atap galvalum

Pemilihan atap merupakan salah satu proses terpenting dalam membangun sebuah rumah. Atap dapat melindungi rumah dari berbagai cuaca seperti terik dan hujan serta membantu mempertahankan suhu rumah.

Selain karena fungsinya yang sangat penting, atap juga menentukan visual dari sebuah bangunan. Namun, banyaknya material yang bisa dijadikan atap membuat kita semakin bingung untuk menggunakan material mana.

Ingin tampilan atap rumah yang berbeda? Atap galvalum bisa menjadi solusi!, untuk Anda yang belum tau atap galvalum, pastikan anda tidak tercengang, karena atap satu ini memiliki beragam keunggulan dan kelebihan untuk hunian, penasaran? maka dari itu yuk kita kenali terlebih dahulu atap galvalum berikut ini :

Apa Itu Atap Galvalum?

Galvalum adalah salah satu jenis atap yang cukup populer belakangan ini. Atap galvalum merupakan sebuah atap dengan bahan baja ringan yang dilapisi oleh seng, alumunium, dan silikon agar tidak terjadi oksidasi.

Penggunaan atap galvalum menjadi jawaban terbaik untuk kebutuhan atap, walaupun ada atap sirap dari kayu ulin yang bisa Anda gunakan, karena memiliki keunggulan lebih. Namun, dengan budget yang minim, membuat Anda tidak masalah untuk memilih atap galvalum

Baca juga : Ternyata Kayu Ulin Bisa Digunakan Untuk Atap Sirap, Begini Kelebihannya.

Tentunya atap galvalum tidak kalah saing dengan atap sirap ulin, atap satu ini memiliki beragam keunggulan yang sangat berguna untuk sebuah hunian, apa saja itu? yuk kita simak keunggulannya

Bagaimana Kelebihan Atap Galvalum?

Sebelum memutuskan jenis atap apa yang akan Anda gunakan untuk tampilan rumah baru, Anda perlu mengetahui kelebihan dari bahan yang akan digunakan. Untuk membantu Anda mempertimbangkan, berikut beberapa kelebihan dari atap galvalum:

Atap galvalum bebas rayap

Rayap merupakan salah satu masalah paling serius yang kerap dihadapi dalam pembangunan atap. Rangka kayu mudah sekali diserang oleh rayap dan lapuk.

Apalagi jika bahan yang digunakan kurang bagus. Namun dengan menggunakan atap galvalum Anda tidak perlu mengkhawatirkan rayap karena bahannya tidak mengandung kayu.

Atap galvalum hemat biaya

Penggunaan atap galvalum dapat bertahan dalam kurun waktu yang sangat lama. Dengan menggunakan atap galvalum Anda tidak perlu repot-repot mengganti rangka atap sehingga lebih hemat biaya perawatan dan perbaikan.

Atap galvalum mempercepat pembangunan

Atap galvalum memiliki fisik yang tipis dan ringan. Hal ini memudahkan pemasangan atap sehingga proses pembangunan rumah Anda menjadi lebih cepat.

Untuk sebuah rumah minimalis hanya dibutuhkan waktu kurang lebih satu minggu untuk menyelesaikan atap.

Atap galvalum lebih fleksibel

Di masa ini orang-orang menyukai bentuk bangunan yang bervariasi dan estetis. Atap galvalum tidak hanya memiliki bentuk lurus, tetapi ada juga yang melengkung.

Atap galvalum dapat dipesan dengan panjang sesuai keinginan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Atap galvalum memiliki daya lindung tinggi

Atap galvalum sangatlah ringan bila dibandingkan dengan keramik atau tanah liat. Hal ini menjadikan beban fondasi bangunan menjadi lebih ringan sehingga ketahanan fondasi lebih awet.

Meski ringan, atap galvalum memiliki daya lindung yang kuat sekalipun di tengah cuaca ekstrem. Atap galvalum juga mengandung material yang bersifat tahan api atau non combustible sehingga tak kan rusak atau memperbesar api apabila terjadi kebakaran.

Atap galvalum multifungsi

Selain cocok dijadikan sebagai atap bangunan, atap galvalum juga cocok digunakan untuk berbagai macam keperluan. Atap galvalum bisa menjadi kanopi, atap garasi, hingga halte bus

Atap galvalum estetis

Bentuknya yang fleksibel membuat atap galvalum mudah untuk dikreasikan oleh arsitek ataupun desainer. Selain itu material atap galvalum membuat tampilan atap menjadi lebih mengkilap dan cerah. Atap galvalum juga ada yang memiliki warna sehingga dapat disesuaikan dengan selera.

Baca juga : Plafon Kayu Lambersering Untuk Interior Rumah

Bagaimana? begitu kayanya kelebihan dari atap galvalum, namun semua keunggulan tersebut pasti ada kekuranganya bukan? untuk itu Kami akan berikan beberapa informasi mengenai kelemahan atap galvalum, berikut infomasinya :

Apa Saja Kekurangan Atap Galvalum?

Selain kelebihan, tentu saja Anda juga perlu mengetahui kekurangan jenis atap yang akan digunakan untuk melengkapi rumah Anda. Berikut adalah beberapa kekurangan atap galvalum yang dapat membantu Anda mengambil keputusan :

Tidak semua tukang bisa memasang atap galvalum

Atap galvalum memang mudah untuk dipasang. Namun tidak semua orang familier dengan atap jenis ini sehingga dibutuhkan waktu lebih lama untuk menemukan tukang yang mampu memasangnya.

Keterbatasan tersebut bisa menjadikan biaya pemasangan atap galvalum lebih mahal daripada atap rangka kayu.

Atap galvalum mudah panas

Material atap galvalum tidak daapat menyerap panas. Hal ini menyebabkan suhu di dalam rumah menjadi lebih mudah panas di tengah cuaca terik. Maka dari itu atap galvalum kurang pas digunakan di daerah dengan cuaca yang cenderung panas

Atap galvalum lebih berisik daripada atap jenis lain

Bahan dasar atap galvalum adalah baja. Material tersebut menyebabkan atap rumah menimbulkan suara yang berisik ketika kejatuhan sesuatu dari atas seperti buah atau ranting patah. Saat hujan turun atap galvalum akan menimbulkan suara yang lebih nyaring daripada atap jenis lain.

Warna atap galvalum bisa memudar

Atap galvalum memiliki banyak pilihan warna. Namun, warna tersebut tidak berasal dari material alami di dalamnya sehingga dapat memudar apabila digunakan dalam jangka waktu panjang.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai atap galvalum mulai dari bahan, kelebihan, dan kekurangannya. Atap galvalum pada dasarnya memiliki banyak keuntungan, di antaranya lebih tahan lama dan memiliki berbagai pilihan warna yang menarik serta mengkilap.

Namun atap galvalum juga tidak dapat menyerap panas sehingga kurang cocok digunakan di wilayah dengan cuaca cenderung panas, Bagaimana? Apakah Anda tertarik mencoba atap galvalum?

Scroll to Top