Apa itu Laminate : Jenis, Lapisan, Perawatan, Testimoni

Laminate – Penggunaan Lantai laminated menjadi alternatif terbaik untuk budget interior yang lebih minim. Laminate sendiri merupakan produk olahan yang terbuat dari berbagai bahan dan diolah menggunakan mesin berteknologi, hingga membentuk partikel atau lapisan lantai berkualitas tinggi.

Seperti yang kita tahu, lantai hunian berperan penting untuk menampilkan kesan nyaman, dan tampilan cantik pada area hunian, untuk meningkatkan suasana mood, atau kenyaman saat berlalu lintas di area hunian.

Tentunya hal tersebut dapat tercipta saat menggunakan lantai laminate sendiri. Pemasangan yang mudah, dan tampilan yang bervariasi, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat indonesia untuk memilih material lantai satu ini.

Banyak fakta menarik dari penggunaan laminate, bahkan masih banyak informasi mengenai keunggulan dalam pemasangan laminate, untuk itu, jika ingin mengenal laminate lebih lengkap, ketahui beberapa ulasan lengkapnya. Berikut :

Apa itu Laminate?

Jika Anda baru mengenal dunia interior, sangat wajar jika bertanya-tanya mengenai apa itu laminate. Laminated sendiri merupakan lapisan finishing yang paling umum digunakan sebagai opsi lapisan MDF, kayu lapis, papan partikel, furniture, dinding hingga penggunaan Lantai laminate sendiri.

Dasarnya, laminate merupakan bahan lapis buatan komposit, yang dibuat dengan cara diproses menggunakan mesin dengan menekan atau mempress semua lapisan secara bersamaan, sehingga membentuk kertas tipis atau resin.

Penggunaan material laminate kerap menjadi unggulan dalam pembuatan sebagai lantai hunian, dengan tambahan lapisan yang berbeda. Dimana, laminate flooring atau lantai laminate menjadi produk buatan laminate dengan lapisan yang bervariasi.

Dimana, lapisan tersebut dikombinasikan dengan bahan serbuk kayu (HDF), sehingga membentuk parquet atau plank dengan tingkat kuat tinggi dan ketahanan yang lama, jenis serbuk kayu yang digunakan.

Bahkan, hingga saat ini, popularitas lantai laminate semakin meningkat, dikarenakan pembuatan lantai laminate dirancang sebagai lantai yang mudah pemasangan, lantai kuat, lantai tahan air, dan lantai dengan tampilan bervariasi.

Seperti yang dibahas diatas, dimana lapisan lantai laminate terbuat dari lapisan yang ditumpuk, dengan sifat dan fungsi yang berbeda. Untuk mengenal lapisan lantai laminate lebih rinci, berikut ulasannya :

Lapisan Laminate

1. Counter Layer/lapisan Pendukung

Didasar lantai laminated terdapat lapisan penyeimbang bawah yang menjaga papan agar tetap lurus, lapisan tersebut kerap dikenal dengan counter layer atau kertas pendukung. Beberapa produk laminated, kerap ditambahkan bantalan busa, agar meningkatkan kualitas akustik lantai saat berjalan dipermukaannya.

2. Lapisan HDF atau Inti Laminated

Seperti yang kita bahas sebelumnya, dimana lantai laminate merupakan gabungan laminasi laminate dan serbuk kayu ( HDF ) dimana lapisan tersebut berada di lapisan kedua terbawah. Penggunaan HDF untuk laminatepun memerlukan kualitas serta yang tinggi (HDF) atau menengah (MDF)

  • MDF : Dipakai atau digunakan agar lantai lebih Baik
  • HDF : digunakan untuk menawarkan stabilitas dan kekuatan yang unggul

3. Lapisan Dekoratif

Lapisan ketiga atau kedua dari awal merupakan lapisan yang bertugas untuk menawarkan tampilan pada lantai laminated, dimana laminasi satu ini diproduksi dengan tampilan yang menduplikat beberapa lanati terbaik, seperti Lantai kayu, batu, marmer yang lebih realistis dalam berbagai warna dan pola seratnya.

