kelebihan dan kekurangan

kelebihan dan Kekurangan lantai kayu Merbau

Kayu merupakan material yang banyak dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan, dari mulai kebutuhan pengrajin ataupun kebutuhan bahan bangunan, atau untuk kebutuhan lainya. Kayu menjadi material andalan untuk saat ini.

Tentunya banyak jenis kayu yang bisa digunakan, dari mulai jati, ulin maupun merbau. Semua jenis kayu memiliki keunggulan dan karkateristiknya masing-masing, namun dari kebanyakan masyarakat belum sepenuhnya paham mengenai jenis jenis kayu unggul dan terbaik yang berasal dari Indonesia.

hanya saja yang melekat dalam pikiran masyarakat mengenai jenis kayu ialah jenis kayu jati saja. Karena kayu jati sangat populer dari waktu kewaktu, Namun, sudahkah Anda mengenal mengenai jenis kayu yang mulai populer satu ini ?

Kayu Merbau, merupakan jenis kayu yang mulai populer dikalangan kontruksi dan pengerajin saat ini, karena memiliki warna unik dan karakteristik yang tidak kalah jauh dengan jenis kayu lainnya, untuk itu, kami akan memperkenalkan kepada Anda mengenai jenis kayu yang unik dan populer satu ini, berikut penjelasannya :

Asal Muasal dari Kayu Merbau

Asal Pertumbuhan Kayu Merbau

Jenis kayu merbau merupakan jenis kayu yang berasal dari Indonesia, jenis kayu ini sering ditemukan didalam dan luar pulau jawa seperti, Maluku, Kalimantan, Sulawesi bahkan Papua barat dan papua nugini.

Jenis kayu merbau bukan termasuk spesies jenis kayu yang ternacam punah, karena penanam kayu merbau semakin meningkat karena banyaknya meningkatnnya kebutuhan bangunan, apalagi kayu merbau tergolong material jenis kayu yang memiliki harga yang cukup terjangkau.

Hal itu, membuat para petani kayu merbau berbondong bondong untuk melakukan penanam terus menerus karena memiliki nilai jual yang tinggi, dengan itu Anda sangat bisa menggunakan jenis kayu tersebut untuk kebetuhan Material interior rumah Anda.

Ngomong-ngomong mengenai material interior, tentunya kami akan membahas mengenai hal tersebut namun, Anda perlu mengenal lebih dalam lagi mengenai jenis kayu merbau satu ini, untuk itu kami akan lanjut membahas mengenai Karakteristik dari kayu merbau. Simak berikut ini :

Karakteristik jenis Kayu Merbau

Warna dan Serat Kayu merbau

Tentunya semua jenis kayu memiliki keunikan dari jenisnya masing-masing, begitupun dengan Jenis kayu merbau, Kayu merbau memiliki warna yang sangat unik, karena warna dari kayu merbau yang anti mainstream dari jenis kayu jenis lainnya.

Kayu merbau memiliki warna kayu yang agak kemerahan, dengan serat lurus yang membuat jenis kayu merbau nampak seperti batok kelapa. dengan warna yang unik kayu merbau menjadi lebih populer dari jenis kayu jati, apalagi akhir-akhir ini banyak penggunaan kayu merbau untuk bahan interior rumah.

Tingkat keras dan Tahan Lama dari Kayu Merbau

selain digunakan untuk material interior rumah, jenis Kayu ini banyak dimanfaatkan untuk industri perkapalan, kontruksi bangunan bertingkat dan bantalan rel kereta api dan lantai kayu tentunya, karena kayu merbau memiliki tingkat kekerasan kayu yang mencapai angka tertinggi yaitu kelas keras kelas I dan tingkat kuat kelas I meski tingkat awetnya kelas II.

Dengan tingkat keras dan tahan lama dari kayu merbau, membuat kayu merbau sangat cocok dan sering direkomendasikan untuk beberapa kebutuhan yang membutuhkan material yang kuat. dengan itu, anda tidak perlu khawatir jika menggunakan jenis kayu merbau.

