Lengkap! Bahas Tuntas 5 Karakteristik Kayu Amara dan Manfaat yang Sempurna

Mengenal Kayu amara

Kayu Amara – Indonesia termasuk negara berpenghasil kayu terbesar didunia, tak heran jika kekayaan hutannya yang begitu melimpah banyak menciptakan jenis tanaman, dan jenis pepohonan yang berkualitas.

Hal inipun terbukti, dengan banyaknya kayu-kayu indonesia yang sudah melalang-buana di pasar dalam dan luar negeri. Dari sekian banyaknya jenis kayu yang ada di indonesia, mungkin kamu hanya mengenal jenis kayu jati saja bukan?

Namun, masih banyak lho jenis kayu unggul yang perlu kamu ketahui, seperti halnya kayu satu ini yang mungkin sebagian dari kita belum mengenalnya, kira-kira pernah mendengar kayu amara? kayu ini sudah sangat populer diluar negeri karena memiliki hasil produk yang bernilai tinggi dan sangat cantik.

Bagaimana? Penasaran dengan kayu Amara? Nah, kebetulan sekali karena kali ini kami akan membahas tuntas mengenai kayu amara dari muali penyebaran, manfaat, karakteristik pohon secara lengkap. Untuk itu, yuk simak ulasannya berikut :

Tentang Pohon Amara

Mungkin jika kamu pernah mendengar kayu ebony, ternyata pohon amara termasuk kedalam keluarga ebony lho. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, melainkan menurun beberapa informasi yang didapat.

Tampilan fisik dari pohon amara terlihat sangat mirip dengan pohon eboni. Biasanya amara memiliki tampilan kayu yang berwaran hitam, kuning, bahkan ada yang berwarna merah kecoklatan.

Perpaduan warna yang unik dan cantik, menjadikan tampilan kayu amara sangat diandalkan untuk kebutuhan bidang furniture maupun property. Bahkan, tak jarang jika peralatan mebeul atau furniture banyak di temukan dari kayu pohon Amara satu ini.

Tingkat Kelas Tinggi

Tak hanya penampilannya yang begitu cantik dan bernilai tinggi, bahkan pohon ini memiliki tingkat kelas kuat yang tinggi lhoo, Kelas kuat kayu amara masuk kedalam kelas I, dengan kelas awet kelas I juga. Hal inilah yang menjadi point tambahan kenapa para pengerajin mengandalkan kayu satu ini.

Baca juga : Yuk, kenalan dengan 6 Jenis Kayu Kelas I yang Bernilai Tinggi dan menjadi Andalan Para Kontruksi

Tumbuh dikawasan Tropis

Menurut beberapa informasi yang didapat, pohon amara dapat tumbuh subur dikawasan hutan tropis saja, kamu bisa menemukan pohon ini dibeberapa wilayah seperti sulawesi khusunya Sulawesi Tenggara dan Utara.

Lalu, bagaimana dengan kualitas kayu pohon amara?

Karakteristik Kayu Amara yang Populer

Sebelum, kamu mengenal manfaat dari kayu satu ini, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana karakteristik dari kayu amara. Maka dari itu, yuk ketahui karakteristiknya berikut :

1. Jenis Kayu Mahal yang Bernilai Tinggi

Tampilan kayu amara yang mengusung serat yang indah, serta perpaduan warna yang cantik dan nyentrik, membuat kayu ini termasuk kedalam golongan kayu kelas Atas.

Jika disandingkan mungkin kayu ini bisa berdampingan dengan kayu ulin yang Sempurna. Hal inilah yang membuat kayu satu ini dibanderol dengan harga yang tinggi.

Bukan tanpa alasan dengan harga yang mahal, melainkan kayu amara mampu menyuguhukan spesifikasi yang sangat mumpuni pada setiap komponennya.

Harga mahal ini, tentunya bukan semata-mata karena tampilannya saja, melainkan keberadaan kayu amara yang cukup sulit ditemukan di pasaran. Hal inilah yang menjadikan akitivatas penebang kayu amara yang ilegal semakin banyak dilakukan.

