atap fiber

Salah satu material eksterior yang jarang dibahas namun penggunaannya sangat penting, yaitu Atap. Atap merupakan Salah satu elemen wajib dan penting untuk Hunian.

Berkat penggunaan Atap, hunian akan terlindungi dari berabagai macam cuaca, seperti panas dan hujan. Sehingga seluruh penghuni hinan akan aman dan nyaman, jika berada didalam rumah.

Material yang digunakanpun cukup beragam untuk Atap, seperti Atap spandek, sirap kayu, atau jenis atap fiber. Atap fiber termasuk salah satu variasi atap yang populer pada era modern saat ini.

Hampir, setiap hunian menggunakan material satu ini, karena memiliki beragam keunggulan yang sangat berdampak oleh penghuni. tapi, apakah anda tahu fiber itu seperti apa? Jika tertarik dengan pembahas ini yuk simak beragam informasi mengenai fiber dan informasi lainnya.

Mengenal Atap Fiber

Atap fiber merupakan material yang terbuat dari sebahan serat sintetis yang teridiri dari bahan kimia dan diolah dengan melewati serangkaian proses lainnya, agar menjadi sebuah lembaran atap yang bisa digunakan.

Ketimbang dengan jenis atap lainnya, seperti asbes, atap fiber jauh lebih aman jika digunakan, tidak berbahaya dan tentunya memiliki durablitias yang cukup koko terhadap berbagai macam cuaca. Hal ini menjadikan atap fiber sangat cocok untuk iklmi torpis seperti diindnonesia.

Atap Fiber alternatif pengganti atap kaca

Pernahkah Anda melihat atap kaca? ya tentunya penggunaan material tersebut agar ada cahaya yang masuk untuk menambah efektifitas cahaya untuk ruangan. Namun, penggunaan kaca sangat berbahaya jika terjadi guncangan gempa yang dapat mengakibatkan perpercahan.

Untuk itu, jika Anda mencari alternatif atap transparan, Anda dapat menggunakan atap fiber pada sebuah spot hunian, seperti gazebo, area luar rumah. Penggunaan atap fiber sangat cocok karena tidak terbuat dari kaca dan lebih kuat dengan material transafaran.

Baca juga : Ternyata menggunakan atap sirap kayu kalimantan, sangat unggul.

Penggunaan atap fiber dirasa cukup unggul, selain mirip dengan atap kaca. Ternyata atap fiber memiliki keunggulan yang mungkin sangat penting jika untuk instalasi atap. Mau tahu apa saja ? berikut plus dan minusnya :

Plus dan Minus penggunaan Atap fiber untuk Atap

Kelebihan atap FIber dijadikan Atap Rumah

1. Pemasangan yang Cepat dan Mudah

Jika dibandingkan dengan jenis atap lainnya, terkhususnya kaca. Atap fiber merupakan material yang jauh lebih cepat dan praktis dalam pemangannya.

Hal itu dikarenakan atap fiber memiliki bobot berat yang lebih ringan, bahkan lebih ringan dibanding material lainnya dan tentunya semakin ringan akan semakin aman.

2. Terdapat bentuk Gelombang dan datar

Atap fiber memiliki 2 model yakni bergelombang dan rata. masing-masing varian atap tersebut bisa Anda pilih sesuai konsep hunian. Namun, jika memerlukan atap dengan ekosistem air yang mengalir maksimal.

Kami sarankan untuk penguanan model fiber yang beregelombang. Dengan itu, fiber atap sanga menyesuaikan dengan keinginan Anda.

3. Atap Fiber anti bocor dan anti karat

Kelebihan lainnya, yaitu atap fiber tidak menimbulkan suara bising, sehingga suasana akan tetap tenang meskipun turun hujan. Selain itu, Anda tidak perlu takut untuk bocor dan berkarat, karena atap fiber bersifat antikarat dan antibocor sehingga dapat melinfungi hunian secara maksimal.

4. Fiber lebih sejuk dan hangat

Meskipun atap fiber dapat difungsikan sebagai akses pencahayaan alami, material satu ini tentunya dapat memantulkan kembali panas matahari sehingga ruangan yang berada di area fiber akan tetap terasa sejuk.

Supaya lebih tahan lama, dan Anda bisa memiliki fiber dengan lapisan anti-UV agar lebih awet dan tidak mudah rusak.

Pastinya setiap material indoor dan outdoor memiliki kelemahan juga, karena tidak ada material yang bersifat sempurna. Untuk itu, Anda perlu mengetahui salah satu kelemahan dari atap fiber. Untuk itu, simak berikut ini :

Atap fiber memiliki kelemahan dibalik juataan keunggulan

Atap fiber bersifat kaku

Beragam kelebihan dari atap fiber tidak menyeluhkan untuk kekuranganya. Pertama, Anda harus tahu bahwa atap fiber karakter cenderung kaku, sehingga cukup sulit dibentuk, selain itu, Atap fiber yang dilapisi warna lain, cenderung cepat luntur karena sifatnya yang tidak memiliki pori-pori.

Baca juga : Project Dekorasi Atap Menggunakan Plafon Kayu Pada Hunian

Harga Atap FIber

Atap FIber memiliki harga yang cukup terjangkau dengan kualitas dan spesifikasi material yang unggul, Atap fiber memiliki 47.000,- hingga 199.000,- tergantung merk dan ketebalan yang digunakan. Biasanya atap fiber memiliki ukuran standar yang banyak digunakan, ukuran tersebut diantaranya 1,5m x 150 cm.

Tentunya, semua hal tersebut kembali kepada tujuan dan fungsi dari materialnya dan juga budget yang disiapkan. Jadi sudah tahu dengan atap fiber? Demikianlah nformasi lengkap mengenai atap fiber yang bisa Anda gunakan. Segera perindah material fiber untuk atap yang lebih terang.

Scroll to Top