Harga yang terjangkau dari Kayu Merbau

Memiliki tingkat keras dan kuat apalagi warna yang unik, pasti akan berpikir bahwa jenis kayu merbau memiliki harga yang tinggi bukan? namun hal itu keliru, karena kayu merbau memiliki harga jual yang cuku terjangkau, membuat Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya tersebut.

Baca Juga : Perbedaan lantai Kayu solid dan Lantai tempel

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KAYU MERBAU

Dibandingkan kekurangannya, kayu merbau memiliki banyak kelebihan, berikut beberapa ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan Lantai Kayu merbau.

KEKURANGAN KAYU MERBAU

  • Kayu Merbau Memiliki pori pori yang besar dibanding jenis kayu lainnya seperti kayu jati, sungkai,atau kayu lainnya. Sehingga apabila kita hendak melakukan Finshing Lantai Kayu Merbau, akan membutuhkan Bahan Finishing lebih banyak di banding kayu lainnya.
  • Apabila terkena air kayu merbau akan mengeluarkan Getah, sehingga penggunaanya dalam INDUSTRI LANTAI KAYU,   bahan kayu merbau harus di hindari penempatannya untuk area samping kolam, dan kamar mandi, Selain itu dalam kondisi permukaan kayu merbau yang belum di finishing, apabila di pegang dengan tangan yang berkeringat akan getah kayu akan menempel di tangan, dan susah untuk di bersihkan.
  • Biaya Produksi Kayu merabu lebih tinggi di banding kayu lainnya, selain kayu Ulin. Karena tingkat kekerasan yang tinggi, mata pisau akan lebih cepat Aus.

KELEBIHAN KAYU MERBAU

  • Warna kayu Merbau ini sangat unik, yaitu merah dengan serat yang lurus, mirip kayu kelapa sehingga akan membuat hunian tampak mewah dan elegan.
  • Stabilitas kayu yang sangat baik, susut muai rendah, dan tahan terhadap jamur pelapuk dan hama rayap, sehingga produk yang terbuat dari bahan kayu merbau memiliki umur pake yang sangat panjang.
  • di klaim banyak mengeluarkan ion negatif dimana ion negatif ini sangat baik untuk kesehatan

Manfaat dari Kayu Merbau

1. Minyak Pohon merbau untuk Obat Tradisional

mungkin tidak akan menyangka, jika pohon merbau bisa digunakan sebagai obat tradisional, namun faktanya pohon merbau bisa digunakan sebagai obat pengobattan, bukan kayunya melainkan minyak dan daun dari pohon merbau yang terbilang berkhasiat.

2. Bisa digunakan sebagai Tiang dan Bantalan Rumah

Tentunya karaktersitik dari kayu merbau sudah yang keras dan awet sudah terbilang sangat pas dan tepat jika Anda ingin menggunakannya sebagai tiang dan bantalan rumah. Hal tersebut membuat Anda tidak perlu khawatir mengenai kemanannya karena kayu merbau sangat kuat.

3. Bisa digunakan untuk Material interior Rumah

Manfaat satu ini merupakan keuntungan untuk Anda, karena Anda dapat mempercantik hunian rumah tanpa harus memikirkan keamanan dan keindahannya, karena kayu merbau sangat unggul dan hal tersebut.

merbau bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan interior seperti, lantai kayu indoor, Decking outdoor, dan Papan tangga rumah.

untuk itu, segera gunakan jenis kayu merbau sebagai material interior terbaik rumah Anda. Berikut akan kami ulas mengenai produk apa saja yang bisa Anda gunakan untuk Interior Terbaik rumah Anda. Simak pembahasan berikut ini :

BEBERAPA PRODUK DARI KAYU MERBAU LANTAI KAYU INDOOR

Produk Lantai Indoor Kayu Merbau

Produk utama yang bisa Anda gunakan ialah Lantai kayu indoor, siapa sih yang tidak ingin memiliki hunian dengan sisi keindahan yang tinggi dan alami? tentunya tidak adakan.

Untuk itu, jika Anda ingin membuat hunian terbaik Anda menjadi lebih cantik dan estetik dan aman. Anda bisa menggunakan Jenis Kayu Merbau sebagai material lantai indoornya.

