Pemasangan decking

Pemasangan Decking Kayu Membutuhkan beberapa tahan dan cara, Apalagi decking kayu terbilang jenis material yang memiliki tata letak yang pas dengan diamater pijakan dan dudukan harus seimbang. Maka dari itu, untuk anda yang ingin memasangkan decking kayu, alangkah baiknya menggunakan para ahli yang sudah berpengalaman.

Namun jika Anda ingin mengenal dan mencoba memasangkannya secara pribadi. Berikut, akan kami berikan beberapa informasi mengenai langkah-langkah pemasnagna lantai kayu decking, Simak dan pahami agar tidak salah mamasangkan.

Langkah – Langkah memasangkan Lantai Kayu Outdoor ( Decking )

1. Persiapkan area – area yang akan dipasang Decking

Langkah awal yang harus dipesiapkan ialah, tempat dan ketangka serta pondasi area mana yang akan dipasangkan, dan disaranakan juga untuk meamstiakan ukuran luas area yang sesuai dengan apa yang sudah dirancang dan ditentukan, agar tidak kelebihan atau kekurangan material decking kayu pada saat pemesanan.

Persiapan area harus benar- benar matang, area yang mau di pasang deking harus mempunyai kemiringan minimal 15 derajat, agar aliran air bisa lancar .Walaupun lantai kayu deking kayu tahan terhadap air, tapi apabila terendam air dalam jangka waktu yang lama akan tumbuh lumut, yang akan mengakibatkan permukaan decing jadi licin, dan juga tidak enak dipandang mata.

2. Persiapkan material kayu sesuai selera dan keingin Anda

Langkah selanjutnya ialah, Anda perlu memilih dan mencari jenis kayu atau decking mana yang akan gunakan, hal ini dapat memberikan dampak untuk jangan kedepan, karena semua jenis kayu tidak memiliki karakter yang sama, hal itu dimaksud untuk lebih teliti dalam pemilihan jenis kayu yang akan digunakan.

Sebagai contoh jenis kayu ialah, kayu ulin. Kayu ulin merupakan jenis kayu decking terbaik dengan warna dan kekuatan yang sangat tinggi, namun tentunya setiap jenis kayu yang memiiki karkaterisik yang unggul memiliki harga yang cukup tinggi, tapi jika Anda memiliki budget yang minim coba gunakan decking merbau atau bengkirai.

3. Mempersiapkan ukuran material Decking

Pengukuran bahan untuk bantalan disesuaikan dengan area yang akan dipasang, untuk bantalan di buat dengan lebar 50cm x 50cm. Pemasangan bantalan ke lantai menggunakan fisher dengan ukuran s5 atau s8.

4. Mempersiapkan bantalan balok kayu untuk pemasangan

Tahap selanjutnya setelah mengetahui ukuran yang akan dipasangkan ialah, membuat penompang awal seperti dipasangkannya rangka kayu, penerapan ini dilakukan secara presisi agar pondasi decking kayu semakin kuat dan kokoh pada jangka waktu lebih lama.

5. Proses Pemasangan Decking di bantalan balok

Selanjutnya pemasangan bahan lantai kayu deking di atas bantalan ,sebaiknya di bagian ujung di kasih benang atau pembatas,bisa dari kayu atau besi hollow agar pemasangan pada bagian ujung tampak rata.penempatannya jangan dirapatkan,harus di kasih jarak 3-5mm sebagai area gerak kayu dari pemuaian.

6. Proses Finishing sesudah dilakukan Pemasangan

Untuk langkah terakhir anda bisa memberikan coating atau polos tanpa coatingc Kelebihan deking yang di coating warnanya relatif tidak berubah ,namun harus di lakukan secara berkala,antara 6-12 bulan sekali di lakukan coating ulang. Bahan coating yang di gunakan harus bahan yang khusus untuk exterior.

Decking tanpa coating relatif tidak ada maintenance khusus,namun dalam jangka waktu 6 bulan ke atas,warna kayu akan berubah jadi hitam.

Mungkin, secara tulisan saja akan sangat sulit untuk dilakukan, maka dari itu kami menyarankan untuk melakukan pemasangan dengan para ahli pemasangan. Karena akan sangat fatal jika ada salah satu step yang tidak terlaksana dengan baik.

Baca juga : Harga Pemasangan Decking Kayu

Tapi, sebelumnya sudah tahu belum mengapa decking kayu sangat direkomendasikan sebagai penutup pijakan area luar? Berkut akan kami ulas beberapa kelebihan dan kekurangan dari pemsangan decking kayu untuk area outdoor.

Mengenal Plus dan Minus menggunakan Decking Kayu

Keunggulan Menggunakan Decking Kayu

Berikut beberapa keunggulan yang harus Anda ketahui, agar Anda semakin yakin menggunakan produk dan material kayu sebagai bahan utama lantai Outdoor.

Lantai Outdoor lebih Asri dan Menarik

Salah satu keunggulan ketika Anda menggunakan Lantai Decking ialah mengenai keindahan atau nilai estetik luar ruangan lebih indah lagi. Apalagi, seperti yang kita ketahui bahwa motif kayu yang terkenal dengan kesan natural membuat Hunian Anda semakin cantik jika terlihat dari luar ruangan.

Lebih Sehat dan Sejuk diarea Luar ruangan

Keunggulan ini sangatlah sudah pasti, apalagi kayu merupakan material yang tercipta oleh alam, hal ini membuat kayu lebih terasa sejuk apalagi ditambah dengan banyaknya tanaman diaera luar ruangan, mungkin Anda akan sangat betah tinggal dan berdiam diri diluar ruangan sambil meminum secangkir teh dan membaca buku.

Decking Kayu Terkenal Awet dan daya tahan tinggi

Tingkat keras dan awet sangat diperlukan dan diharuskan dalam material lantai outdoor, karena lantai outdoor akan terkena beberbagai cuaca ekstream. Apalagi beberapa jenis kayu outdoor seperti ulin dan merbau memiliki masa keawetannya yang sangat lama, hingga puluhan bahkan ratusan tahu.

Baca juga : Berikut beberapa produk decking untuk Kolam Renang

Perawatan Decking cukup Mudah

Satu keunggulan lagi ketika Anda menggunakan decking kayu ialah, perawatan yang cukup mudah untuk merawatnya, Anda hanya perlu membersihakn area lantai outdoor dari beberapa hal seperti kotoran, air yang mengendap atau dedaunan yang membekas di area outdoor. Hal ini agar lantai outdoor hunian Anda terlihat bersih dan rapih.

Dapat dijadikan Investasi jangka Panjang

Salah satu keunggulan yang dapat menguntungkan ialah, Anda dapat menjadikan hunian yang mengugnakan decking kayu sebagai invetasi jangka panjang, karena kita tahu sendiri harga decking terbilang mahal dan semakin tua usia kayu semakin kualitas membaik.

Maka dari itu, jika suatu saat Anda menjual hunian dengan material decking kayu atau material interior kayu lainnya, rumah Anda akan lebih bernilai tinggi. Untuk itu, yuk segera gunakan material interior kayu.

Bagaimana sudah siap menggunakan matarial decking kayu untuk area luar ruangan? Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, terimakasih telah mebaca artikel ini hingga selesai. Tentunya, hunian terbaik akan menjadi lebih berkualitas dengan material interior asli.

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top