kelebihan dan kekurangan

Kayu merupakan material yang banyak dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan, dari mulai kebutuhan pengrajin ataupun kebutuhan bahan bangunan, atau untuk kebutuhan lainya. Kayu menjadi material andalan untuk saat ini.

Tentunya banyak jenis kayu yang bisa digunakan, dari mulai jati, ulin maupun merbau. Semua jenis kayu memiliki keunggulan dan karkateristiknya masing-masing, namun dari kebanyakan masyarakat belum sepenuhnya paham mengenai jenis jenis kayu unggul dan terbaik yang berasal dari Indonesia.

hanya saja yang melekat dalam pikiran masyarakat mengenai jenis kayu ialah jenis kayu jati saja. Karena kayu jati sangat populer dari waktu kewaktu, Namun, sudahkah Anda mengenal mengenai jenis kayu yang mulai populer satu ini ?

Rajawali Parket merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi bebagai macam produk dari bahan kayu merbau diantaranya :

lantai kayu merbau

Harga Lantai Kayu merbau mulai 180rb per meter persegi. check produknya pada link di bawah

harga lantai kayu merbau

Kayu Merbau, merupakan jenis kayu yang mulai populer dikalangan kontruksi dan pengerajin saat ini, karena memiliki warna unik dan karakteristik yang tidak kalah jauh dengan jenis kayu lainnya, untuk itu, kami akan memperkenalkan kepada Anda mengenai jenis kayu yang unik dan populer satu ini, berikut penjelasannya :

Asal Muasal dari Kayu Merbau

Jenis kayu merbau merupakan jenis kayu yang berasal dari Indonesia, jenis kayu ini sering ditemukan didalam dan luar pulau jawa seperti, Maluku, Kalimantan, Sulawesi bahkan Papua barat dan papua nugini.

Jenis kayu merbau bukan termasuk spesies jenis kayu yang ternacam punah, karena penanam kayu merbau semakin meningkat karena banyaknya meningkatnnya kebutuhan bangunan, apalagi kayu merbau tergolong material jenis kayu yang memiliki harga yang cukup terjangkau.

Hal itu, membuat para petani kayu merbau berbondong bondong untuk melakukan penanam terus menerus karena memiliki nilai jual yang tinggi, dengan itu Anda sangat bisa menggunakan jenis kayu tersebut untuk kebetuhan Material interior rumah Anda.

Ngomong-ngomong mengenai material interior, tentunya kami akan membahas mengenai hal tersebut namun, Anda perlu mengenal lebih dalam lagi mengenai jenis kayu merbau satu ini, untuk itu kami akan lanjut membahas mengenai Karakteristik dari kayu merbau. Simak berikut ini :

Karakteristik jenis Kayu Merbau

Warna dan Serat Kayu merbau

Tentunya semua jenis kayu memiliki keunikan dari jenisnya masing-masing, begitupun dengan Jenis kayu merbau, Kayu merbau memiliki warna yang sangat unik, karena warna dari kayu merbau yang anti mainstream dari jenis kayu jenis lainnya.

Kayu merbau memiliki warna kayu yang agak kemerahan, dengan serat lurus yang membuat jenis kayu merbau nampak seperti batok kelapa. dengan warna yang unik kayu merbau menjadi lebih populer dari jenis kayu jati, apalagi akhir-akhir ini banyak penggunaan kayu merbau untuk bahan interior rumah.

Tingkat keras dan Tahan Lama dari Kayu Merbau

selain digunakan untuk material interior rumah, jenis Kayu ini banyak dimanfaatkan untuk industri perkapalan, kontruksi bangunan bertingkat dan bantalan rel kereta api dan lantai kayu tentunya, karena kayu merbau memiliki tingkat kekerasan kayu yang mencapai angka tertinggi yaitu kelas keras kelas I dan tingkat kuat kelas I meski tingkat awetnya kelas II.

Dengan tingkat keras dan tahan lama dari kayu merbau, membuat kayu merbau sangat cocok dan sering direkomendasikan untuk beberapa kebutuhan yang membutuhkan material yang kuat. dengan itu, anda tidak perlu khawatir jika menggunakan jenis kayu merbau.

Lalu, bagaimana plus minus dari kayu Merbau ? penasaran? Berikut informasi yang bisa Anda ketahui

Baca Juga : Perbedaan lantai Kayu solid dan Lantai tempel

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KAYU MERBAU

Dibandingkan kekurangannya, kayu merbau memiliki banyak kelebihan, berikut beberapa ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan Lantai Kayu merbau.

KEKURANGAN KAYU MERBAU

  • Kayu Merbau Memiliki pori pori yang besar dibanding jenis kayu lainnya seperti kayu jati, sungkai,atau kayu lainnya. Maka dari itu, sebelum Anda menggunakan kayu merbau, Anda perlu mefinshing dengan Baik.
  • Apabila terkena air kayu merbau akan mengeluarkan Getah, sehingga penggunaanya dalam INDUSTRI LANTAI KAYU,   bahan kayu merbau harus di hindari penempatannya untuk area samping kolam, dan kamar mandi.
  • Biaya Produksi Kayu merabu lebih tinggi di banding kayu lainnya, selain kayu Ulin. Karena tingkat kekerasan yang tinggi, mata pisau akan lebih cepat Aus.

KELEBIHAN KAYU MERBAU

  • Warna kayu Merbau ini sangat unik, yaitu merah dengan serat yang lurus, mirip kayu kelapa sehingga akan membuat hunian tampak mewah dan elegan.
  • Stabilitas kayu yang sangat baik, susut muai rendah, dan tahan terhadap jamur pelapuk dan hama rayap, sehingga produk yang terbuat dari bahan kayu merbau memiliki umur pake yang sangat panjang.
  • di klaim banyak mengeluarkan ion negatif dimana ion negatif ini sangat baik untuk kesehatan

Manfaat dari Kayu Merbau

1. Minyak Pohon merbau untuk Obat Tradisional

mungkin tidak akan menyangka, jika pohon merbau bisa digunakan sebagai obat tradisional, namun faktanya pohon merbau bisa digunakan sebagai obat pengobattan, bukan kayunya melainkan minyak dan daun dari pohon merbau yang terbilang berkhasiat.

2. Bisa digunakan sebagai Tiang dan Bantalan Rumah

Tentunya karaktersitik dari kayu merbau sudah yang keras dan awet sudah terbilang sangat pas dan tepat jika Anda ingin menggunakannya sebagai tiang dan bantalan rumah. Hal tersebut membuat Anda tidak perlu khawatir mengenai kemanannya karena kayu merbau sangat kuat.

3. Bisa digunakan untuk Material interior Rumah

Manfaat satu ini merupakan keuntungan untuk Anda, karena Anda dapat mempercantik hunian rumah tanpa harus memikirkan keamanan dan keindahannya, karena kayu merbau sangat unggul dan hal tersebut.

bagaimana? sudah kenal dengan kayu merbau? dan jika anda ingin lebih mengetahui produk merbau terbaik untuk interior hunian Anda, Anda dapat membaca artikel berikut ini ;

Baca Selengkapnya : Mengenal lebih rinci produk – produk terbaik Kayu Merbau

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas. dan tentunya gunakan material interior berkualitas agar hunian menjadi yang terbaik!

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top