genteng tanah liat

Memiliki sebuah hunian, akan kurang cocok jika tanpa kehadiran genteng, genteng itu sendiri merupakan material pelindung rumah dari berbagai macam cuaca, mulai dari hujan, dan sinar matahari yang panas.

Tentunya, material yang beragam yang bisa Anda gunakan untuk dijadikan material genteng ( penutup hunian ) namun, material yang sering Kita lihat dirumah-rumah adalah genteng tanah liat.

Pastinya, penggunaan genteng tanah liat dilakukan karena banyaknya kelebihan yang bisa dirasakan, walau setiap material pasti ada plus minusnya, namun genteng tanah liat sudah digunakan dari beberapa ratus tahun lhoo.

Ngomong-ngomong soal genteng tanah liat, sudah tahu material seperti apa? untuk Anda yang penasaran mengenai material satu ini, yuk kita simak ulasan yang akan dibahas menggenai material pelindung rumah. Berikut informasinya :

Apa itu Genteng Tanah Liat?

Genteng itu sendiri merupakan material penutup atap area luar, genteng itu sendiri berfungsi untuk menutupi rumah dari berbagai macam cuaca ekstream.

Genteng ini sebenarnya serupa dengan batu bata serta keramik yang dibuat secara tradisional, dan tentunya terbuat dari bahan tanah liat.

Dalam prosesnya, material ini dicetak kemudian dibakar pada tungku tradisional hingga kering. Selain dgunakan untuk kontruksi atap hunian.

Genteng memiliki beragam bentuk dan ukuran, yang dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan yang Anda inginkan. Tentunya material satu ini menjadi alternatif pertama, karena memiliki kelebihan yang unik, apa saja? yuk kita simak plus dan minus genteng Tanah liat. Berikut informasinya :

Kenali plus dan minus Genteng untuk Hunian

Kelebihan Genteng Tanah Liat

1. Genteng Tanah liat cukup Terjangkau

Kelebihan dari genteng tanah liat ini yaitu terdapat pada harga yang cukup terjangkau, dengan material yang terjangkau cukup menguntungkan karena akan mengurangi budgeting yang disiapkan.

Baca juga : Atap Galvalum, Atap Seperti Apa? Ternyata Ini Keunggulannya Untuk Hunian

Maka dari itu, genteng tanah liat ini bisa menjadi solusi. Ditambah, genteng tanah liat mudah ditemukan dimana-mana.

2. Kuat dan tahan diterpa cuaca Ekstream

Tanah liat terkenal dengan tingkat kuat dalam menahan beban, genteng ini sangat cocok untuk digunakan dalam melengkapi atap rumah tanpa perlu khawatir mengenai kekuatannya.

Genteng tanah liat, bisa melindungi para penghuni rumah dari hujan besar, bahkan sengatan matahari. Hal tersebut akan terjadi jika pemasangannya dilakukan secara hati hati dan rapat. Agar tidak ada celah yang masuk kedalam rumah.

3. Genteng buat sejuk Hunian

Jika atap fiber memberikan kehangatan, maka genteng tanah liat menyejukkan. Jenis atap satu ini sangat cocok jika digunakan diiklim tropis seperti indonesia.

Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan tanah liat yang mampu menahan panas dari matahari. Maka dari itu penggunaan genteng tanah liat mampu memberikan suasana hunian semakin sejuk.

4. Genteng Tanah liat termasuk Awet

Salah satu kelebihan yang perlu dimiliki setiap material hunian, yaitu tingkat keawetannya. Karena genteng satu ini terbuat dari tanah liat, maka jenis atap ini tidak busuk dan tidak dapat dirusak oleh serangga. Ditambah, atap genteng tanah liat tahan terhadap api.

Oleh karena itu, genteng tanah liat termasuk kedalam atap yang memiliki jangka tahannya yang sangat lama. Untuk itu, anda tidak perlu keluar budget lagi untuk memperbaiki atau menggantinya.

Pastinya, tidak ada material yang sempurna. Seperti atap satu ini yang memiliki kelemaannya juga, untuk itu sebelum Anda menggunakan material atap genteng tanah liat, yuk simak juga kelemaannya. Berikut informasinya :

Kenali juga kelemahan Genteng Tanah Liat

kekurangan dari genteng tanah liat, mungkin akan berakibat kurang baik untuk hunian, maka dari itu Anda perlu mengenalnya agar anda dapat mengantisipasinya, berikut kelamahannya :

1. Genteng mudah berlumut

Kelemahan yang wajar diterpa oleh genteng tanah liat yaitu berlumut, mengapa demikian? karena genteng yang terbuat dari tanah liat dan digunakan untuk area outdoor, walaupun tanah liat dapat melindungi penghuni dari hujan dan sinar matahari.

Namun, dengan terus menerus terkena air maka genteng akan berlumut juga, tapi jangan khawatir karena Anda dapat menggunakan cat lapisan anti jamur sebelum Anda menggunakanya.

2. Genteng Mudah patah

Kelemahan lainnya dari genteng tanah liat yaitu, mudah rusak atau patah. Penggunaan genteng tanah liat perlu kehati-hatian yang tinggi, karena genteng akan patah jika terjatuh dan terkena beban yang lebih berat. Maka dari itu, pada proses pengaplikasiaannya Anda perlu berhati-hati.

Baca juga : Ternyata atap ini yang kuat dan tahan patah, atap apa? kunjungi artikel ini

Bagaimana? Apakah Anda Akan menggunakan material genteng satu ini? ngomong-ngomong tentang tanah liat, sudah tahu cara pembuatan material satu ini?

Oleh itu, kami akan memberikan beberapa informasi singkat mengenai proses pembuatan genteng tanah liat, agar Anda mengetahuinya juga. Berikut informasinya :

Cara Membuat Genteng Tanah Liat

Berikut beberapa tahap pembuatan genteng tanah liat yang perlu Anda ketahui, sebelum Anda menggunakannya :

  1. Hal pertama dalam pembuatan Genteng yaitu pemilihan Bahan Baku.
  2. Lalu, tanah liat diolah dengan cara digiling dan dicampur dengan abu merang, pasir, serta pelumas
  3. Setelah itu, tanah liat dibentuk dengan menggunakan cetakan agar genteng pas dan tidak berantakkan
  4. Sesudah genteng terbentuk, baru genteng dimasukan kedalam pengeringan dengan cara dijemur dalam waktu 4-10hari
  5. Setelah kering, Genteng dihaluskan dengan cara dihamplas atau dibersihkan dengan pasir
  6. Setelah dirasa cukup, lalu proses terakhir yaitu dibakar agar genteng tanah liat semakin kuat.

Apakah Anda penasaran berapa sih harga dari material genteng tanah liat? dilansir dari beberapa artikel dan tempat penjualan, kami akan berikan estimasi harga dari material atap satu ini, berikut informasinya :

Harga Genteng Tanah liat

Seperti yang dibahas sebelumnya, genteng tanah liat termasuk material atap yang memiliki harga yang cukup minimalis, dengan harga yang tidak terlalu mahal penggunaan genteng tanah liat menjadi alternatif pilihan. Anda dapat membeli genteng tanah liat dikisaran Harga Rp 5000,- hingga Rp 15.000 tergantung bentuk dan kualitasnya. Murah bukan?

jadi, apakah Anda akan menggunakan material genteng untuk atap hunian? Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya selamat menikmati hunian terbaik dengan material berkualitas….

Scroll to Top