Mengenal Kayu gelam, dari Ciri, karkateristik hingga Manfaat

Kayu Gelam – Terdapat berbagai jenis kayu yang ada diindonesia, dimana setiap jenisnya memiliki karateristik, hingga manfaatnya tersendiri. Setiap kayu memiliki tingkatan tersendiri, kayupun terbagi menjadi 3 kelas, yakni Kelas I-II-III dari keawetan dan kekuatannya.

Salah satu jenis yang akan dibahas kali ini, ialah Kayu gelam. Walaupun belum terlalu dikenal dimasyarakat indonesia, jenis kayu berwarna putih kekuningan ini memiliki karakteristik yang baik lho, apalagi banyak kkelebihan dan kekurangan dari kayu satu ini.

Fakta menariknya, jenis kayu ini biasa dikenal dengan nama kayu putih, dimana permukaan kulit batangnya terlihat seperti terkelupas dan tidak beraturan, dan pastinya masih banyak fakta menarik dari kayu satu ini, agar lebih mengetahui lebih jauh dari kayu satu ini, yuk kenali penjelasannya berikut :

Fakta Menarik Kayu Gelam atau Galam

Berikut beberapa informasi menarik, mengenai ciri, manfaat, hingga kelebihannya. Diantaranya :

Ciri – ciri Pohon Gelam

Mengenai ciri cirinya, pohon kayu gelam mampu tumbuh dengan tinggi mencapai 10 hingga 20 meter,dengan diameter 4-6 cm dimana kulit batangnya memiliki lapisan lapisan serat yang terurai, dengan warna putih keabuan, batang pohon gelap tidak terlalu besar.

Namun memiliki percabangan yang menggantung, sementara untuk daunnya, pohon gelam memiliki daun tunggal yang tebal seperti kulit, dengan tangkai pendek dan posisi yang berseling.

Salah satu ciri khas dari pohon gelap yakni, dapat mengeluarkan aroma khas kayu putih saat digenggam atau diremas, sehingga kayu gelap kerap dikenal juga sebagai kayu putih.

Terlebih lagi, pohon gelam menghasilkan buah yang dimana buah tersebut berwarna coklat, dengan nama merica bolong. Buah tersebut, sering dijadikan bahan obat tradisional bagi beberapa daerah, sebab khasiatnya yang tinggi.

Karakteristik Kayu Gelam

Kayu gelam memiliki karakteristik dengan kualitas kelas II untuk kekuatannya, dimana kualitas tersebut sering digunakan untuk kebutuhan kontruksi bangunan lho.

Hanya saja, tingkat awetnya yang rendah, yang berada dikelas II membuat kayu satu ini tidak dapat bertahan terlalu lama, namun tak usah khawatir.

Sebab perawatan yang khusus mampu memberikan daya tahan kayu menjadi lebih awet dan tahan lama. Apalagi, kayu ini tergolong kayu yang agak sulit diolah, sehingga perlu dilakukan oleh ahli profesional.

Manfaat Kayu Gelam

Memiliki diamater yang kecil dengan bentuk yang panjang seperti bambu, tentunya kita bertanya-tanya mengenai apa saja manfaat yang dihasilkan dari kayu gelam, untuk mengenal manfaatnya, simak uraiannya berikut :

  1. Penyangga Banguanan : Salah satu manfaat dari kayu ini yang bisa kamu gunakan yakni sebagai penyangga bangunan yang berada di tanah gambut atau rawa, dimana kayu galam mampu menggantikan posisi besi sebagai pondasi, sebab memiliki sturktur yang kokoh, dan harga yang lebih ekonomis.
  2. Material Pagar : Memiliki diamater yang kecil dengan bentuk yang unik, membuat penggunaan kayu ini kerap digunakan sebagai material pagar yang estetik, bentuknya yang berantakan menjadi daya tarik tersendiri.
  3. Bahan Jembatan : Diamater yang kecil menjadi salah satu kelebihannya, dimana kerap digunakan dalam proses pembuatan jembatan yang dijadikan sebagai piijakan jembatan yang kokoh dan kuat.
  4. Penahan Longsor : Manfaat lainnya yakni sebagai penahan longsor yang efektif, hal ini dikarenakan kayu gelap memiliki struktur yang kokoh dan tahan terhadap berbagai cauca dan tekanan, selain itu gelampun kerap dimanfaatkan sebagai bahan perahu, dan arang aktif.

Kelebihan Kayu Gelam

1. Harga yang Tinggi

Karena memiliki manfaat yang besar, membuat penggunaan kayu gelam, kian hari kian banyak peminatnya. Sehingga daya jualnyapun akan menjadi lebih tinggi, tentunya sangat menguntungkan bagi para petani pohon gelam

2. Tahan Terhadap Air

Walaupun memiliki diamater yang kecil, kayu satu ini memiliki ketahanan yang baik terhadap air, hal tersebut dikarenakan faktor pertumbuhannya yang tumbuh subur diarea rawa-rawa.

Sehingga kayu satu ini memiliki struktur yang bagus terhadap air, hal inilah yang membuat kayu ini kerap dimanfaatkan untuk bahan outdoor.

Baca Juga : Ketahui 5 Jenis Kayu Tahan Air yang Paling kuat di Indonesia!

3. Tahan Rayap dan Jamur

Walaupun tergolong kayu dengan kelas awet dikelas II, namun ketahannya terhadap rayap dan jamur tidak bisa dianggap remeh lho, hal tersebut dikarenakan kayu satu ini memiliki kandungan minyak alami pada bagian batangnya, yang berperan penting untuk mengusir rayap.

4. Kuat dan Kokoh

Seperti yang sudah disinggung diatas, dimana kayu satu ini merupakan kayu dengan tingkat kokoh dan kuat yang baik, terbukti dari tingkat kuatnya yang masuk kedalam kelas II.

Baca Juga : Ketahui Jenis Kayu Kelas I dan Keuntungan Menggunakannya

Dimana tingkatan tersebut hampir sama dengan kayu jati dan kayu kelas II lainnya, maka tak heran jika kayu ini bisa dimanfaatkan sebagai material penyangga longsor.

Jadi, tertarik menggunakan Kayu Gelam?

Scroll to Top