Kayu Balsa : Kualitas, Karateristik, Manfaat, Kelebihan, Harga Permeter

Kayu balsa

Kayu Balsa – Penggunaan Kayu pada saat ini dikenal luas memiliki kualitas yang tinggi, serta penggunaannya yang panjang bahkan hingga berpuluh-puluh tahun.

Menjadikan material kayu dapat diandalkan untuk beragam kebutuhan, seperti furniture, kerajinan, bahan baku kontruksi, bahkan kebutuhan Interior dan eskterior Hunian.

walaupun pada saat ini, masyarakat hanya mengenal kayu jati sebagai material terbaik dengan pengunaannya yang luas, tapi masih banyak lho jenis kayu yang memiliki kualitas unggul serta harga yang miring.

Salah satunya, yaitu Kayu balsa, yang merupakan jenis kayu murah dan memiliki banyak keunggulan dimana keunggulan tersebut terletak pada kekuatannya. Bagaimana? tertarik mengenal kayu balsa? jika iya, yuk segera simak ulasanya berikut :

Mengenal Pohon Balsa

Kayu Balsa berasal dari Pohon balsa atau nama latinnya ( Ochroma Grandiflorum Rowlee ). Pohon balsa, banyak tumbuh dibeberapa negara seperti amerika Latin, Papua Nugini, Thailand, Kepulauan Soloon, bahkan anda bisa menemukannya di Negara Indonesia.

Penyebaran Pohon Balsa di Indonesia

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa kayu balsa tersebar di Negara indonesia, Anda dapat menjumpai Pohon Balsa dibeberapa daerah seperti Provinsi jawa Timur, Jawa Barat, jawa terngah, Sulawesi hingga kepulauan Papua.

Berdasarkan beberapa penilitian, bahwa habitat dari Pohon Balsa bisa tumbuh didaratan tinggi, dan rendah sekitar 0-1000mdpl. Namun jika Anda ingin menemukan pohon balsa terbaik, Anda bisa menemukannya di Ketinggian 0-800mdpl.

Pastinya kayu Balsa yang berada diketinggian 0-800mdpl ini memiliki karakteristik yang unggul, dengan karakteristik itulah Anda bisa memanfaatkannya untuk beragam kebutuhan. kira-kira bagaimana dengan karakteristiknya? simak ulasannya berikut :

Karakteristik Kayu Balsa Terbaik

Keberadaan kayu balsa dilingkungan kontruksi dan arstitektur menjadi daya tarik lebih untuk dijadikan beragam kebutuhan, hal ini dikarenakan kualifikasi yang unggul, seperti warna, tingkat keras, manfaatnnya yang beragam. Berikut karakteristiknya :

Warna Kayu Balsa

Pernah mendengar Kayu sungkai? mungkin warna dari kayu sungkai hingga seratnya memiliki kemiripan dengan warna kayu balsa, pasalnya kayu balsa memiliki warna kemerahan serta seratnya yang halus, point inilah menjadikan kayu balsa sering digunakan untuk kebutuhan furniture.

Baca juga : 2 Produk Lantai Kayu yang Banyak digunakan! Murah dan Bergaransi

Tingkat keras dan awet Kayu Balsa

Jika ditanya bagaimana tingkat kuat pada kayu Balsa, tentunya kayu ini cukup kuat, bahkan Anda bisa menjadikan solusi pengganti kayu kuat harga tinggi.

Hal ini dikarenakan kayu Balsa mempunyai BJ : 0,1 – 0.2 atau memiliki bobot dari 100-200 kg/m3, dengan inilah kayu balsa cukup kuat, tidak mudah patah bahkan mudah dibentuk.

Beberapa sumber mengatakan, bahwa klasifikasi dari Kayu balsa terbagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas ringan (80-120kg/m3) kelas medium (120-180kg/m3) dan kelas berat (180-220kg/m3)

pastinya dengan tingkat keras dan awet serta warna yang mendukung membuat kayu balsa banyak dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan lho, namun kira-kira manfaat apa saja ya? yuk simak ulasannya berikut :

Apa saja Manfaat dari Kayu Balsa?

