Cara Memilih Material Lantai

Keberadaan lantai memang tidak bisa dipisahkan dalam sebuah hunian. Selain karena fungsinya sebagai tempat pijakan, penggunaan lantai juga pastinya dapat memperindah tampilan hunian tersebut. Pada dasarnya, lantai menjadi elemen terakhir yang akan dikerjakan dalam membangun hunian.

Setelah semua elemen dikerjakan, barulah proses pemasangan lantai akan dilakukan. Ya, hal itu bertujuan agar lantainya tidak terinjak-injak oleh para pekerja, serta terhindar dari goresan maupun benturan dari material lainnya.

Kendati demikian, terdapat beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih jenis lantai. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips mengenai cara memilih lantai yang tepat untuk hunian.

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

4 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Material Lantai

1. Perhatikan Warna Lantai

Cara Memilih Material Lantai - perhatikan warnanya

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam memilih material lantai, yakni bagian warnanya. Mengapa demikian? Pasalnya, warna lantai tersebut harus disesuaikan dengan warna interior di rumah. Hal ini juga tidak terlepas dari banyaknya varian warna lantai yang tersedia dipasaran, sehingga kamu tidak boleh asal-asalan dalam memilihnya.

Warna interior yang dimaksud meliputi warna dinding dan warna furniture. Apabila warna lantai tidak serasi dengan warna interior, tentu saja akan terlihat kontras sehingga tidak sedap dipandang.

2. Perhatikan Motif Lantai

Cara Memilih Material Lantai - perhatikan motifnya

Sama halnya dengan warna, yang mana motif lantai juga harus disesuaikan dengan konsep rumahmu. Apabila kamu mengusung konsep rumah minimalis, disarankan untuk memilih lantai yang motifnya tidak begitu kompleks (tidak teralu ramai).

Dengan kata lain, rumah minimalis itu lebih cocok menggunakan lantai yang bermotif simple namun terkesan modern. Namun, apabila kamu ingin menghadirkan nuansa yang lebih ramai, maka pilihlah lantai dengan motif semarak.

Akan tetapi, hal itu harus kembali lagi pada penyesuaiannya dengan desain interior rumah.

3. Sesuaikan Dengan Budget

Cara Memilih Material Lantai - sesuaikan budget

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap pembelian produk apapun itu harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Begitu juga pada produk lantai, dimana kamu harus memilih lantai yang harganya sesuai dengan isi dompetmu.

4. Perhatikan Material lantai

Cara Memilih Material Lantai - perhatikan materialnya

Apabila kamu sudah menentukan budgetnya, maka hal penting berikutnya yang harus dilakukan adalah memperhatikan material lantai. Adapun mengenai berbagai jenis material lantai yang umum digunakan untuk sebuah hunian seperti berikut :

Material Lantai Terbaik Untuk Rumah

1. Lantai Kayu Solid

Cara Memilih Material Lantai - pilih lantai kayu

Lantai kayu atau yang sering disebut parket dapat menghadirkan nuansa mewah, elegan, dan natural pada sebuah hunian. Ada banyak sekali jenis lantai kayu solid yang tersedia dipasaran. Namun, lantai kayu jati dan lantai kayu merbau inilah yang paling laris ketimbang produk parket lainnya.

  • Lantai Kayu Solid Jati

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kualitas kayu jati ini merupakan yang terbaik diantara jenis kayu lainnya. Kualitas kayu jati meliputi berbagai aspek, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna.

Akan tetapi, produk lantai kayu jati terbagi lagi kedalam kelas yang berbeda yaitu grade A, grade B, dan grade C. Secara otomatis, masing-masing kualitas dan harga yang ditawarkan pada setiap kelas parket jati tersebut akan berbeda pula. 

Artikel terkait : Tipe dan Harga Lantai Kayu Jati Dari Berbagai Ukuran

  • Lantai Kayu Solid Merbau

Dari segi harga, lantai kayu solid merbau ini memang lebih murah dari parket jati. Namun, bukan berarti kualitas yang dimilikinya murahan lho! Untuk kualitasnya, kayu merbau memiliki tingkat kekerasan dan keawetan kayu merbau ini termasuk kedalam kelas I dan II.

Selain itu, ia juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca. Lantai kayu merbau tampil dengan warna merah kecoklatan yang berpola serat lurus. Hasilnya, penggunaan lantai kayu solid merbau ini akan menonjolkan kesan yang lebih natural, elegan, hangat, dan nyaman pada sebuah hunian.

Baca selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu Merbau

2. Lantai kayu Sintetis

cara memilih material lantai - pilih lantai kayu sintetis

Apabila harga lantai kayu solid terlalu mahal, maka produk lantai kayu sintetis ini adalah alternatif terbaiknya.

Adapun mengenai jenis-jenis lantai kayu sintetis terbaik yang tersedia di galery kami seperti dibawah ini :

  • Lantai Vinyl

Vinyl merupakan material lantai sintetis yang berbahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis dan mudah dipasang. Ada beragam varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, mulai dari motif bebatuan, keramik, granit, hingga motif kayu.

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Nah, karena hal itulah yang membuat lantai vinyl banyak dipilih sebagai alternatif pengganti parket solid.

Produk Terkait : Harga Lantai Vinyl dan Spesifikasinya

  • Lantai SPC

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia adalah produk lantai yang menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Sehingga tak heran, jika kualitas lantai SPC jauh lebih bagus ketimbang lantai vinyl. Hal itu pun terbukti, dimana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai SPC mempunyai sifat 100% anti air.

  • Lantai Laminate

Parket laminate terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin. Biasanya ia memilki ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  

3. Lantai Marmer

Cara Memilih Material Lantai - pilih lantai marmer

Lantai marmer pada umumnya tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan. Dari segi harga, lantai marmer memang lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya. Pasalnya, mengingat ketersediaan bahan bakunya yang terbatas.

Selain menghadirkan nuansa mewah dan elegan, lantai marmer juga sudah terbukti kuat dan tahan lama. Namun, ada satu kelemahan pada lantai marmer yang harus kamu ketahui, yakni memiliki pori-pori relatif besar.

4. Lantai Granit

Cara Memilih Material Lantai - pilih lantai granit

Seperti halnya lantai marmer, yang mana granit juga termasuk kedalam golongan material lantai mewah. Hal itu terbukti pada tampilan lantai marmer yang menciptakan kilauan bening seperti Kristal.

Itu sebabnya, mengapa lantai granit sering diaplikasikan pada bangunan-bangunan mewah, seperti hotel bintang 5, restoran & café, dan lain sebagainya. Namun, pori-pori pada lantai granit lebih rapat sehingga membuatnya tidak mudah menyerap cairan maupun kotoran.

Penggunaan lantai granit tentunya dapat menghadirkan nuansa mewah dan elegan pada sebuah hunian. Bukan hanya itu, lantai granit juga sangat kokoh dan tahan lama.

5. Lantai Keramik

Cara Memilih Material Lantai - pilih lantai keramik

Lantai keramik memiliki fleksibilitas pemakaian yang tinggi, serta bisa diaplikasikan pada hampir seluruh bagian rumah.

Selain kuat dan kokoh, bahkan lantai keramik juga tidak membutuhkan proses pemolesan dan mudah dirawat. Bahkan harga lantai keramik pun relatif murah ketimbang jenis-jenis material lantai lainnya.

Belum lagi dengan berbagai macam warna, motif, dan ukuran yang tersedia, sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan konsep rumah.

Nah, itulah beberapa tips mengenai memilih material lantai yang tepat.

Scroll to Top