5 Jenis Atap Kanopi, Tahan Panas, Tahan Air Dan Tampilan yang Menarik

Jenis Atap Kanopi

Jenis Atap Kanopi – Kebanyakan dari kita jika mendengar kata Kanopi atau atap kanopi, pastinya akan tertuju pada bagian pelindung depan sebuah hunian atau bangunan, selain memiliki bentuk dan jenis yang beragam, pengunaan kanopipun memiliki beragam manfaatnya.

Bahkannya lagi, jenis atap anopi dapat mempengaruhi tampilan sebuah rumah, hal ini dikarenakan kanopi merupakan salah satu sturktur bagnunan rumah yang memiliki fungsi sebagai atap tambahan.

Banyaknya jenis atap kanopi pastinya, memiliki pengaruh penting bagi tampilan hunian, tak hanya kanopi tranfasaran saja, melainkan masih banyak jenis atap kanopi yang patut kita coba.

Seperti, pembahasan kali ini yang akan membahas, beberapa informasi terkait atap kanopi, dari mulai manfaat, Bentuk, ukuran hingga jenis atap kanopi mana yang paling baik untuk digunakan, untuk itu yuk simak ulasan lengkapnya berikut :

Fungsi Atap Kanopi

Tak hanya sekedar memperindah hunian saja karena bentuk dan motifnya, melainkan atap kanopipun memiliki enam fungsi yang harus kamu ketahui, ada apa saja? berikut fungsinya :

  1. Pelindung bagian Bawah dari cuaca Esktream, Fungsi kanopi mampu melindungi bagian luar hunian terhadap cuaca, baik itu panas, angin hingga hujan. Penggunaan kanopi sangatlah ideal untuk menghindari dari cipratan air hujan.
  2. Fungsi Dekoratif yang Menarik, Penggunaan Kanopi tentunya memberikan fungsi dekoratif yang mampu menciptakan kesan artistik dan estetik pada hunian, apalagi banyak jenis kanopi yang memiliki tampilan yang menarik dari warna dan bentuknya.
  3. Mampu Menjembatani suatu bangunan, tak hanya sebagai tampilan dan pelindung bagi hunian saja, penggunaan atap kanopipun bisa menjembatani atau memisahkan peran satu bangunan terhadap bangunan lain, tapi pastikan material yang kamu pilih kuat dan aman.
  4. Membuat Luar ruangan lebih Adem, penggunaan kanopi pada luar hunian memiliki fungsi lain sebagai penangkal bias cahaya yang masuk kedalam rumah, dengan demikian pantulan matahari akan lebih redup dan nyaman jika masuk kedalam halaman rumah
  5. Menghemat Energi Listrik, fungsi atap kanopi selanjutnya yakni untuk mencegah teriknya sengatan matahari, dengan adanya kanopi membuat ruangan dalam rumah akan lebih terang dan sejuk sehingga kamu tidak perlu lagi boros untuk menyalak kipas atau Ac sebagai penyejuk ruangan.

Baca Juga : Mengenal Atap Asbes untuk Hunian! Apakah Kuat? yuk Ketahui keunggulannya Disini

Tentunya untuk meningkatkan fungsi atap kanopi diatas, pastikan kamu menggunakan jenis atap kanopi yang sesuai, kira-kira jenis atap kanopi mana yang bagus untuk hunian? Berikut beberapa jenis atap kanopi dan karakteristiknya :

Daftar Jenis Atap Kanopi

Perkembangan dalam dunia desain dan arsitektur yang terus mengembang membuat para produsen menciptakan jenis-jenis atap kanopi yang unggul yang bisa digunakan sebagai atap Carport, hunian modern, dan kebutuhan Lainnya, berikut jenis kanopi yang bisa dijadikan pertimbangan :

1. Kanopi Polycarbonate

Jenis atap kanopi pertama yang bisa kamu gunakan yakni, Atap Polyvarbonate atau material kanopi yang terbuat dari Plastik Berongga, kanopi satu ini mampu terendam panas matahari hampir 90%.

Memiliki keunggulan tersebut, membuat kanopi Polyvarbonate sering diaplikasikan ditempat jemur, carport, gudang dan ruang lain yang membutuhkan sinar mataharti agar tetap terang.

