perbedaan kayu jati

Jati Belanda, merupakan jenis kayu jati yang memiliki warna dan karakteristiknya yang berbeda dibanding dengan jenis kayu jati lainnnya, ngomong-ngomong mengenai kayu jati, kita cari tahu dulu. Memang ada jenis kayu jati apa saja? tepatnya kayu jati memiliki beberapa jenis yang sudah populer dimasyarakat, seperti Kayu jati emas, kayu jati perhutani, kayu jati rakyat

Apakah Anda sudah tahu, memang perbedaannya apa saja? bukannya jenis kayu jati sama sama jenis kayu jati? bukan, tentunya jenis kayu jati rakyat, emas dan perhutani memiliki perbedaan yang spesifik dari tingkat karakateristiknya.

bahkan mengenai harga 3 jenis kayu jati tersebut bisa dikatakan berbeda. Mungkin sebagian dari Anda meyakini bahwa kayu jati hanya satu jenis saja melainkan beda grade nya saja.

Tapi kali ini kami akan memberikan beberapa perbandingan yang bisa Anda bandingkan untuk membandingkan jenis kayu jati dari jari rakyat, jati perhutani dan jati emas. Penasaran apa saja perbandingannya? berikut informasinya :

Mengenal beberapa jenis Kayu Jati

1. Kayu Jati Emas

Kayu Jati emas merupakan jenis kayu jati yang banyak dibubidayakan oleh kebanyakan orang. Karena kayu jati emas mampu tumbuh lebih cepat dan dapat hidup lebih lama dibanding dari jenis kayu jati lainnya.

Anda dapat menebang pohon jati emas hanya dalam kurun waktu 6 hingga 14 tahun saja, dan kayu jati emas tersebut sudah dapat dibentuk menjadi furniture rumah atau kayu komersial.

Tentunya, ciri – ciri dari kayu jati emas terdapat pada warna kulitnya yang memiliki warna kulit kayu lebih gelap dengan pori – porinya yang lebih besar, dengan warna kulit dalamnya yang berwarna cokat keemasan, tidak hanya itu saja kayu jati emas memiliki kelebihan yang cukup berbeda denga kayu jati lainnya :

Kelebihan Kayu Jati Emas

Kelebihan yang pertama ialah, usia dari pohon jati emas yang cukup lama, dengan pertumbuhan yang lebih cepat. Pohon jati emaspun memiliki batang yang lurus serta mudah untuk dibentuk sesuai kebutuhannya.

Harga dari kayu jati emaspun, memiliki harga yang tidak terlalu mahal atau bisa dikatakan terjangkau, dan untuk Anda yang mencari kayu jati emas, Anda dapat menemukannya dimana – mana saja, karena kayu jati emas mudah ditemukan

Demikian cuplikan informasi mengenai kayu jati emas, selanjutnya kami akan membahas informasi mengenai kayu jati Perhutani, berikut informasinya :

2. Kayu Jati Perhutani

Berbeda dengan jenis kayu jati satu ini, ya jenis kayu jati perhutani merupakan jati yang dirawat langsung oleh Dinas perhutani, Dinas perhutani merupakan badan usaha miliki negara yang memiliki wewenang dan tugas untuk menyelenggarakan, atau perlindungan hutan diwilayah di indonesia.

Itulah mengapa jenis kayu jati perhutani sangatlah istimewa, jenis kayu jati ini butuh perawatan spesial karena masa tumbuhnya yang cukup lebih lama dan membutuhkan atensi lebih, Jati perhutanipun membutuhkan waktu selama 20 tahun untuk tumbuh menjadi pohon yang siap untuk diolah, bahkan untuk penebangan jati pun tidak sembarangan.

Karena memiliki proses yang harus melewati izin dari dinas dan diseleksi untuk menentukan kualitas kayu jati yang sesuai standar, jadi untuk Anda yang ingin memiliki furniture atau material interior kayu jati perhutani, anda tidak perlu khawatir untuk memilihnya. Karena kayu jati perhutani, dipilh sesuai kualitasnya yang terbaik.

Baca juga : Produk terbaik kayu jati Perhutani

Kelebihan Jati Perhutani

Kelebihan kayu jati perhutani sangatlah jauh berbeda dari jenis kayu jati laiinya, karena kayu jati perhutani memiliki serat kayu yang sangat padat, dengan jenis kayu yang lebih kuat, serta memiliki warna yang terlihat lebih natural serta berteksture.

Diamater batangnyapun cukup besar, dan batang kayu jati perhutani lebih lurus dan mudah untuk ditebang, lalu yang paling pentingnya ialah, kayu jati perhutani memiliki kandungan minyak yang baik untuk kesehatan, hal tersebut membuat kayu jati perhutani sangatlah istimewa.

Selanjutnya, kita akan membahas jenis kayu jati selanjutnya yaitu, jenis kayu rakyat, penasarankan jenis kayu rakyat seperti apa? berikut informasinya :

3. Kayu Jati Rakyat

jenis kayu terakhir ialah, jenis kayu jati rakyat, kayu jati rakyat merupakan jenis kayu jati yang memiliki ciri – ciri yang unik, ialah jenis jati rakyat memiliki batang yang bengkok serta pori-porinya yang padat. Masa pertumubuhand ari jati rakyatpun lebih lama jika dibandingkan dengan jati emas.

Kayu Jati rakyat bisa ditebang setelah berumur 14 hingga 26 tahun, setelah umur sekian kayu jati rakyat dapat disulap menjadi bahan mabel atau bahan material lainnya.

Oleh karena itu kayu jati rakyat memiliki pori-pori yang padat karena masa petumbuhannya yang sedikit lambat, lalu ciri ciri dari kayu jati rakyat lainnya ialah, kayu jati rakyat memiliki gubal kayu yang sedikit dibandingkan jati perhutani dan jati emas.

Baca juga : cara Mengani lantai kayu rusak

Kelebihan Kayu Jati rakyat

Kelebihan dari kayu jati rakyat mungkin tidak terlau spesifik karena kayu rakat memiliki kelebihan dari harganya saja yang lebih murah, degan hasil kayunya yang dapat ditemukan dimanapun.

Bagaimana? Sudah mengenal perbedaan dari ketiga jenis kayu jati diatas? untuk soal kualitas dan mana yang terbaik mungkn kembali lagi kepada soal selera dan budget yang Anda miliki, karena kayu jati memiliki kualitas terbaiknya tersendiri sesuai selera pada tujuannya.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya gunakan jenis kayu yang berkualitas agar hunian atau furniture semakin lebih bernilai.

Scroll to Top