Kayu oak

Indonesia terdapat berbagai jenis kayu yang sangat cantik dan juga bermanfaat bagi beberapa kebutuhan, seperti material furniture maupun interior hunian.

Salah satu jenis kayu yang menjadi Andalan bagi para pencinta furniture yaitu Kayu Jati. Mungkin diantara kalian jenis kayu ini sudah tidak asing lagi, bahkan bisa dikatakan bosan, karena banyak yang merekomendasikannya.

Namun Pernahkah Anda mendengar jenis kayu OAK? yaps, jenis kayu oak merupakan material furniture yang kali ini sudah banyak diincar karena memiliki warna yang unik dan lucu.

Kayu oak itu sendiri memiliki beragam kekayaan dari mulai warna serta serat dan fungsinya, untuk itu bagi Anda yang penasaran dengan jenis kayu furniture satu ini, yuk kita simak beberapa informasinya :

Mengenal Kayu Oak di Indonesia

Kayu Oak terbagi menjadi 2 jenis ialah red oak dan white oak, dimana jenis kayu oak tersebut memiliki karakteristik masing-masing dan berbeda, serta memiliki tingkat keras dan awetnya yang berbeda. Sedangkan di indonesia Anda hanya dapat menemukan jenis kayu oak white saja.

Kayu oak indonesia, atau white oak memiliki julukan Querbus alba, jenis kayu inipun banyak ditemukan dikawasasn Amerika Timur, yang memliki tinggi mencapai 20 hingga 25 meter.

Serta kayu oak memiliki diamter kayu di ukuran 1,2 meter. White oak, memiliki warna cokelat muda, namun Anda dapat menemukan warna kehijauan di beberapa bagiannya.

Perubahan Warna Kayu Oak

Warna asli oak, memanglah putih namun hal tersebut dapat berubah ketika terlalu sering bersentuhan dengan besi, apalagi besi yang berkarat, karena warna kayu oak yang halus menjadikan jenis kayu ini mudah untuk berubah dengan adanya sentuhan material lainnya.

Tidak hanya itu saja, melainkan kayu oak memiliki beberapa karakteristik yang sangat unggul untuk beberapa kebutuhan material, untuk itu yuk kita simak karakteristik dari kayu oak, berikut informasinya :

Begini Karakteristik kayu Oak

Kayu oak jenis material kuat dan awet

Pohon oak, merupakan jenis pohon yang terkenal dengan kayunya yang keras dan cukup kuat, bahkan jika diperhatikan pada beberapa bagian kaunya, terdapat tekstur serta pori-porinya yang cukup besar.

Hal ini membuat kayu oak menjadi tampil lebih menarik, jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnnya. Maka dari itu banyaknya penggunaan material kayu oak pada era kali ini.

Baca juga : Ternyata ini jenis kayu kuat dan paling awet

Kayu keras dengan batang yang kuat

Tidak hanya itu saja, daun dari pohon oak dihasilkan cuku berlimbang, apalagi batang dan cabangnya yang kuat, hal ini dianggap mampu menampung ukuran batang yang besar, bahkan banyak data menyebutkan pohon oak ini, masuk kedalam urutan kedua dalam segi kekuatannya..

Hal tersebut di kiakui oleh dunia, bahkan membuat kayu satu ini banyak diburu untuk dijadikan bahan baku pembuatan furniture. Kayu oak sering kali digunakan sebagai material tempat tidur, lemari, dan berbagai furniture bernilai tinggi lainnya.

Kayu oak lebih fleksibel

Kontruksi dari kayu satu ini, terasa lebih fleksibel dan membuat kayu ini semakin ideal untuk dijadikan aneka furniture bgaya modern, maupun klasik sekalipun. Keunika dari kayu oak mungkin tidak akan ditemukan diberbagai jenis kayu lainya.

Adakah pohon oak di indonesia? Tentunya Anda dapat menemukan kayu oak dibeberapa daerah di indonesia, apa saja? yuk ketahui informasi selanjutnya :

Jenis Kayu Oak di Indonesia

Biasanya kayu oak yang ada diindonesia ialah white oak atau oak putih, Oak satu in berwarna coklat dengan gurutan kayu yang lurus dan bisa juga ditemukan dengan warna yang putih bersih dengan kepadatan yang sangat sempurna.

Kayu oak indonesia juga biasanya ditemuakn bercak dan berombak bekasr di beberapa inti batang pohon oak.

Namun, jenis kayu oak yang istimewa ini, memiliki harga yang lebih tinggi dari jenis kayu biasanya. Hal tersebut dikarenakan ketahanan kayu oak yang bagus, ditambah tektur kayu yang unik, dan penggunaan kayu yang mudah dibanding kayu keras lainnya.

Dengan nilai jual yang tinggi, pastinya memiliki keunggulan dan kelemahannya juga bukan? tentunya informasi tersebut harus Anda ketahui juga, Apa saja kelebihannya? yuk simak informasi berikut ini :

Ternyata Begini plus dan minus Pori-pori kayu Oak

Keunggulan pori-pori kayu Oak

Hal ini menjadi sebuah keunggulan bagi sebuah kayu, nyatanya dengan andanya pori besar alhasil kayu akan lebih mudah kering ketika terkena cipratan air ataupun cairan lainnya.

Por-pori besar ini membuat kayu dapat bertahan disegala cuaca serta menjadikan kayu oak memiliki tingkat kelembapan yang cukup tinggi, kelebihan inilah membuat masyarakat diberbagai negara tertarik untuk membudidayakannya diarea rumah

Baca juga : 7 Desain Terbaik Untuk Kamar Mandi

Tentunya kelebihan tersebut pasti ada pro dan kontra, dan ada kelebihan dan kekurangan, salah satu kekurangan yang sangat mengganggu produksi yaitu

Kelemahan pori-pori kayu Oak

pada pori-porinya yang berukuran besar, walau pori pori tersebut dapat mnyerap air lebih baik, namun ternyata dengan adanya pori-pori menjadikan kayu ini tidak kuat terhadap cuaca terlalu panas.

Apabila kayu oak dijemur dan terkena sinaran matahari langsung dalam beberapa waktu, maka kayu oak akan lebih mudah bengkok, maka dari itu jika dirumah Anda terdapat furniture yang terbuat dari jenis kayu oak, untuk tidak disarankan di area yang terkena matahari secara langsung.

Jadi, Apakah Anda akan menggunakan material kayu oak? Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, tentunya gunakan material kayu dengan kualitas yang lebih unggul.

Untuk itu, segera gunakan material kayu solid yang lebih Unggul.

Scroll to Top