5 Kualitas Jati Putih dari jenis lainnya, ketahui juga manfaat kesehatannya.

Kualitas Jati Putih

Kualitas Jati Putih – Terkenal dengan kualitas kayunya yang berkualitas tinggi, serta manfaat yang beragam. Kayu Jati, menjadi salah satu jenis kayu terbaik yang bisa kamu Pilih, terlebih dalam penggunaanya sebagai bahan mebel, dan interior.

Memiliki beragam jenis Jati, jati putih menjadi salah satu yang kerap dimanfaatkan bagi kebutuhan manusia, Jati Putih memiliki kualitas yang cukup unggul, sehingga di indonesia sudah banyak dibudidayakan.

Memiliki nama Latin Gmelina arborea ini, Kayu ini berasal dari salah satu neagara di India, tepatnya dibangladesh. Dimana jenis jati satu ini, menjadi populer dikarenakan kualitas serta tampilan yang menarik.

Kualitas Jati Putih

Jika ingin mengenal bagaimana kualitas Jati putih dibanding kayu jati lainnya, yuk ketahui beberapa informasi menariknya berikut :

1. Awet dan tahan Lama

Kualitas yang dimiliki Jati putih yakni Keawetannya yang panjang. Dimana, produk yang terbuat dari jati putih mampu bertahan hingga puluhan tahun.

Baca Juga : Tipe & Harga Lantai parket Kayu Jati berbagai ukuran

Tak hanya itu saja, Kandungan yang berasal dari jati putih, mampu mempertahankan produk dari gangguan rayap, hingga jamur. Sehingga tingkat keawetannya lebih panjang.

2. Tekstur kayu kuat dan Kokoh

Jika dilihat dari segi kekuatannya. Jenis Jati putih, pastinya tidak perlu diragukan lagi, sebab jati putih terkenan dengan tekstur kayu yang kuat dan kokoh, tekstur inilah yang menjadi alasan kenapadipilih sebagai bahan utama pembuatan mebel.

3. Tahan Terhadap Cuaca Ekstream

Salah satu kualitas jati putih berikutnya yakni ketahannya terhadap cuaca apapun. Sehingga, kamu tak perlu khawatir jika jati putih berada di kondisi cuaca panas, hujan, hingga kondisi cuaca ekstream.

Kualitas inilah yang menjadi unggulan, sehingga kamu bisa menggunakan jati putih sebagai bahan dasar kontruksi indoor ataupun outdoor. Meskin, terkena paparan cuaca apapun, jati ptuih akan tetap memiliki bentuk seperti aslinya tanpa ada perubahan apapun

4. Tidak Mudah Menyusut

Tak hanya kualitas dari ketahanan dan tingkat kekuatannya saja. Kualitas jati yang bisa kamu dapatkan yakni, ketahannya yang tidak mudah menyusut.

Baca Juga : Perbedaan Kayu Jati Rakyat vs Jati Perhutani vs Jati Emas, Mana yang Terbaik?

Dimana kualitas inilah yang kemudian menjadi alasan kenapa jati putih banyak dipilih sebagai bahan baku produk meja, kayu, lemari, kitchen set dan manfaat lainnya.

5. Mudah dan Cepat di Olah

Kualitas lainnya dari Jati putih yakni proses pengolahannya yang mudah, hal ini dikarenakan jati putih memiliki tekstur yang sedikit lebih halus. hal inilah yang menjadi alasan, kenapa jenis ini lebih cepat dalam pembuatan apapun.

Bahkan, tak hanya pengelohannya yang saja yang mudah, kualitas lainnya yakni jati putih mudah dalam perawatannya, sehingga tak perlu perlakuan yang khusus, hingga tak memerlukan waktu dan tenaga yang ekstra.

Kelebihan Jati Putih

  1. Mudah didapatkan : Meski permintaan jenis jati putih ini terus mengalami peningkatan, namun kamu tidak perlu khawatir, sebab sudah banyak produsen atau petani yang membudidayakan jenis jati satu ini, sehingga akan lebih mudah menemukanya
  2. Budidaya Sangat mudah : kemudahan dalam menemukan jati satu ini, disebabkan oleh kelebihan jati putih yang mudah dalam pembudidayaan.

    Bahkan jadi putih, lebih cepat dibanding jati lainnya. Kamu hanya perlu 10 tahun untuk memanen dan mengolahannya menjadi kebutuhan.
  3. Harga Terjangkau : Dikarenakan jati putih cepat dalam pembudidayaan, sehingga kamu bisa mendapatkan produk dan bahan baku jenis ini dengan harga yang cukup ekonomis.

Manfaat Lain Pohon Jati Putih

Tak hanya kualitas kayunya saja yang bisa dimanfaatkan, melainkan daun jati putih bisa dimanfaatkan sebagai obat lho. antara lain yakni :

  • Ekstra daunnya dimanfaatkan untuk meringkatkan sakit kepala
  • Air ekstran daunnya bisa dibuat sebagai bahan desinfektan untuk membersihkan atau mencuci bisul.
  • akarnya mengandung senaywa yang berfungsi sebagai obat pencahar dan obat cacing.
  • daunnya bisa mengurangi geja sesak atau asma
  • Senyawa didalamnya mampu menangkal radikal bebas yang bersifat antioksidan
  • daun jati putih mampu mempercepat luka

Jadi, tertarik menggunakan Jati putih?

Scroll to Top