Apa itu Kayu Randu? Kenali Karakteristik & Manfaatnya Disini!

Kayu Randu

Kayu Randu – Termasuk negara berpenghasilan kayu terbesar di dunia, indonesia memiliki bergama jenis kayu berkualitas. Kualitas yang unggul, membuat kayu asal indonesia sendiri bisa digunakan untuk beragam kebutuhan.

Salah satunya untuk kebutuhan interior, eksterior hingga kebutuhan mebeul lainnya. Jika ditanya, jenis kayu populer asal indonesia mana yang banyak dicari? maka kayu jati menjadi jenis kayu pilihan. Namun terdapat beberapa jenis kayu yang kurang populer, namun cukup berkualitas.

Salah satunya, Kayu Randu. Randu atau dikenal dengan Kayu lapuk ini, tergolong kedalam jenis pohon dengan karakter batang yang besar dan tinggi, ketinggian kayu randu mampu tumbuh mencapai 8 meter, bahkan lebih dari 25 meter. Ukuran diamater batangnyapun bisa mencapai 4 meter

Walapaun tak sebagus kayu jati, dan jenis kayu populer lainnya. Namun, penggunaan kayu randu masih sering dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan lho, untuk itu yuk ketahui karakteristik asli kayu randu dan kegunaannya :

Karakteristik dan Kegunaan Kayu Randu

Asal dan Penyabaran Kayu Randu

salah satu fakta menarik dari Kayu randu, yakni pohon randu berasal dari utara wilayah Amreiak selatan,karibia dan amterika tengan. selain dikenal sebagai pohon randu, kayu satu ini kerap di kenal dengan sebutan pohon kapuk, istilah kapuk sendiri merupakan serat yang dihasilkan dari buah randu.

Walau berasal dari daratan amerika, pohon randu atau kapukpun telah tersebar dibeberapa neraga lainnya, seperti Asia dan afrika. Bahkan, kamu bisa dengan mudah menemukan pohon satu ini di Indonesia, sebab pohon randu menjadi salah satu komoditas hutan industri di Indonesia.

Kualitas Kayu Randu

Namun, kayu randu bukan berasal dari pepohonan yang pemanfaatannya untuk kebutuhan berat, seperti kayu jati, dan ulin, kualitasnyapun masih jarang digunakan untuk beberapa kebutuhan, sebab kayu randu memiliki kualitas yang rendah.

Salah satu kekurangannya seperti lapuk jika terkena air, dan mudah pecah. Hal ini dikarenakan, kayu randu termasuk golongan kayu dengan tingkat keawetan kelas V, dimana kayu berkelas V bersifat mudah lapuk dan keropos

Baca Juga : Ketahui Jenis Kayu Kelas I dan Keuntungan Menggunakannya

Kayu Randu sendiri, memiliki tampilan yang terbilang bagus dan terbilang tidak, warna kayu randu yang berwarna merah kecoklatan, dan keputihan ini menjadi jenis kayu yang kurang cocok untuk digunakan sebagai kebutuhan interior ataupun eksterior.

Walaupun memiliki kualitas yang terbilang rendah dan standar, beberapa produsen masih mempercayai kayu randu untuk beberapa kebutuhan. Apa saja kegunaan Kayu randu? berikut informasinya :

Kegunaan Kayu Randu

1. Material Papan Kayu

Kayu randu, kerap dimanfaatkan sebagai produk papan, mengingat kualitasnya yang rendah, papan kayu randu biasanya digunakan untuk kebutuhan yang ringan, seperti peti kemas, tambahan pembuatan lemari, jembatan sementara, dan sebagainya.

2. Bahan Baku Plywood dan Pulp

Meskipun tidak disarankan untuk digunakan sebagai kontruksi bangunan, namun dibalik kekurangan dan kualitasnya yang rendah, kayu randu atau kapuk kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan plywood dan pulp kertas, sebab ukuran batang yang lebar dan bobot kayu yang ringan.

3. Sebagai Penahan Coran atau Bekisting

Walaupun tak bisa digunakan sebagai material ini kontruksi, namun kayu satu ini masih bisa membantu dalam proses kontruksi lho, sebab kayu randu masih dimanfaatkan sebagai penahan cor-coran, atau sebagai bekisting.

Baca Juga : Ternyata ini Fungsi dari Beskisting! Yuk Ketahui Jenis – Jenis Terbaiknya

Sebab, penggunaan kayu randu sebagai beskisting memiliki harga yang cukup murah dan mudah didapatkan. Selain proses pengecoran yang tidak memerlukan jenis kayu bagus, membuat penggunaan kayu randu sebagai penahan cor-coran dirasa efektif dan direkomendasikan.

4. Sebagai Material Tekstil

Selain kayunya, pohon randu masih menjadi komuditas utama bagi beberapa masyarakat di Indoensia, sebab pohon randu masih bisa dimanfaatkan pada buahnya, yang dimana buah randu atau kapuk dimanfaatkan diberbagai industri diantaranya mebeul, serat buah randu digunakan untuk bahan isi bantal, kasur, hingga matras.

5. Sebagai Isolator Elektronik

Jika di idustri tekstil digunakan sebagai isian furniture, namun dalam kegiatan industri elektronik, serat buah randu kerap digunakan sebagai isolator panas atau peredam suara, sebab serat buah randu sangat tipis dan halus.

6. Manfaat dari segi Kesehatan

Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan industri, pohon randu kerap dimanfaatkan dari segi kesehatan, dimana buah dari pohon randu disinyalir mampu mengobati beberapa penyakit ringan hingga berat, seperti sariawan, mengencerkan dahak, menyembukan bekas luka, wasir, maag hingga gangguan penceranaan.

Jadi, tertarik memanfaatkan pohon randu?

Scroll to Top