plafon gyspum

Memiliki hunian tentunya harus diperhatikan dari semua aspek interior dan materialnya, seperti salah satu interior satu ini yang kadang dianggap remeh namun berdampak tinggi untuk ekosistem hunian, interior tersebut ialah plafon. Ngomong-ngomong, apakah Anda tahu plafon?

Plafon merupakan interior yang berfungsi untuk menutupi atap hunian agar terlihat lebih estetika dan rapih, plafon juga berfungsi sebagai lapisan yang membatasi antara tinggi suatu ruangan. Penggunaan plafonpun sangat penting untuk keamanan, kenyamanan serta meningkatkan keindahan sebuah hunian.

Seperti yang kita tahu, bahwa material plafon sangatlah beragam, seperti beberapa material yang unggul yang bisa Anda gunakan, diantaranya : plafon kayu, plafon triplek, bambu dan plafon gypsum. Plafon gypsum merupakan material plafon yang sering terdengar dan direkomendasikan, namun terkadang kita tidak tahu material tersebut terbuat dari apa dan apa saja keunggulannya.

Untuk itu, kami disini akan memberikan informasi mengenai karakteristik dan plus minus plafon gypsum untuk hunian, untuk itu simak artikel satu ini hingga tuntas, dan berikut informasinya :

Apa itu Plafon Gypsum

Plafon Gypsum terbuat dari bahan sedimen bebatuan yang kokoh, namun mudah diolah dan dimanipulasi sesuai kebutuhan dan keinginan. Dari sekian banyak jenis plafon rumah, jenis plafon gyspsum sering direkomendasikan, selain harganya yang relatif lebih murah, tentunya kualitas dan bentuk plafon gysum yang indah.

Hal tersebut membuat plafon gypsum makin sering digunakan, tidak hanya itu saja plafon gypsum memiliki keunggulan yang bisa disandingkan dengan jenis plafon lainnya, seperti yang akan kami sampaikan mengenai kelebihan plafon gypsum berikut ini :

Mengenal Plus dan Minus Plafon Gypsum

Keunggulan plafon Gypsum

1. Memiliki beragam Variasi Bentuk

Keunggulan pertama dari plafon gypsum ialah memiliki beragam bentuk variasi, terlebih plafon gypsum sangat cantik untuk ditempatkan disemua sudut atap, seperti bagian tengah atau lisnya. Gypsum itu sendiri mempunyai warna dan ukuran yang berbeda-beda. Hal ini dapat mempermudah Anda untuk kebutuhan serta selera yang diinginkan.

Plafon gypsum banyak tersedia di pasaran, dengan ukuran 120 cm hingga 240 cm. Namun, ada juga produsen yang memproduksi dalam ukuran khusus dengan tingkat ketebalan yang bervariasi antara 9 mm hinga 15 mm.

2. Mudah diperbaiki Ketika rusak

Salah satu keunggulan yang bermanfaat dari plafon gyspum ialah perbaikan yang mudah, hal tersebut membuat Anda tidak perlu mengganti atau membongkar semua plafon gypsum, karena Anda hanya cukup memotong bagian yang rusak serta mendempulnya kembali. Keunggulan ini sangat bermanfaat untuk menghemat biaya pengluaran.

3. Memberikan nilai estetik lebih untuk atap

Tidak hanya mudah dalam perbaikan dan material yang kuat saja, melainkan plafon gypsum dapt memberikan nilai estetika yang dihasilkan sangat baik, karena plafon gyspum terlihat lebih rapih dan rata, apalagi gyspum juga sangat mudah dibentuk.

4. Proses pemasangan plafon gypsum yang cepat

Lalu, keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan plafon gypsum ialah pemasangan yang dirasa lebih cepat, karena material gypsum yang mudah dibentuk. Jadi, plafon satu ini sangat di disarankan untuk Anda yang sedang terburu-buru dalam membangun rumah baru.

5. Harga plafon yang cukup Terjangkau

Tentunya harga menjadi faktor utama dalam menggunakan material apapun, namun untungnya jenis plafon satu ini memiliki harga yang relatif lebih murah dengan kualitas plafon yang mumpuni. Maka dari itu, Anda bisa jadikan plafon gypsum sebagai alternatif pilihan plafon rumah dengan kualitas yang unggul dan harga yang terjangkau.

Baca juga : Gunakan plafon jenis kayu dengan seribu keunggulannya

Tentunya, setiap material memiliki keunggulan dan kelemahannya. Seperti plafon gypsum satu ini, yang memiliki kelamahan juga. Hal tersebut harus Anda ketahui, agar Anda tidak kaget jika suatu saat menggunakan jenis plafon ini ada kelemahan yang terjadi. Untuk itu, yuk simak beberapa kelemahan dari plafon gypsum :

Kekurangan Plafon Gypsum

1. Plafon Gypsum tidak tahan Air

Satu kelemahan yang harus Anda ketahui dari jenis plafon satu ini ialah, tidak kuat terhadap air atau mudah rembes. Hal ini dapat berpengaruh pada nilai estetika plafon, karena dari rembesan tersebut akan meninggalkan noda hitam, serta akan membuat plafon satu ini menjadi mudah roboh, tentunya hal tersebut dapat membahayakan jika tidak diperbaiki sesegera mungkin.

2. Sensitif terhadap Benturan

Kelemahan selanjutnya ialah, plafon gyspum mudah rusak jika terkena benturan, seperti layaknya sebuah kaca jika terjatuh atau terinjak. Hal itupun sama dengan plafon gypsum, maka dari itu pada proses pemasangannya, Anda harus berhati-hati agar plafon satu ini tidak patah atau rusak.

Baca juga : Mengenal Material Kalsiboard, Produk Plafon Terbaik Untuk Hunian Baru

Kerusakan dari Plafon gypsum memanglah rawan, apalagi plafon ini terbuat dari bahan yang mudah patah atau rusak, namun tenang, karena Anda dapat mencegahnya dengan beberapa tahapan, seperti yang akan kami bahas mengenai cara menghindari kerusakan plafon gypsum. Penasaran bagaimana? Berikut informasinya :

Cara Menghindari Kerusakan Plafon Gypsum

Langkah pertama dalam proses pencegahan kerusakan pada plafon gypsum ialah dengan memastikan kontruksi atap yang berada diatasnya tidak mengalami keboncoran, maka dari itu sebelum pemasangan pastikan terlebih dahulu bocor atau tidaknya dengan cara menyiramkan air.

Namun, jika dirasa hal tersebut rumit dan memakan waktu, Anda dapat menggunakan gypsum dengan jenis yang waterproof, gypsum jenis ini dilapisi pelindung sehingga air tidak dapat menembus. Tapi, tentu saja semakin produk bagus, semakin harganya tinggi juga.

Jadi, apakah Anda ingin menggunakan plafon gypsum? Demikian lah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas da selamat menikmati hunian dengan material interior terbaik lainnya.

Scroll to Top