Apa itu Kayu Oak? Kenali Bentuk, Manfaat & Produk Terbaiknya

mengenal kayu oak

Mengenal Kayu Oak – Indonesia terdapat berbagai jenis kayu yang sangat cantik dan juga bermanfaat bagi beberapa kebutuhan, seperti material furniture maupun interior hunian.

Salah satu jenis kayu yang menjadi Andalan bagi para pencinta furniture yaitu Kayu Jati. Mungkin diantara kalian jenis kayu ini sudah tidak asing lagi, bahkan bisa dikatakan bosan, karena banyak yang merekomendasikannya.

Namun Pernahkah Anda mendengar jenis kayu oak? Ya, jenis kayu oak merupakan material furniture yang kali ini sudah banyak diincar karena memiliki warna yang unik dan lucu.

Kayu oak itu sendiri memiliki beragam kekayaan dari mulai warna serta serat dan fungsinya, untuk itu bagi Anda yang penasaran dengan jenis kayu furniture satu ini, yuk kita simak beberapa informasinya :

Mengenal Kayu Oak

Kayu Oak terbagi menjadi 2 jenis yaitu red oak dan white oak, dimana jenis kayu oak tersebut memiliki karakteristik masing-masing dan berbeda, serta memiliki tingkat keras dan awetnya yang berbeda. Sedangkan di indonesia Anda hanya dapat menemukan jenis kayu oak white saja.

Kayu oak indonesia, atau white oak memiliki julukan Querbus alba, jenis kayu inipun banyak ditemukan dikawasasn Amerika Timur, yang memliki tinggi mencapai 20 hingga 25 meter.

Serta kayu oak memiliki diameter kayu di ukuran 1,2 meter. White oak, memiliki warna cokelat muda, namun Anda dapat menemukan warna kehijauan di beberapa bagiannya.

Perubahan Warna Kayu Oak

Warna asli oak, memanglah putih namun hal tersebut dapat berubah ketika terlalu sering bersentuhan dengan besi, apalagi besi yang berkarat, karena warna kayu oak yang halus menjadikan jenis kayu ini mudah untuk berubah dengan adanya sentuhan material lainnya.

Tidak hanya itu saja, melainkan kayu oak memiliki beberapa karakteristik yang sangat unggul untuk beberapa kebutuhan material, untuk itu yuk kita simak karakteristik dari kayu oak, berikut informasinya :

Karakteristik Kayu Oak

1. Kayu oak jenis material kuat dan awet

Pohon oak, merupakan jenis pohon yang terkenal dengan kayunya yang keras dan cukup kuat, bahkan jika diperhatikan pada beberapa bagian kaunya, terdapat tekstur serta pori-porinya yang cukup besar.

Hal ini membuat kayu oak menjadi tampil lebih menarik, jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnnya. Maka dari itu banyaknya penggunaan material kayu oak pada era kali ini.

Baca juga : Mengenal 6 Jenis Kayu Kelas II Terbaik untuk Kontruksi Bangunan

2. Batang Kuat dan Keras

Tidak hanya itu saja, daun dari pohon oak dihasilkan cukup bercabang, apalagi batang dan cabangnya yang kuat, hal ini dianggap mampu menampung ukuran batang yang besar, bahkan banyak data menyebutkan bahwa pohon oak ini, masuk kedalam urutan kedua dalam segi kekuatannya..

Hal tersebut di kiakui oleh dunia, bahkan membuat kayu satu ini banyak diburu untuk dijadikan bahan baku pembuatan furniture. Kayu oak sering kali digunakan sebagai material tempat tidur, lemari, dan berbagai furniture bernilai tinggi lainnya.

3. Kayu oak lebih fleksibel

Kontruksi dari kayu satu ini, terasa lebih fleksibel dan membuat kayu ini semakin ideal untuk dijadikan aneka furniture bgaya modern, maupun klasik sekalipun. Keunika dari kayu oak mungkin tidak akan ditemukan diberbagai jenis kayu lainya.

Adakah pohon oak di indonesia? Tentunya Anda dapat menemukan kayu oak dibeberapa daerah di indonesia, apa saja? yuk ketahui informasi selanjutnya :

Jenis Kayu Oak di Indonesia

Jenis Kayu oak yang terkenal di Indonesia ialah White Oak atau Oak putih, jenis kayu oak satu ini memiliki warna cokelat dengan guratan kayu yang lurus, serta memiliki warna putih bersih dengan kepadatan serat yang sempurna.

bahkan, beberapa jenis white oak sering terlihat bercak berwarna putih dengan tekstur seperti bergelombang pada batang pohon oak. Dengan itu, jenis white oak memiliki harga yang relatif lebih tinggi dari jenis oak biasanya.

Hal tersebutpun dikarenakan ketahanan kayu oak yang bagus, ditambah tektur kayu yang unik, dan penggunaan kayu yang mudah dibentuk dibanding kayu keras lainnya.

Dengan nilai jual yang tinggi, pastinya memiliki keunggulan dan kelemahannya juga bukan? tentunya informasi tersebut harus Anda ketahui juga, Apa saja kelebihannya? yuk simak informasi berikut ini :

Mengenal Keunggulan dan kekurangan Kayu Oak

1. Keunggulan pori-pori kayu Oak

Hal ini menjadi sebuah keunggulan bagi sebuah kayu, nyatanya dengan andanya pori besar alhasil kayu akan lebih mudah kering ketika terkena cipratan air ataupun cairan lainnya.

Por-pori besar ini membuat kayu dapat bertahan disegala cuaca serta menjadikan kayu oak memiliki tingkat kelembapan yang cukup tinggi, kelebihan inilah membuat masyarakat diberbagai negara tertarik untuk membudidayakannya.

Baca juga : Pernah dengan Soal Plitur Kayu? Ternyata begini kegunaannya

Tentunya kelebihan tersebut pasti ada pro dan kontra, dan ada kelebihan dan kekurangan, salah satu kekurangan yang sangat mengganggu produksi yaitu :

2. Kekurangan kayu Oak

pada pori-porinya yang berukuran besar, walau pori pori tersebut dapat menyerap air lebih baik, namun ternyata dengan adanya pori-pori menjadikan kayu ini tidak kuat terhadap cuaca terlalu panas.

Apabila kayu oak dijemur dan terkena sinaran matahari langsung dalam beberapa waktu, maka kayu oak akan lebih mudah bengkok, maka dari itu jika dirumah Anda terdapat furniture yang terbuat dari jenis kayu oak, untuk tidak disarankan di area yang terkena matahari secara langsung.

Jadi, tertarik menggunakan kayu oak?

Scroll to Top