Kayu balsa telah lama dikenal dengan material terbaik untuk dijadikan material pembuat maket, papan selancar, dan aeromodeling. Tapi, tidak hanya dimanfaatkan sebagai itu saja, melankan Anda dapat menemukan beragam bentuk furniture yang terbuat dari bahan Kayu Balsa.

Hal itu dikarenakan warnanya yang cantik, serat tingkat kuat dan kemudahannya dalam pembentukkan, kira-kira perabotan dan elemen hunian mana saja yang terbuat dari kayu balsa? Berikut informasinya :

Furniture Kayu balsa

  • Meja Makan
  • Kursi Hunian
  • Plafon rumah
  • Pintu Rumah
  • Meja tenis
  • Bahan Kusen

Melihat banyak manfaat dari kayu balsa ini membuat kita bertanya-tanya, memang kelebihan apa saja yang menguntungkan jika menggunakan kayu balsa? jika penasaran, berikut informasinya :

Kelebihan Kayu Balsa untuk Material

Berikut adalah sejumlah keunggulan dan kelebihan dari Kayu balsa, simak ulasannya :

1. Jenis Kayu Ringan

Tentunya sudah menjadi hal umum jika Anda mengenal bobot kayu satu balsa yang ringan, pasalnya kayu ini memiliki sel-sel yang besar dan berdinding tipis, dengan begitu perbandingan material padat terhadap ruang terbuka dari kayu ini sangatlah kecil.

Bahkan, dalam potongan Kayu balsa, hanya terdapat sekitar 40% bahan padat, selain itu, kayu balsa mengandung air lima kali lebih banyak dari bobotnya, maka dari itu jika Anda ingin menggunakannya, Anda perlu berhatihati mengeringkannya.

2. Jenis Kayu Kuat

Meskipun berat dari kayu balsa yang ringan, bukan berati kayu ini mudah patah lho. Malah sebaliknya, jenis kayu balsa memiliki kekuatan yang cukup baik.

Baca juga : Produk Kisi-kisi Kayu Solid! Kenali kelebihan particle kayu satu ini untuk Hunian

Berdasarkan tingkat kepadatannya, kayu balsa terdiri dari 3 jenis yang sudah kami singgung diatas, berikut manfaat dari ketiga golongan jenisnnya :

  • Kayu Ringan (120 kg/m3 ) sering digunakan untuk pembuatan aeromodeling.
  • Kayu Sedang (120-180 kg/m3) Sering digunakan untuk industri Komposit.
  • Kayu Berat (180kg/m3) Sering digunakan untuk Subtitusi Kayu keras untuk beragam kebutuhan.

3. Kayu Mudah Dibentuk

Bobot kayu balsa yang terbilang ringan dengan kerapatan yang rendah, menjadi salah satu keunggulan yang tidak dimiliki kayu lainnya.
Pasalnya, dengan hal tersebut membuat kayu ini lebih mudah dibentuk menjadi berbagai furniture maupun kebutuhan kayu lainnya.

4 Warna kayu yang Terang

Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan kayu balsa sebagai material furniture, hal ini dikarenakan warna asli dari kayu balsa memiliki warna yang cukup terang, serta serat yang unggul, sehingga sangat cocok untuk beragam kebutuhan visual.

Harga Kayu Balsa Permeter

Berikut beberapa Daftar Harga kayu Balsa permeter dengan Kualitas Grade A atau Kualitas terbaik, berikut daftarnya :

Ukuran Kayu Balsa Lembaran Harga per Lembar

Ukuran Kayu BalsaHarga Perlembar
100 cm x 10 cm x 1,5 mm Rp14.000
100 cm x 10 cm x 2 mmRp15.500
100 cm x 10 cm x 3 mmRp17.000
100 cm x 10 cm x 4 mmRp18.500
100 cm x 10 cm x 5 mmRp20.000
100 cm x 10 cm x 6 mmRp21.500
100 cm x 10 cm x 7 mmRp23.000

Jadi, Apakah Anda Tertarik menggunakan Kayu Balsa?

Scroll to Top