Kayu Ulin

Kayu Ulin Jenis Kayu Terkeras yang Sangat Populer

Jika Membahas mengenai jenis kayu, mungkin akan banyak jenis-jenis yang bisa dibahas. Namun, Jenis kayu apa saja yang Anda ketahui? mungkin hanya Jenis kayu Jati dan Merbau saja bukan? atau masih banyak jenis Kayu lainnya?

Tapi, apakah Anda tahu jenis kayu Ulin? mungkin jenis kayu ini tidak seterkenal dan sepopuler seperti kayu jati . Namun, Jenis kayu ulin memiliki keunggulan dan kelebihan yang lebih tinggi dari pada jenis kayu lainnya lho

Kayu merupakan material yang sering digunakan dijaman ini, dengan berbagai produk, kayu dapat digunakan dengan sangat apik, dari mulai digunakan untuk Lantai kayu, Furniture, bahkan sampai Pembuatan kapal.

Tidak semua jenis kayu dapat digunakan untuk beberapa interior, seperti lantai kayu jati tidak bisa digunakan untuk lantai kayu Outdoor, Namun, tidak dengan Kayu Ulin. Penasaran ada apa dengan Kayu Ulin? simak berikut ini :

Mengenal Kayu ulin, jenis kayu dengan banyak kegunaanya.

Kayu Ulin Merupakan jenis pohon yang sering ditemukan di berbagai wilayah diindonesia, Nama Lain kayu ulin yaitu Eusideroxylon zwageri kayu ulin Lebih terkenal di daerah Kalimantan, Kayu ulin Memiliki keunggulan-keunggulan yang lebih dibanding dengan beberapa jenis lainnnya, Seperti Kayu Jati, Merbau, Keruing dan jenis lainnya.

Pohon kayu jenis ini, merupakan pohon asli dari Indonesia dan Pohon Ulin termasuk golongan suku Lauraceae, untuk jenis pohon ulin biasanya dapat Tumbuh Menunjang tinggi mencapai 30/35 meter namun ada juga lo yang dapat tumbuh hingga 50 meter panjangnya, dengan diamater 60 sampai 120 cm.

Dengan demikian kayu ulin memiliki tingkat keras dan tingkat awet yang tinggi, berikut pembahasan mengenai tingkat keras dan awet kayu Ulin :

Tingkat Keras dan Awet dari Kayu Ulin asli Kalimantan

Tingkat keras kayu Ulin berada di kelas I dengan 1100 kg/m3 dibandingkan Jati yang hanya mencapai 900 Kg/m3 maka kayu Ulin ini termasuk jenis kayu keras Indonesia yang berada di jajaran kayu keras di dunia.

Selain tingkat keras yang baik, kayu Ulin juga memiliki tingkat kuat yang tinggi yaitu kelas I. Dengan tingkat kuat kayu yang tinggi membuat kayu Ulin ini tidak mudah patah meskipun ukurannya tipis sehingga sangat cocok untuk dijadikan Lambersering plafon kayu.

Tingkat awet kayu Ulin juga berada di kelas I membuat kayu Ulin ini bisa bertahan hingga puluhan tahun meskipun berada di kondisi cuaca ekstem. Yang menarik lagi, kayu Ulin akan makin keras jika semakin terkena air dan ini membuat kayu Ulin banyak digemari untuk dijadikan Decking.

Ciri khas dan warna dari Kayu Ulin

Kayu Ulin kalimantan memiliki warna coklat kekuningan sedangkan Ulin Sulawesi memiliki warna lebih gelap dengan coklat gelap.Meskipun warna kayu Ulin kalimantan ini coklat cerah agak kekuningan setelah digunakan cukup lama warna berubah menjadi lebih gelap hingga mendekati warna hitam.

Dengan begitu, kayu ulin semakin lebih terlihat estetik dan mewah, dengan perubahan warna yang sangat pekat karena terus menerus terkena air, bukan jadi masalah melainkan menambah tingkat keras dan awetnya. Karena kayu ulin semakin lama akan semakin Bagus kualitas.

Dapat bertahan dengan berbagai Macam Cuaca extream

JIka kayu ulin memiliki tingkat keras dan awet dan bisa bertahan dengan berbagai macam cuaca, dengan begitu kayu ulin sering digunakan untuk area luar atau decking, dan tidak hanya itu saja. Melainkan kayu ulin dapat dijadikan sebagai Jembatan juga.

