lantai kayu ulin karaktertik kekurangan kelebihan

Kayu Ulin untuk Lantai parket & Decking

Lantai kayu Ulin – Kayu Ulin adalah salah satu jenis kayu yang dapat dipilih sebagai jenis penutup lantai. Namun, sebelum melanjutkan pembelanjaan lantai kayu ulin sebaiknya kita pertimbangankan kekurangan dan kelebihan dari kayu Ulin ini agar nanti anda tidak salah membeli.

Jenis lantai kayu untuk di pasang

Tidak semua lantai kayu menggunakan kayu asli, ada juga jenis lantai kayu yang terbuat dari sebuk kayu atau bisa di sebut laminated Flooring, ada lantai kayu yang terbuat dari campuran lantai kayu asli dan laminated flooring yang disebut engineering Flooring.

Kemudian jenis lantai kayu yang terbuat dari kayu asli disebut Solid wood Flooring dan jenis-jenis kayu yang digunakan sebagai solid wood Flooring juga banyak.

Salah satunya adalah kayu Ulin. Selain kayu Ulin, ada juga jenis kayu lain yaitu kayu Merbau, kayu jati, kayu Sonokeling, kayu Bengkirai, kayu Keruing dan lain-lain

Mengenal kayu Ulin

Kayu Ulin adalah kayu yang berasal dari Pohon Ulin kalimantan. Meskipun sebetulnya terdapat juga kayu ulin berasal dari Sulawesi namun kualitasnya berbeda, masih lebih bagus Ulin kalimantan. Pohon Ulin memiliki ciri fisik tinggi besar dan berbatang lurus. Pokoknya kayunya idaman bagi para tukang kayu.

Tingkat keras kayu Ulin

Tingkat keras kayu Ulin berada di kelas I dengan 1100 kg/m3 dibandingkan Jati yang hanya mencapai 900 Kg/m3 maka kayu Ulin ini termasuk jenis kayu keras Indonesia yang berada di jajaran kayu keras di dunia.

Selain tingkat keras yang baik, kayu Ulin juga memiliki tingkat kuat yang tinggi yaitu kelas I. Dengan tingkat kuat kayu yang tinggi membuat kayu Ulin ini tidak mudah patah meskipun ukurannya tipis sehingga sangat cocok untuk dijadikan Lambersering plafon kayu.

Tingkat awet kayu Ulin juga berada di kelas I membuat kayu Ulin ini bisa bertahan hingga puluhan tahun meskipun berada di kondisi cuaca ekstem. Yang menarik lagi, kayu Ulin akan makin keras jika semakin terkena air dan ini membuat kayu Ulin banyak digemari untuk dijadikan Decking.

Warna kayu Ulin

Kayu Ulin kalimantan memiliki warna coklat cerah agak kekuningan sedangkan Ulin Sulawesi memiliki warna lebih gelap dengan coklat gelap.

Meskipun warna kayu Ulin kalimantan ini coklat cerah agak kekuningan setelah digunakan cukup lama warna berubah menjadi lebih gelap hingga mendekati warna hitam.

Namun Jangan khawatir karena meskipun warnanya berubah kualitas kayunya justru akan semakin baik.

Kayu Ulin untuk lantai

Berdasarkan uraian diatas, kayu Ulin ini sangat cocok untuk dijadikan lantai karena sipatnya yang keras, kuat dan awet. Meskipun corak dari kayu Ulin tidak semenawan kayu Jati dan sonokeling tetapi untuk segi segi umur kayu Ulin ini akan jauh lebih panjang.

Lantai kayu Ulin untuk outdoor

lantai kayu untuk keperlian outdoor menjadi dominasi Produki kayu Ulin. Namanya Decking kayu Ulin, untuk spesifikasi lengkap, bisa lihat gambar di bawah :

Penggunaan kayu Ulin sebagai lantai kayu outdoor adalah pilihan terbaik karena kayu ulin sudah mempuni untuk di pasang di area luar ruangan seperti tahan perubahan cuaca, tidak mudah melengkung dan kuat sehingga sering juga di terapkan sebagai jembatan.

lambersering kayu Ulin

Dengan tingkat kuat yang tinggi membuat kayu Ulin ini dapat di belah hingga sangat tipis namun tidak mudah patah. Karakteristik kayu seperti ini sangat dibutuhkan untuk lambersering kayuna bentuk lambersering ini yang tips namun memanjang.

Bagaimana dengan penerapan di area Indoor ?

Jika anda berniat memasang kayu Ulin untuk keperlian indoor seperti untuk area ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga dan lain-lain ada produk lain yang lebih baik digunakan dibanding kayu Ulin.

Pertama ada Kayu jati.

Kayu Jati ini memiliki corak yang baik sehingga sangat bagus untuk digunakan sebagai hiasan lantai di ruang tamu atau di ruang keluarga.

Kedua ada kayu Merbau

Dengan menggunakan kayu Merbau nilai nilai positif untuk alami dari kayu merbau yang baik bagi tubuh akan membuat tubuh anda semakin sehat dan segar, sehingga sangat baik untuk digunakan di kamar tidur untuk memaksimalkan waktu tidur anda.

Untuk kayu Ulin sendiri karena tidak memiliki corak yang se estetik kayu Merbau dan kayu jati lebih banyak dimanfaatkan untuk outdoor dan lambersering.

Karena sangat di sayangkan juga dengan kualitas kayu Ulin sangat baik diterapkan di area luar ruangan digunakan di dalam ruangan.

Apakah anda berminat memasang kayu Ulin ?

silahkan langsung menghubungi marketing kami

Dari tadi bahas kelebihan kayu Ulin terus, kelemahannya mana?

setidaknya ada beberapa kelemahan dari kayu Ulin yaitu :

  • Kayu Ulin banyak di Buru oleh indurstri perkayuan sehingga keberadaannya saat ini cukup langka
  • Kayu Ulin ini sulit di Produksi kemudian saat pohon ulin tumbuh, waktun pertumbuhannya sangat lama
  • Karena kayu Ulin banyak diburu dan pertumbuhannya cukup lama membuat harga kayu Ulin ini menjadi sangat mahal.

Namun dengan kualitas yang diberikan oleh kayu Ulin, harga yang mahal tentu akan sebanding dengan apa yang akan anda terima.

Mungkin itu dulu ulasan mengenai kayu Ulin ini, jangan lupa share artikel kali dan semoga artikel kali ini daat bermanfaat bagi anda.

Scroll to Top