Baca Juga : Tersedia Harga Lantai Kayu Termurah dan Bergaransi 2023

4. Wear atau Overlay Layer

Lapisan terakhir laminasi flooring, merupakan lapisan yang memberi sentuhan akhir dan berkilau pada setiap papan laminasi , lapisan ini memiliki fungsi penting untuk laminate flooring. Seperti :

  • Melindungi permukaan laminate agar terhindar dari kehausan, lecet, goresan, yang disebabkan oleh furniture tajam, cakar hewan, sepatu dan sejenisnya
  • Melindungi dari sinar ultraviolet berbahaya yang bisa memudahkan warna laminate, biasanya warna memudar disebabkan saat jendela rumah dibuka secara terus menerus, yang membuat sinar matahari menyinari laminasi secara langsung.

Laminate Bagus? ini Menurut Ahli Tukang

Laminated memiliki manfaat dan ketahanan yang baik, namun apa menurut para ahli mengenai produk satu ini? setelah melakukan riset dan wawancara, berikut hasilnya :

1. Laminate flooring Lebih Kuat untuk Harga Terjangkau

Saat melakukan wawancara mengenai laminte flooring, beberapa ahli tukang hingga kontruktor setuju, jika lantai laminasi atau laminated flooring memiliki daya tahan yang baik untuk produk dengan harga murah.

Baca Juga : Jangan Salah Pilih! ini Cara Memilih Material Lantai yang Tepat dan Anti Boncos

Pastinya, untuk hunian dengan lalu lintas yang aktif, produk laminte ini tahan terhadap goresan, penyok, hinga pemudaran, dengan kata lain laminasi aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan.

2. lapisan laminate realitis

Beberapa setuju dengan tampilan produk yang cukup realistis, sebab banyak yang mengira laminasi flooring merupakan kayu solid asli, namun keduanya berbeda.

3. Tidak Ribet bisa dipasang diatas Lantai yang ada

Salah satu ahli tukang memiliki pengamatan yang menarik, saat memasangkan material laminated untuk lantai. Dimana, lantai rumah sebelumnya telah menggunakan lantai keramik, sehingga dipaksakan untuk pemasangannya.

Namun tidak disangka jika lantai laminate mampu bertahan baik diatas lantai keramik, sehingga membuat lantai laminated kokoh dan kuat walau dipasang dilantai keramik.

4. Lapisan Laminate tahan noda

Diantara banyaknya produk lantai dengan motif kayu, lantai lamiante menjadi kunggulan dari ketahan tampilannya, dimana lantai laminasi atau laminate flooring tahan terhap noda, dimana noda akan lebih mudah dibersihkan saat mengenai produk laminasi, mau itu dinding atau lantai hunian.

Jenis Laminate selain Lantai

Seperti yang dibahas dimana, dimana laminate digunakan sebagai lapisan untuk beberapa interior dan furniture, namun ada apa saja jenis laminate? berikut :

  • Laminate Dekoratis : Produk ini memiliki daya tarik estetik, dengan pola yang menarik, jenis ini sangat cocok untuk melapisi Furniture.
  • Laminasi Industri : Memiliki tingkat kuat dan daya tahan yang baik dengan ketahanan api dan keausan yang tinggi. Jenis ini, kerap digunakan untuk aplikasi rumah sakit dan insdustri lainnya.
  • Laminasi Kompak : Dikenal dengan papan laminasi, jenis ini memiliki tebal yang cukup, sehingga laminasi satu ini tidak perlu direkatkan dengan bahan lainnya
  • Laminasi post formed : Jenis laminasi ini lebih tipis ketimbang laminasi, jenis ini digunakan untuk membungkus tabel, kolom dll.
  • Laminasi Tekanan tinggi/rendah : Hanya berbeda tekanan, dimana HPL digunakan dengan kayu lapis sedangkan LPS dengan MDF

Cara merawat lantai Laminate

Seperti yang disinggung diatas, dimana laminasi untuk laminate terkhususnya lantai, memiliki cara perawatan yang lebih mudah ketimbang jenis lantai buatan lainnya, bagaimana caranya? berikut :

  1. Lantai laminate atau laminasi untuk lantai biasanya memiliki celah saat pemasangan selesai, celah tersebutlah yang harus dirawat dengan membersihkannya menggunakan alt vakum atau sapu agar sekat lantai laminate tidak ada debu atau kotoran yang tersisa
  2. Membersihkan menggunakan cairan pembersih cukup direkoemndasikan, namun jangan sesekali menggunakan pembersih yang mengandung cairan asam tinggi. sebab akan merusak lapisan laminate
  3. Walaupun kuat terhadap goresan dan benda tajam, namun penggunaan pel dengan serat halus sangat direkomendasikan.

Jadi, Sudah paham dengan laminate?

Scroll to Top