Kayu Ulin

Kebutuhan material kayu saat ini sangatlah luas, terlebih berbagai jenis kayu saat ini banyak yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan hunian.

Salah satunya, ialah penggunaan materia lantai outdoor atau decking. Jenis kayu yang digunakanpun beragam jenisnya, seperti kayu jati, merbau dan jenis kayu yang sangat istimewa dari kalimantan.

Sudah tahu kayu ulin? ya salah satu jenis kayu dengan kualitas yang hampir sempurna satu ini, memiliki beragam manfaat karena keunggulannya. Sudah tahu bagaiaman karakteristiknya?

Bagi Anda yang penasraan dengan amterial kayu satu ini, yuk kiat simak beberapa informasi dari karakteristik, plus minus, hingga produk ulin yang bisa Anda gunakan. Berikut informasinya :

Mengenal Kayu Ulin asal Kalimantan

Artikel ini akan membahas beberapa informasi mengenai pohon ulin, dari karakteristiknya hingga produknya, maka dari itu simak terus agar Anda tidak terlewat informasinya :

karakteristik kayu ulin

Kayu Ulin Merupakan jenis pohon yang sering ditemukan di berbagai wilayah diindonesia, Nama Lain kayu ulin yaitu Eusideroxylon zwageri kayu ulin Lebih terkenal di daerah Kalimantan.

Pohon ulin, merupakan pohon asli dari Indonesia dan Pohon Ulin termasuk golongan suku Lauraceae, untuk jenis pohon ulin biasanya dapat Tumbuh Menunjang tinggi mencapai 30/35 meter namun ada juga lo yang dapat tumbuh hingga 50 meter panjangnya, dengan diamater 60 sampai 120 cm.

Hal ini menjadikan pohon ulin memiliki tingkat keras dan awet yang sangat tinggi, maka dari itu simak informasinya mengenai kayu ulin berikut :

Kayu ulin merupakan kayu keras dan awet

Tingkat keras kayu Ulin berada di kelas I dengan 1100 kg/m3 dibandingkan Jati yang hanya mencapai 900 Kg/m3 maka kayu Ulin ini termasuk jenis kayu keras Indonesia yang berada di jajaran kayu keras di dunia.

Selain tingkat keras yang baik, kayu Ulin juga memiliki tingkat kuat yang tinggi yaitu kelas I. Dengan tingkat kuat kayu yang tinggi membuat kayu Ulin ini tidak mudah patah meskipun ukurannya tipis sehingga sangat cocok untuk dijadikan Lambersering plafon kayu.

Tingkat awet kayu Ulin juga berada di kelas I membuat kayu Ulin ini bisa bertahan hingga puluhan tahun meskipun berada di kondisi cuaca ekstem. Yang menarik lagi, kayu Ulin akan makin keras jika semakin terkena air dan ini membuat kayu Ulin banyak digemari untuk dijadikan Decking.

Ciri khas dan warna dari Kayu Ulin

Kayu Ulin kalimantan memiliki warna coklat kekuningan sedangkan Ulin Sulawesi memiliki warna lebih gelap dengan coklat gelap. Meskipun warna kayu Ulin kalimantan ini coklat cerah agak kekuningan setelah digunakan cukup lama warna berubah menjadi lebih gelap hingga mendekati warna hitam.

Dengan begitu, kayu ulin semakin lebih terlihat estetik dan mewah, dengan perubahan warna yang sangat pekat karena terus menerus terkena air, bukan jadi masalah melainkan menambah tingkat keras dan awetnya. Karena kayu ulin semakin lama akan semakin Bagus kualitas.

Kuat Terahadap berbagai Cuaca

JIka kayu ulin memiliki tingkat keras dan awet dan bisa bertahan dengan berbagai macam cuaca, dengan begitu kayu ulin sering digunakan sebagai material untuk area luar

Salah satu manfaat yang sering digunakan dari kayu ulin ialah, Decking atau lantai outdoor, namun tidak hanya itu saja penggunaan kayu ulin kerap dijadikan bahan jembatan dan bahakan baku kapal laut.

