18 Ide Desain Ruang Tamu 2021

Lagi Nyari Inspirasi Desain Ruang Tamu Untuk Rumah Minimalis? Ini Dia Rekomendasinya


Pada umumnya, tipe rumah minimalis itu mengusung luas ruang tamu yang berukuran 3 x 3 meter. Dengan ukuran luas yang terbatas, tentu saja kita harus pandai-pandai dalam mendesain ruang tamu tersebut.

Nah, secara kebetulan, pada kesempatan kali ini juga akan merekomendasikan beberapa inspirasi desain ruang tamu untuk tipe rumah minimalis.
Tanpa banyak panjang lebar lagi, mendig kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tema Seadanya

Dengan mengusung tema “seadanya”, maka tampilan ruangan tamu kamu akan terkesan tidak berlebihan dan simple. Dalam hal ini, kamu hanya perlu memanfaatkan sebaik mungkin dekorasi warna-warni pada tengah ruang tamu dengan dominasi warna putih.

Mengapa harus warna putih? Pasalnya, warna putih ini merupakan salah satu warna cat rumah bagian dalam terbaik yang dapat diaplikasikan untuk menciptakan efek ruangan yang lebih luas. Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan dekorasi lainnya seperti karpet berukuran lebar yang berwarna krem. Dengan begitu, maka tampilan ruang tamunya akan semakin nyaman.

Tema Modern

Meski selalu identik dengan konsep kesederhanaan, namun bukan berarti juga bahwa tipe rumah minimalis tidak bisa memberikan kesan modern. Nah, untuk menciptakan nuansa modern tersebut, kamu harus mengkombinasikan dekorasi yang berwarna putih, krem, cokelat, dan hitam.


Tak hanya itu, manfaatkan juga material yang berbahan tekstil serta lampu meja untuk membaca dan meja bundar berukuran kecil, agar mempertajam nuansa modernitas pada ruang tamunya.

Sofa Matras Untuk Desain Ruang Tamu Rumah Minimalis

Pada dasarnya, jenis sofa berkaki lebih banyak digunakan untuk ruang tamu daripada sofa matras. Meski demikian, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba menggunakan sofa matras sebagai dekorasi utama pada desain ruang tamu minimalis ukuran 3 x 3 meter.



Menariknya lagi, jenis sofa matras ini tidak terlalu memakan banyak tempat serta mudah dipadupadankan dengan beragam dekorasi. Ya, seperti halnya karpet bermotif atau lukisan kontemporer, sehingga dapat menciptakan ruang tamu sederhana yang memiliki nilai estetika tinggi.

Elemen Vintage

Pengerjaan elemen vintage ini dimulai dari layout interior hingga desain produk, yang meliputi desain interior untuk ruang tamu. Namun, ada beberapa produk yang memang hanya dipesan secara khusus untuk ruang tamu minimalis. Adapun mengenai kehadiran furniture dan dekorasi lainnya untuk menekankan pada fungsi serta kemurnian dari desainnya.

Desain Full Color

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa tipe rumah minimalis itu selalu mengaplikasikan satu warna saja untuk dekorasi dan dinding rumahnya. Agar tidak terkesan monoton dan kaku, kamu bisa mencoba desain ruang tamu dengan menerapkan elemen-elemen dekorasi yang berwarna-warni sebagai penghias.


Apabila tidak ingin mengurangi esensi dari desain rumah minimalis, kamu harus menggunakan sofa bed berwarna cerah dan karpet dengan motif ceria.

Selain itu, kamu pun dapat menambahkan tanaman-tanaman hias agar bisa menciptakan nuansa yang lebih sejuk dan alami. Bahkan, keberadaan tanaman hias tersebut juga berfungsi sebagai sumber oksigen dari dalam rumah.

baca selanjutnya : Contoh Ruang Tamu dengan Material Kayu Jati

Desain Floral Klasik

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa tipe rumah minimalis selalu identik dengan nuansa modern. Dalam hal ini, kamu bisa memberi sentuhan elemen-elemen klasik dengan penataan yang benar dan tepat. Adapun mengenai beberapa elemen klasik yang bisa kamu gunakan, seperti bantal bermotif floral, lukisan tua, hingga pot bunga.


Pilihlah karpet lantai berbentuk bulat dengan warna tekstil cokelat, serta kaki meja berbentuk kerangka kayu untuk menghidupkan kesan modern minimilais yang selaras dengan elemen-elemen interior klasik. Atau, kamu juga bisa menambahkan kursi lesehan bermotif bunga sehingga tampilan ruang tamunya tampak lebih unik.

Elemen Kayu Solid

Tahukah kamu? ternyata elemen kayu solid yang terkesan raw dan kasar itu dapat diolah menjadi furniture serta dekorasi untuk desain ruang tamu minimalis lho. Misalkan kursi tamu berbingkai kayu solid dengan rotan sebagai pengikat, maka akan memberikan tampilan minimalis dan clean pada ruag tamu.


Adapun penggunaan keranjang rotan sebagai tempat penyimpanan bantal di ruang tamu, sehingga akan menjadi dekorasi yang indah dan fungsional untuk ruang tamu.

Baca Selenjutnya : Daftar Harga Lantai Kayu Bergaransi & Murah 2020

Desain Monokrom

Inspirasi desain ruang tamu minimalis berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa desain monokrom. Kamu bisa menggunakan warna hitam dan putih sebagai warna dasar, untuk menciptakan kesan yang lebih mewah, elegan, dan modern. Pilihlah furniture meja bundar yang berwarna hitam, sedangkan untuk kursi sofanya berwarna putih krem.


Dengan perpaduan warna tersebut dijamin akan membuat tampilan ruang tamunya semakin sedap untuk dipandang. Aplikasikan juga tirai bermotif hitam putih dengan lampu gantung berbahan tembaga berwarna hitam doff.

Bagaimana, apakah kamu tertarik pada salah satu desain ruang tamu minimalis tersebut?

Jika Anda menyadari hampir semua inspirasi design ruang tamu menggunakan lantai kayu, yang membuktikan bahwa lantai kayu dapat menambahkan estetika lebih dari setiap warna interior.

Scroll to Top