Memiliki berbagai pilihan warna, dari transparan hingga warna lainnya tetnunya bisa kamu pilih dengan menyesuaikan warna kanopi dengan warna bangunan.

Atap kanopi polycarbonatepun tersedia dalam bentuk lembaran ( 18,8 m x 2,1 m) adapun dengan bentuk meteran, ketebalannyapun bervariasi dari 5-5mm hinga 10 mm

2. Atap Kanopi Spandek/zincalume

Jenis atap kanopi selanjutnya yakni Atap Spandek atau atap yang terbuat dari campuran alumunium dan seneng, material atap kanopi ini tentu saja lebih kuat dan awet dibanding atap sebelumnya yakni Polycarbonate, karena bisa bertahan hingga 30 Tahun.

Jenis atap Kanopi Spandek ini memiliki lebar bentang dan ketebalan yang bervariasi, ketebalannya mulai dari 0,3mm, 0,35 mm, 04 mm, 0,45mm, dibadning polycarbonate memang spandek memiliki bentuk yang lebih tipis.

Baca Selengkapnya : Mengenal Atap Spandek yang Mendunia, Kenali Juga 5 Jenis Terbaiknya

Hanya saja jenis kanopi spandek sangatlah kuat dan tahan lama, tentunuya dengan kualitas tinggi membuat atap satu ini memiliki harga yang cukup tinggi. Kamu bisa menggunakan atap kanopi ini untuk beberapa bangunan besar, seperti pabrik, gudang, tempat parkir.

Hanya saja, penggunaan atap spandek memang lebih panas hanya saja sudah ada tipe spandek dengan lapisan peredam berupa aluminum foil sehingga lebih sejuk.

3. Atap Kanopi Tempered

Jenis atap kanopi berikutnya yakni berbeda dari kedua jenis sebelumnya yang dimana atap kanopi ini terbuat dari kaca float tempered yang bersifat menghangatkan ruangan, sifat kaca tenunya membuat pandangan akan bebas kearah langit, yang pastinya mampu menciptakan kesan stylish pada desain rumah.

Penggunaan jenis atap kanopi satu ini sangat cocok digunakan pada bangunan yang terbuka, dan memiliki ketahanan yang membuat kaca ini tak mudah pecah. Sehingga kamu tak perlu khawatir dengan ketahanannya terhadap sinar matahari.

4. Atap Kanopi Onduline

Jenis atap kanopi selanjutnya yakni atap onduline atau kanopi yang terbaut dari lapisan serat organik yang dicampur dengan bitumen melalui penekanan dan pemenasanan yang itinggi.

Tentunya penggunaan Atap Oudiline sangat ramah lingkungan, bahkan penggunaan Oundline sangat cocok pada semua jenis bangunan, seperti perumahan, industri dan bangunan lainnya.

Bahkan kelebihan lainnya, Jenis atap kanopi satu ini mampu bertahan dari terpaan angin hingga 192km/jam, serta mampu menahan getaran hingga 6,5 Sr, Terlebih lagi harga dari Kanopi Oundline cukup terjangkau dan mudah dan perawatan.

5. Atap Kanopi Alderon

Jenis Atap Kanopi yang terakhir yang bisa kami rekomendasikan yakni atap Aderon yang terbuat dari bahan UPVC atau Uplasticized Polyvinyl Chloride ) dengan bentuknya yang bergelombang.

Tentunya sangat cocok jika diaplikasikan pada kanopi baja ringan, ada dua jenis atap alderon yang bisa kamu pakai, ada atap Alderon Twin Wall Corrugated (Double Layer) dan Atap Alderon Rs single wall corrugated (Single layer).

Bahkan, double layer memiliki kelebihan khusus dari pada single layer, selain bisa meredam panas, meredam suara, double layerpun mampu menompang beban hingga 540 kg, adanya sturktur berongga membuat jenis kanopi ini lebih kokoh dan nyaman untuk digunakan.

Jadi, kira-kira mana Jenis Atap Kanopi yang akan kamu pilih?

Scroll to Top