Baca juga : cara pemasangan decking kayu

Banyak masyarakat yang memanfaatkan keunggulan dari jenis kayu satu ini, dari mulai wilayah Jawa hingga papua, kayu ulin sering digunakan.

Dengan banyaknya keunggulan kayu ulin memiliki harga jual yang cukup tinggi. Namun, hal tersebut akan terbayar dengan keunggulan keunggulan yang sangat fantastic.

Namun, Tdak hanya untuk kebutuhan material eksterior saja lho, melainkan kayu ulin memiliki manfaat lainnya, seperti informasi berikut :

Manfaat dari Kayu Ulin kalimantan

Manfaat – Manfaat dari kayu ulin sudah banyak di rasakan oleh beberapa masyarakat yang ada diindonesia, Berikut manfaat dari kayu Ulin :

  • Kayu Ulin memiliki nilai investasi yang tinggi
  • Kayu Ulin memiliki keistimewaan yang menfaat bagi segi ekologi
  • Biji dan buahnya bermanfaat bagi kesehatan Mahluk Hidup
  • Kayu ulin dapat digunakan untuk material pembuatan seni patung

Dengan manfaat itu, kayu ulin menjadi jenis kayu yang sangat diincer oleh masyarakat, apalagi kayu ulin dapat dijadikan sebagai material interior perhunian.

Beberapa produk material hunian sudah banyak di gunakan dan bahkan jadi incaran para kontruksi untuk dijadikan material rumah, Penasaran Produk interior apa saja yang dapat di pakai dari jenis kayu ulin? Berikut uraian.

Produk – Produk terbaik dari Kayu Ulin Kalimantan

Produk produk yang akan kami bahas merupakan beberapa produk yang sudah sangat populer dan merupakan produk unggulan dari jenis kayu ulin

Berikut beberapa produk terbaik dari kayu ulin, yang bisa dijadikan alternatif terbaik untuk kebutuhan hunian Anda. Berikut informasi produknya :

Lambersering Kayu Ulin Kalimantan

Lambersering atau material penutup dinding dan plafon meruapakan material yang banyak digemari oleh beberapa pemilik Hunian. Karena, pemakaian lambersering dinilai lebih effisien untuk memberikan nilai daya tarik yang sempurna.

Terlebih, Lambersering kayu ulin memiliki tingkat durabilitas yang tinggi, serta kualitas keras dan awetnya yang tidak perlu dipertanyakan lagi. lambersering bisa Anda gunakan untuk kebutuhan dinding dan atap.

Jika menggunakan Lambersering, maka dinding dan atap yang Anda gunakan akan lebih bernilai tinggi, terlebih suhu ruangan akan terosilasir menjadi lebih sehat

Maka dari itu, buat hunian semakin mempesona dengan material lambersering kayu Ulin berikut informasi spesifikasi dari produk lambersering yang bisa Anda gunakan

Spesifikasi Lambersering Kayu Ulin

Nama Produk : Lambersering Kayu Ulin
Warna : Coklat kehitaman
Ukuran : 1,1 cm x 8 cm x 100 up cm
Harga : Rp. 450.000 /m²

*Harga diiatas belum termasuk Biaya pemasangan

Decking Kayu Ulin kalimantan

Produk selanjutnya yang bisa Anda gunakan dari kayu ulin, yaitu Decking Kayu. Decking merupakan material penutup lantai yang terbuat dari lempengan kayu berkualitas tinggi seperti kayu Ulin. Penggunaan Decking bisa Anda aplikasi diseluruh area outdoor hunian. Seperti pinggiram kolam dan area taman.

Decking, tentunya harus memiliki tingkat keras dan awet yang tinggi, tentunya kayu ulin sudah memasuki spesifikasi seperti itu, jadi untuk pengugnaan decking dari kayu ulin Anda tidak perlu khawatir lagi.

