7 Cara Mengatasi Pipa Tersumbat Tanpa Perlu Ahli Tukang! Simak Ulasannya

Cara Mengatasi Pipa Tersumbat

Cara Mengatasi Pipa Tersumbat – Salah satu masalah yang sering terjadi dalam pipa saluran yakni Drainase air yang kadangkala mampet atau tersumbat, sehingga kamu perlu mengeluarkan budget untuk memanggil para tukang untuk membereskannya.

Pasalnya, pipa tersumbat tentunya akan sangat berpangaruh terhadap aktivitasi saluran keran dan lainnya, yang tentunya bisa mengganggu aktivitas rumah tangga. Tapi, ternyata ada lho cara mengatasi pipa tersumbat tanpa perlu ahli tukang.

Lalu, seperti apa cara mengatasi pipa yang tersumbat? Nah, pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum beberapa cara mengatasi pipa tersumbat dari para ahli. yang tentunya akan kami sampaikan, untuk kamu agar tak perlu mengeluarkan biaya, Kira-kira bagaimana? yuk simak ulasannya berikut :

7 Cara mengatasi Pipa Tersumbat Tanpa Ahli Tukang

Bagi kamu yang penasaran dengan cara memperbaiki pipa tersumbat tanpa perlu ahli tukang? yuk simak cara-caranya berikut :

1. Cara Mengatasi dengan Soda Api

Cara pertama yang bisa kamu lakukan selanjutnya yakni dengan menggunakan soda api, yang dimana soda api bersifat merusak. Tentunya dengan menggunakan cara ini, beberapa kotoran yang menyumbat akan hancur, untuk itu simak langkah penggunaannya berikut :

  1. Tentunya persiapan alat menjadi modal utama untuk mengatasi saluran air dengan air soda, kamu hanya perlu menyiapkan air panas sebagai pemicu soda api agar lebih reaktif
  2. Lalu menggunakan sarung tangan dan masker wajar, sebagai pelindung, mengingat soda api memiliki sifat yang keras dan berbahaya.
  3. Selanjutnya tuang soda api pada pipa parolan, kemudian beri air panas secara perlahan lahan, lakukan pendekatan ini berulang kali hingga pipa paralon mengalir dengan lancar.
  4. Namun meski demikian ada beberapa bagian saluran air yang harus dimatikan terlebih dahulu, agar proses penghacuran kotoran yang menyumbat menjadi lebih mudah.

2. Mengatasi saluran mampet dengan pasir Kasar

Langkah selanjutnya untuk memperbaiki saluran yang mampet yakni dengan menggunakan pasir kaca, tentunya cara satu ini cukup mudah hanya saja kamu perlu mengalirkan paralon dengan air keran kemudia menuangkan pasir kasar kedalamnya.

Masukan pasir hanya sebanyak 2 genggam saja, dan jangan terlalu banyak, kemudian masukan selang kompresor bertekanan tinggi dan tutup lobang paralon dengan rapat, kemudian buka kembali aliran kotoran pada kompresor, lalu lihat hasilnya.

3. Lemon dan Cuka alternatif mengatasi saluran Mampet

Jika dirasa 2 cara diatas terlalu sulit untuk kamu lakukan, kamu bisa menggunakan cara selanjutnya hanya dengan menggunakan soda dan cuka dapur, ditambah dengan perasan air lemon dan asam kuat untuk mengatasi pipa tersumbat.

Cara ini bisa kamu terapkan dengan teknik pembersihan seperi cuka dan soda diatas, selain fungsi membersihkan lemonpun bisa mengurangi kadar minyak yang membandel pada wastafel sehingga membuat wastafel tampak jauh lebih bersih.

4. Mengatasi mampet dengan Sabun Cuci Piring dengan Air Panas

Selain digunakan untuk mencuci piring, kamupun bisa menggunakannya untuk mengatasi pipa tersumbat diwastafel dengan cara satu ini.
Kamu hanya perlu mencampurkan sabun cuci piring dengan air panas kemudian bilas dengan air biasa secara perlahan, walaupun tak seeffisien diatas, namun cara ini termasuk yang mudah.

Baca Juga : Apa itu Pipa Tembaga? Yuk kenali Fungsi, Jenis Hingga Kelebihannya

5. Pembersih Bahan Kimia

eits, tunggu ada lho bahan kimia yang fungsinya untuk membersihkan saluran pipa, yaps, dipasaran kamu bisa mendapatkan banyak produk bahan kimia yang bisa membersihkan pipa yang tersumbat dengan mudah.

Adapun, pembersih bahan kimia yang memiliki sifat tidak korosif, sehingga aman digunakan sebagai cara mengatasi pipa tersumbat. Tentunya cara ini menjadi tahapan termudah yang bisa kamu gunakan, karena kamu hanya perlu membeli bahan pembersih dan melakukan tahapannya.

6. Menggunakan Baking soda dan Air Panas

Cara praktis selanjutnya yang bisa kamu gunakan yakni dengan menaburkan baking soda kedalam pipa kemudian dipadukan dengan air panas dan dibilas seperti biasa. Beberapa informasi mengatakan cara ini bisa dilakukan secara maksmial dengan tambahan baking soda atau lemon.

7. Menggunakan Pemutih Baju

Selanjutnya cara terakhir yang bia kamu gunakan untuk mengatasi saluran air mamper yakni dengan menggunakan Pemutih Baju. Cara ini cukup simple untuk kamu lakukan.

Namun pastikan tidak ada cairan yang mengenai tangan serta pengaplikasiaannya dilakukan di ruang dengan sirkulasi baik, jika ingin lebih aman pastikan kamu menggunakan sarung tangan dan kaca mata Pelindung.

Baca Juga : 7 Desain terbaik Untuk Kamar mandi dan Rahasia Material Kayu untuk Kamar Mandi.

Berikut beberapa langkah-lankah pengaplikasiannya, antara lain :

  • Tuangkan Pemutih Baju sebanyak 200ml kedalam saluran air
  • Lalu, diamkan selama 5-10 menit agar kotoran terangkat
  • Bilas dengan sedikit air secara berkala hingga bersih dan bau pemutih tercium
  • lakukan berulang hingga saluran mengalir dengan lancar.

Jadi, cara mana yang akan kamu lakukan?

Scroll to Top