Memang berapa harga kayu amara?

untuk papan dengan tebal 10cm saja, kayu ini dibanderol dengan harga Rp 10,5 juta ( 8 batang papan ) sedangkan ukuran 50 x 9 x 5 cm dibanderol dengan harga Rp 550 saja. tentunya dengan harga seperti itu, kayu ini patut di lestarikan bukan?

Baca selengkapnya : Buat Hunian yang Modis dan Natural dengan Kayu yang Lebih Terjangkau ( Klik DIsini )

2. Kayu Kuat dan Awet

Selain memiliki tampilan yang juara, kayu ini tentunya dibarengi dengan tingkat kuat yang begitu baik, sebab seperti yang disinggung diatas, bahwa kayu amara termasuk kedalam kategori kayu kelas I, tak heran jika sempua furniture dan property berbahan kayu ini dapat bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

Maka inilah bukti mengapa kayu satu ini pantas dibanderol dengan harga yang mahal. Bahkan lebih hebatnya lagi, kayu amara mempunyai kandungan ekstratif yang berfungsi sebagai pelingung dari serangan rayap, jamur dan perusak kayu lainnya.

3. Jenis Kayu berat

Pernah melihat kayu ulin yang tenggeam saat disimpan di permukaan air karena beratnya? yaps, kayu amarapun sama seperti itu, tingkat kayu yang tinggi dengan bobot berat yang tinggi juga membuat kayu ini dikenal dengan kayu dengan bobot lebih dari air.

Tentunya, hal ini menjadi bukti penting kenapa kayu ini sangatlah kuat, tentunya kamu bisa menggunakan material ini untuk kebutuhan yang memerlukan bobot kayu yang tinggi, tanpa perlu mengkhawatirkan kualitasnya.

4. Tampilan yang Indah

Tanpa kita sadari bahwa sedari tadi kita membahas mengenai tampilan kayu amara yang sangat menakjubkan, hal ini dikarenakan amara memiliki perpaduan dua warna yang berbeda, yakni merah dan hitam.

Dengan paduan tersebut, secara otomatis akan membuat tampilan furniture atau interior semakin unik dan eksostis. Disampilan penampilan yang indaj, kayu ini memiliki pola serat yang terlihat.

5. Bisa untuk beragam Kebutuhan

karakteristik kayu amara yang kumplit dari segi kuat, awet hingga tampilan membuat kayu ini bisa digunakan untuk beragam kebutuhan, kamu dapat menggunakan kayu ini untuk berbagai bahan, seperti bahan tiang jembatan, dan .., penasaran manfaat lagi? yuk simak manfaat amara berikut :

Daftar Manfaat Kayu Amara yang Terkenal

Setelah mengenal beragam kualifikasi dari kayu amara, akan sangat kurang jika tidak mengenal manfaat apa saja yang bisa diperoleh, kira-kira ada manfaat yang kamu suka tidak ya? untuk itu, ketahui manfaatnya berikut :

  1. Bahan Alat Musim Premium, salah satu manfat yang banyak digunakan dari pohon amara yaitu sebagai bahan pembuatan alat musik, seperti Gitar pianok, kahon dan alat musik lainnya.
  2. Produk Mebeul Berkualitas, fisiknya yang begitu indah membuat kayu ini sangat ideal jika dijadikan bahan baku untuk pembuatan produk mebel, speerti meja rak, kursi kusen lantai kayu dan sebagainya.
  3. Bahan Patung yang bernilai tinggi, selain dimanfaatkan untuk produk mebel, amarapun selalu diandalkan untuk pembuatan patung hias hunian, hal ini karena kayu ini masuk kedalam golongan kayu mewah, secara otomatis memiliki harga jual yang tinggi.
  4. Pondasi Jembatan, spesifikasi kayu yang kuat dan berat ini kerap dijadikan sebagai bahan jembatan karena mampu mengkokohkan permukaan jembatan dalam waktu yang sangat panjang.

Bagaimana? manfaat mana yang akan kamu gunakan?

Scroll to Top