Decking Kayu ulin, merupakan jenis material decking terbaik kesatu setelah Kayu merbau. Decking ulin memiliki keistimewaan dari segi warna dan tingkat keras karena kayu ulin jika terkena air akan merubah warna menjadi lebih gelap dan elegant, begitupun dari tingkat kerasnya, karena kayu ulin sering dikenal kayu besi karena saking kerasnya.

Decking kayu ulin menjadi material kedua yang banyak dipesan untuk kebutuhan material hunian, produk pertama yang banyak diicari yaitu kayu jati. Penggunaan decking ulin, tentunya sangat direkomendasikan. Berikut spesifikasi dari Decking Kayu Ulin, berikut informasinya :

Spesifikasi Decking ulin Kalimantan

Nama Produk : Decking Kayu Ulin
Warna : Hitam kecoklatan
Ukuran : 1,9 cm x 9 cm x 100 cm
Harga : Rp 870,000,- /m

*Harga diiatas belum termasuk Biaya pemasangan

Pasti Anda penasran bukan? mengapa produk ini laku dipasaran? untuk itu, Anda perlu mengetahui juga keunggulan dari kayu ulin satu ini, untuk itu yuk simak informasinya berikut ini :

Plus dan Minus Menggunakan material Kayu Ulin

Keunggulan Kayu Ulin

Penggunaan Material kayu ulin sangat berdampak baik untuk sebuah hunian, terlebih material satu ini memiliki beragam keunggulan yang tentunya sangat baik untuk para penghuni hunian. Berikut beberapa informasinya :

  1. Kayu ulin memiliki tingkat keras yang tinggi, Salah satu kelebihan tersebut sangat dirasakan bagi pemilik hunian, karena dengan tingkat keras dan awet yang mumpuni, menjadikan material ini sangat aman dan tentunya dapat bertahan hingga jangka waktu yang panjang
  2. Memiliki tingkat kerapatan yang baik, kerapat ini sangatlah berpengaruh bagi penggunaan decking dan lambersering tentunya dengan kerapatan ini membuat dinding tidak mudah bocor, dan lantai outdoor tidak mudah licin.
  3. Memiliki tingkat stabilitaas yang baik, dengan stabilitas ini membuat kayu ulin sangat rawan rusak karena cuaca, bahkan cuaca apapun hingga ekstream tidak akan membuat jenis kayu ulin menjadi rusak dan sebagainya.
  4. Sebagai Kayu terbaik didunia, dilansir dari berbagai sumber mengengatakan bahwa kayu ulin merupakan jenis kayu dengan predikat kayu terbaik pertama, untuk itu penggunaan kayu ulin tidak perlu di khawatirkan lagi.

Keunggulan lainnya, bisa Anda rasakan sendiri dengan menggunakan salah satu produk dari kayu ulin, untuk itu yuk segera pesan dan pasang material kayu ulin untuk kebutuhan ekterior hunian.

hal yang harus Anda ketahui tentang kayu ulin satu ini yaitu, kekurangannya. Tentunya material memiliki kelebihan dan kekurangannya, penasaran apa saja? yuk simak artikel satu ini :

Kekurangan Kayu Ulin Kalimantan

  1. Salah satu kekurangan dari kayu ulin yaitu, tidak bisa digunakan untuk kebutuhan furniture. kenapa? karena kayu keras satu ini sulit dibentuk. maka dari itu, kayu ulin banyak digunakan hanya untuk kebutuhan outdoor saja.
  2. Harga yang sangat mahal, hal ini bisa menjadi kewajaran karena kualitas dari kayunyapun tidak bisa dipungkiri lagi.

jadi, setelah Anda mengenal karakteristik, hingga plus minus dari kayu satu ini, sudah tahu? produk kayu ulin mana yang akan digunakan? Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas.

Marketing Rajawali Parket
0811203032
Segera pesan!

Scroll to Top