuka

Partisi Kayu Menggunakan Rak Terbuka

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa keterbatasan ruang harus memaksa kita untuk mengorbankan beberapa furniture yang dirasa tidak terlalu penting. Salah satunya seperti rak display yang berfungsi untuk memajang aneka koleksi pribadi.

Alhasil, mau tidak mau rak display tersebut harus dihilangkan agar tidak terkesan sumpek atau sempit. Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi karena hal itu bisa disiasati dengan menggunakan model partisi kayu yang merangkap sebagai rak pajangan terbuka.

Dalam hal ini, rak terbuka akan tersusun menyatu di antara papan-papan kayu memanjang yang membentuk partisi kayu secara keseluruhan. Pasalnya, ide partisi kayu yang satu ini memang dirancang khusus untuk kamu yang hobi mengoleksi berbagai barang-barang unik.

Dengan begitu, maka rumahmu akan lebih efisien karena tidak banyak memakan ruang.

3. Partisi Kayu Dengan Rangkaian Rapat

Partisi Kayu Dengan Rangkaian Rapat

Disamping fungsinya sebagai pemisah antar ruang, partisi kayu juga bisa kamu fungsikan untuk menjaga privasi lho. Maka dari itu, desain partisi ruang kerjanya harus dibuat lebih rapat agar tidak tembus pandang.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menambahkan balok-balok kayu yang padat di setiap celah partisi kayu tersebut. Selain tidak tembus pandang, bahkan penambahan balok-balok ini akan membuat partisi kayu cenderung lebih elegan lho.

Artikel populer lainnya : Dekorasi Rumah Minimalis yang Kece

4. Partisi Kayu yang Menyatu Dengan Kabinet

Partisi Kayu Yang Menyatu Dengan Kabinet

Desain partisi kayu yang menyatu dengan lemari kabinet ini memiliki sifat fungsional pada bagian bawahnya. Tak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang secara praktis, kamu juga dapat meletakkan berbagai dekorasi seperti vas bunga pada atas permukaan kabinet tersebut.

Meskipun tidak terlalu besar, namun keberadaan partisi kayu ini bisa secara efektif membedakan dua area, yakni area makan dan jalan masuk ke ruang kerja.

5. Partisi Kayu Dengan Ukiran Warna Putih

Partisi Kayu Dengan Ukiran Warna Putih

Pada dasarnya, partisi itu tidak melulu bisa menutupi sebagian besar ruangan. Bahkan, ruang berukuran kecil pun sudah cukup untuk menandakan dua area yang berbeda. Menariknya lagi, partisi kayu dengan ukiran warna putih ini bisa menghadirkan nuansa yang lebih mewah.

Bukan hanya itu, kombinasi warna yang serasi antara partisi kayu dengan lantai, tirai, dan rak tv juga bisa membuat hunianmu berestetika tinggi.

6. Partisi Kayu yang Bersifat Serbaguna

Partisi Kayu Yang Bersifat Serbaguna

Sesuai dengan namanya, dimana desain partisi kayu yang satu ini memiliki sifat multifungsi alias serbaguna. Ya, selain berperan sebagai pembatas antar ruang makan dan ruang kerja, ia juga bisa berfungsi sebagai rak display dan pintu terbuka.

Ukuran serta bentuk rak pada partisi kayu tersebut sangat beragam, sehingga kamu dapat meletakkan aneka macam pajangan di setiap sekat maupun raknya.

Akan tetapi, jika kamu tidak terlalu suka memajang barang-barang, sebaiknya kosongkan saja rak-rak pada partisi kayu tersebut. Meski tidak ada pajangan, namun kehadiran partisi kayu multifungsi ini masih tetap terlihat menarik kok.  

Baca juga : Dekorasi Apartemen Studio yang Kekinian

7. Desain Partisi Kayu Kotak-kotak

Desain Partisi Kayu Kotak-Kotak

Desain partisi kayu yang berikutnya ini terdiri dari model kayu kotak-kotak, kemudian disusun secara tidak beraturan. Meski tidak beraturan, namun desain partisi kayu kotak-kotak tersebut masih tetap sedap dipandang.

Terlebih jika menggunakan warna kayu yang cerah, sehingga bisa menciptakan ilusi ruang menjadi lebih luas. Desain partisi kotak-kotak ini ada di tengah-tengah ruangan, agar ia berperan menjadi focal point. Tak hanya di ruang tamu dan ruang makan, kamu juga dapat menggunakannya sebagai pemisah area tidur dengan ruang kerja di kamar.

Tips Merawat Partisi Kayu Agar Tidak Mudah Berjamur

Sekuat dan sebagus apapun material kayu, tetap saja ia tidak bisa terlepas dari berbagai permasalahan. Ya, salah satunya berupa masalah jamur, yang mana keberadaannya tentu dapat merusak tampilan partisi kayu.

Maka dari itu, sudah seharusnya bagi kamu untuk mengetahui cara merawat partisi kayu agar tidak mudah berjamur. Adapun mengenai cara perawatannya seperti dibawah ini :

  • Melapisi Partisi Kayu Dengan Melamin

Melamin adalah jenis finishing yang kerap digunakan untuk melapisi, mengeraskan, serta mengilapkan material kayu. Cara pengerjaannya pun cukup mudah, yang mana kamu bisa melakukannya menggunakan semprotan atau kuas.

Tak hanya bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan jamur, melamin ini juga tentunya dapat memperindah tampilan partisi kayu.

  • Menjaga Sirkulasi Udara Dalam Ruangan

Sirkulasi dalam ruangan merupakan poin penting, agar partisi kayu tidak mudah berjamur. Hal itu bukan tanpa alasan, karena udara dan sinar matahari berfungsi untuk mengurangi tingkat kelembapan di dalam ruangan.

Maka dari itu, kamu harus membuka jendela yang ada di dalam ruangan agar sirkulasi udara tetap terjaga serta sinar mataharinya bisa masuk. Usahakan untuk membuka setiap jendela di rumah pada pagi hari dan sore hari.

  • Menghilangkan Jamur Menggunakan Jeruk Nipis

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jamur pada partisi kayu, yakni dengan menggunakan jeruk nipis. Mengenai caranya, campurkan perasan jeruk nipis dengan sedikit garam, aduk rata, lalu oleskan pada area partisi kayu yang terdapat jamurnya menggunakan alat sikat. Setelah itu keringkan memakai lap yang kering dan bersih.

Demikianlah ulasan singkat mengenai ide desain partisi kayu beserta cara merawatnya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Scroll to Top