6 Jenis Granit dan Warna Paling Banyak Diminati, ini Keunggulannya.

Jenis Granit dan Warna Granit

Jenis Granit – Jenis Lantai yang bisa memberikan kesan mewah pada ruangan selain marmer yaitu material granit. Lantai satu ini, diyakini lebih kuat dan memiliki warna yang lebih menarik, sebab bahan yang digunakan diolah dari batu alam.

Selain tahan akan goresan, granitpun bisa dipoles, dibentuk dengan kesan yang lebih alami. Bahan yang digunakan merupakan batu alam yang bersifat instrusif, felksik, dan igneus.

Dimana pembuatan granit diolah menggunakan proses penekanan serta pembakar dengan suhu tinggi, sehingga membentuk lembaran granit. Hal inilah yang membuat material granit, tercipta dengan berbagai jenis dan kualitasnya yang berbeda.

Secara umum, granit memiliki ketahanan yang baik, serta tahan noda dan gores. Perawatannpun relatif lebih rendah dari pada marmer. Maka dari itu, jika tertarik menggunakan marmer sebagai material pijak. Ketahui beberapa jenis, dan kualitasnya masing-masing. Diantaranya :

Jenis Granit dan Kualitas

Ada beragam jenis granit yang bisa kamu pilih, dimana setiap jenisnya memiliki kualitas, dan kelebihannya tersendiri. Maka, ketahui beberapa informasi berikut mengenai jenis jenis terbaiknya. Seperti berikut ini :

1. Granit hitam

Jenis Granit satu ini merupakan jenis yang paling terkenal diantara granit lainnya, dimana tampilannya mampu memberikan kesan mewah dan elegant, akan tetapi masih netral tanpa warna yang mencolok.

Baca Juga : 5 Perbedaan Lantai Granit dan Keramik, mana yang harus dipilih?

Warna hitam inipun mampu disesuaikan diberbagai tema hunian, baik itu minimalis atau modern. Selain dijadikan sebagai pelapis lantai, granit hitampun kerap diaplikasikan diberbagai pelapis interior, seperti countertop, meja, dan dinding.

2. Granit Hijau

Jenis Satu ini banyak disukai karena memberikan kesan mewah, granit hijaupun mampu memunculkan kesan alami pada hunian. Warna hijaunyapun memberikan kesan sejuk dan natural, sehingga sangat cocok untuk ditempatkan diarea dekat jendela atau penghubung indoor dan outdoor.

Sama seperti jenis granit lainya, dimana aksen dekoratif satu ini, bisa digunakan untuk countertop, kitchen set, hingga dinding hunian. Apalagi, jika Jenis granit hijau dipadukan dengan furniture berwarna solid lainnya.

3. Granit Cokelat

Untuk jenis berikutnya, yaitu granit berwarna coklat. Karena memiliki warna yang natural, dan memiliki kesan mewah pada rumah, sehingga jenis ini paling banyak dicari sebagai pengganti motif kayu pada interior hunian.

Jenis satu ini sangat cocok diaplikasikan di hunian dengan konsep klasik atau tradisional, sebab warnanya yang netral dan memiliki kesan hangat untuk ruangan. Penggunaanyapun bisa diaplikasikan pada interior hunian, seperti lantai, dinding, ataupun furniture lainnya.

4. Granit emas

Warna emas memang selalu dikaitkan dengan simbol kemewahan, tentunya jika kamu mencari material granit dengan konsep mewah. Granit emas bisa menjadi pilihan terbaiknya.

Baca Juga : 7 Kelebihan Lantai teraso dan Kekurangannya! Sebagus itu?

Apalagi, warna setiap granit terbentuk secara alami dan membentuk pola hingga guratan batu yang indah. Warna emas pada granit ini, memancarkan aura mewah dan kesan elegan yang solid, sehingga bisa dikombinasikan dengan material lainya.

5. Granit Biru

Selain emas, warna biru kerap menjadi incaran banyak orang untuk membangun hunian dengan kesan mewah, warna biru ini dihasilkan dari cahaya perak yang dipancarkan membentuk warna biru yang krusial.

Selain digunakan untuk lantai, pemilihan granit biru sangat cocok untuk dinding, meja, atau dekorasi hunian lainnya. Apalagi, warna biru bisa menghasilkan warna hunian yang lebih indah.

6. Granit Putih

Konsep hunian minimalis, kerap menggunakan warna solid yang flat dengan dekoratif furniture yang cantik, salah satu material pijak yang cocok untuk konsep tersebut yakni granit putih.

Dimana, warna putih dapat mencerahkan ruangan dan kesan elegant pada hunian, tampilannyapun akan terlihat lebih bersih dan tenang. Terlebih, granit putih terbentuk dari batu hasil alam yang memiliki serat yang cantik dan mewah.

Sehingga sangat cocok untuk digunakan diberbagai tempat, antara lain seperti ruang tv, dapur sebagai dinding, dan kebutuhan interior lainnya.

Kelebihan Granit untuk Lantai

Berikut beberapa kelebihan penggunaan granit diberbagai macam kebutuhan, seperti berikut :

  1. Bisa Menahan Beban Berat : Karena Terbuat dengan proses pemasangan yang tinggi, serta pemadatan dengan skala kuat yang besar, membuat lantai granit dapat menahan beban berat dengan kekuatan daya tekan hingga 300kg/cm2. Saking kuatnya, granit bisa diapliasikan pada lantai garasi rumah.
  2. Daya Serap Air rendah : Kelebihan granit lainnya yakni memiliki daya serap terhadap air yang rendah yaitu 450 kg/cm3, hal ini dikarenakan granit melalui proses pembakaran yang membuat pori pada granit lebih kecil.
  3. Pilihan Motif dan Warna : Granit terbuat dari batu alami yang memiliki warna dan serat yang tidak teratur, sehingga membuat material ini memiliki beragam warna yang sudah dibahas diatas.
  4. Mudah Dalam Perawatan : Perawatan granit terbilang mudah dan cukup dibersihkan dengan sapu dan pel saja. Pori-pori granitpun berukuran kecil, sehingga akan lebih mudah menyerap cairan dan tidak mudah licin.

Jadi, setelah mengenal jenis dan kelebihan granit, tertarik menggunakannya?

Scroll to Top