Baca juga : Perbandingan Lantai Kayu Solid dan Lantai Tempel

Sudah, banyak masyarakat yang memanfaatkan keunggulan dari jenis kayu satu ini, dari mulai wilayah Jawa hingga papua, kayu ulin sering digunakan. Dengan banyaknya keunggulan kayu ulin memiliki harga jual yang cukup tinggi. Namun, hal tersebut akan terbayar dengan keunggulan keunggulan yang sangat fantastic.

kayu Ulin juga memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh masyararakat, berikut manfaat dari Kayu Ulin :

Manfaat dari Kayu Ulin kalimantan

Manfaat – Manfaat dari kayu ulin sudah banyak di rasakan oleh beberapa masyarakat yang ada diindonesia, bagaimana tidak disebut sebagai kayu terbaik, kayu ulin memiliki banyak manfaat dan karakteristik yang sangat tinggi. Berikut manfaat dari kayu Ulin :

  • Kayu Ulin memiliki nilai investasi yang tinggi
  • Kayu Ulin memiliki keistimewaan yang menfaat bagi segi ekologi
  • Biji dan buahnya bermanfaat bagi kesehatan Mahluk Hidup
  • Kayu ulin dapat digunakan untuk material pembuatan seni patung

Dengan manfaat itu, kayu ulin menjadi jenis kayu yang sangat diincer oleh masyarakat, apalagi kayu ulin dapat dijadikan sebagai material interior perhunian.

Beberapa produk material hunian sudah banyak di gunakan dan bahkan jadi incaran para kontruksi untuk dijadikan material rumah, Penasaran Produk interior apa saja yang dapat di pakai dari jenis kayu ulin? Berikut uraian.

Produk – Produk terbaik dari Kayu Ulin Kalimantan

Produk produk yang akan kami bahas merupakan beberapa produk yang sudah sangat populer dan merupakan produk unggulan dari jenis kayu ulin, Dengan beberapa kelebihan dari kayu ulin akan sangat baiknya jika Anda menggunakan produk kayu ulin. Berikut uraianya :

Plafon dan Lambersering Kayu Ulin berkualitas

Lambersering merupakan produk unggulan yang pertama akan kami bahas, apakah Anda sudah tahu apa itu lambersering plafon? Lambersering dan plapon adalah bagian yang sering digunakan untuk penutup area atap dan dinding Rumah, Lambersering kayu dibuat untuk menompang atap dengan nilai keindahan yang tinggi.

Dengan menggunakan lambersering membuat rumah Anda semakin aman dan menjadikan lebih mewah dan indah jika dilihat dari sudut visual mata.

Apalagi jika Anda menggunakan lambersering jenis kayu ulin, Anda sudah mendapatkan banyak keuntungan bukan? dimulai dari jenis kayu yang sangat awet dan keras, ditambah warna dari kayu ulin yang khas membuat ruma Anda semakin nyaman dan semakin indah. Yuk untuk mencoba lambersering jenis kayu Ulin

Tidak hanya di lambersering plapon saja, melainkan kayu ulin dapat juga digunakan untuk lantai kayu ooutdoor atau decking kayu ulin, berikut pembahasanya :

Lantai Outdoor Kayu Ulin yang Tahan Lama.

Kayu ulin yang sudah kita ketahui merupakan kayu yang memiliki kelas awet dan keras kelas 1, yang merupakan spesifikasi kayu yang cocok untuk digunakan sebagai lantai kayu outdoor. dengan begitu, produk selanjutnya yang terbuat dari kayu ulin adalah Decking kayu. Decking atau lantai kayu outdoor adalah produk yang digunakan untuk pijakan diluar ruangan.

biasanya, decking digunakan di beberapa tempat, seperti lantai tanaman, lantai teras dan pinggir kolam renang. tidak semua jenis kayu dapat digunakan untuk decking lantai kayu outdoor lho, hanya beberapa jenis kayu yang bisa digunakan untuk decking seperti :

  • Decking bengkirai
  • Decking Merbau
  • Decking Keruing
  • Decking Ulin

dari beberapa jenis decking diatas, menurut kami decking kayu ulin memiliki kualitas yang sangat tinggi dibanding 3 jenis decking lainnya, dan sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang mencari material decking kayu untuk menambahkan nilai keindahan diluar ruangan rumah Anda.

Demikian pembahasan mengenai jenis kayu terbaik dari kalimantan, yaitu kayu ulin.
Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, dan selamat menikmati lantai kayu Outdoor dan plafon terbaik dari Rajawali Parquet Indonesia.

Scroll to Top