Spesifikasi Produk

  • Nama Produk : Flooring Kayu merbau ( Non Grade )
  • Ukuran Produk : 1,5 cm x 9 cm x 30 – 90 cm dan 1,5 cm x 12 cm x 30 – 90 cm

Produk Lantai Outdoor Kayu Merbau

Tidak hanya digunakan untuk mempercantik area dalam rumah saja, melainkan Anda dapat menggunakannya untuk mempercantik dan merapikan tatanan area outdoor rumah Anda dengan Kayu Merbau.

Produk satu ini merupakan produk sangat populer dikalangan perumahan, untuk itu segera gunakan Produk Lantai Outdoor Kayu Merbau

Spesifikasi Produk

  • Nama Produk : Decking Kayu merbau
  • Ukuran Produk : 1,9 cm x 9 cm x 100 cm

PAPAN TANGGA KAYU

Kayu merbau memiliki batang yang memanjang, rata rata untuk usia 15 tahun batang tanpa dahan berkisar 20 meter. sehingga untuk mendapatkan papan lebar tanpa sambung dari bahan kayu merbau tidak sulit.

Seiring trend minimalis, banyak sekali tangga yang di tutupi dengan kayu merbau, atau penggunaan tangga layang menggunakan pijakan dari papan kayu merbau.

apabila anda berminat untuk menggunakan papan kayu merbau untuk area tangga, kami Rajawali Parket menyediakan Produk papan tangga merbau tanpa sambung.

Spesifikasi Produk

  • Nama Produk : Papan Tangga Merbau 1 layer – 2 layer
  • Ukuran Produk : 2,5 cm x 30 cm

Baca : Harga dan Spesifikasi Produk Kayu Merbau

Membedakan Kayu Merbau dengan Kayu Lainnya

Mungkin cara membedakan ini akan membuat Anda semakin kuat akan pemahaman dari Kayu merbau itu sendiri, Agar tidak salah membeli atau memesan barang, mari simak berikut ini :

Membedakan Kayu merbau dan Kayu Solid lainnya.

  • Pertama, Kayu merbau memiliki warna merah kecoklatan, mungkin setiap kayu memiliki warna yang sama bukan? nah cara membedakannya, kayu merbau mempunyai serat lurus seperti gambar diatas, karena hampir keseluruhan yang hanya memiliki warna dan serat lurus hanya kayu merbau saja.
  • Kedua, jika dibedakan dengan Kayu ulin, kayu merbau memiliki bobot berat yang lebih ringan, namun memiliki tingkat keras yang tinggi.
  • Ketiga, Jika dibandingkan dengan kayu jati, kayu merbau memiliki bentuk warna yang bisa dibedakan, jika jati memiliki warna coklat cerah, kayu merbau sebaliknya, memiliki warna coklat gelapa tau kemerah merahan.
  • keempat, Jika dibedakan dengan kayu tempel seperti laminate atau vinyl. Kayu merbau tampak lebih keras dan tidak lembek.

begitulah informasi mengenai Kayu merbau, Namun jika Anda masih ingin memastikan apakah itu merbau atau tidak, Anda bisa langsung menanyakan perihal kayu merbau dengan detail kepada pihak Marketing kami, dan Anda tidak perlu khawatir mengenai Quality dari Kayu merbau dari kami. Karena kami menyiapkan beberapa produk merbau dan kayu lainnya dengan tingkat kualitas yang tinggi.

Baca juga : Beberapa Hasil Project Material Kayu Merbau

BACA JUGA : Pemasangan Lantai Kayu Outdoor di Apartement Sthala Ubud Bali

RAJAWALIPARKET.NET, merupakan salah satu perusahaan kayu yang memproduksi ragam produk dari bahan kayu Merbau,

Fast Response Call/ WA 0811203032
Untuk Informasi lengkap,permintaan sample,atau survey bisa langsung menghubungi Marketing kami. dan bagi anda yang membutuhkan informasi produk dan harga lantai kayu terbaru klik disini Harga Lantai Kayu

Demikian Ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan lantai kayu merbau. semoga bisa membantu anda dalam menentukan pemilihan produk dari bahan kayu Merbau,

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top