Mengenal Dinding Precast Beserta 5 Jenis & Plus Minusnya!

Dinding Precast – Seiring kemajuan teknologi pada kontruksi bangunan, membuat metode pembangunan beralih dari metode satu kemotode lainnya. Tentunya, dengan perkembangan tersebut, membuat banyaknya varias bahan material dan sistem pelaksanaan yang baru, yang tentunya lebih memudahkan dalam pengerjaan.

Salah satu hasil inovasi dibidang bangunan yang saat ini banyak diunggulkan, yakni adanya dinding beton precast. Produk dinding ini bisa mendukung peningkatan produktivitas pekerjaan dalam sebuah proyek besar dengan cepat.

Hal tersebut dikarenakan, dinding satu ini telah dicetak dan dibuat terlebih dahulu dipabrik dengan dasar bahan yang kuat. Pastinya, saat dinding sudah tersedia dengan bentuk yang diinginkan, para kontruktor tak perlu repot untuk membangun ulang diarea kontruksi.

Tentunya, precast dibuat dengan ketentuan denga bahan yang mengutamakan kekuatan dan kestabilan struktur agar memperhatikan segi waktu, biaya, dan cara pengerjaan.

Tak hanya itu, masih banyak informasi menarik yang akan dibahas berikut, mengenai dinding pra cetak satu ini. Diantaranya :

Apa Itu Dinding Precast?

Singkatnya, Dinding precast merupakan segala tau sebagian dari elemen struktur yang dibuat atau dicetak terlebih dahulu di fabkarikasi secara terpisah dan berbeda dengan lokasi kontruksinya, dan kemudian dipasang menjadi suatau struktur utuh pada bangunan.

Karena Terbuat dari fabrikasi, dinding pracetak ini dibuat berdasarkan cetakan dan ukuran yang sudah disesuaikan dengan kondisi lokasi pembangunan, sehingga Anda tak perlu khawatir jika ukuran dan bentuknya berbeda.

Tak hanya itu saja, beton pracetak inipun melalui perawatan khusus terlebih dahulu, dengan standar yang berlaku, hingga mencapai umur perawatan.

Penggunaan dinding inipun sudah banyak digunakan dalam berbagai kontruksi bangunan, seperti perumahan, perindustrian, gedung, dan masih banyak kontruksi lainnya.

Karena dimanfaatkan diberbagai kondisi bangunan, sehingga produk dinding ini memiliki beberapa jenis, yang bisa disesuaikan dengan kondisi bangunan. Nah, agar kamu bisa mengenal jenis Beton precast, berikut beberapa jenis dan manfaatnya :

Jenis-Jenis Dinding Beton Precast

1. L-Shape

Jenis L-shape merupakan produk dinding yang berbentuk L yang digunakan untuk kepentingan sebagai penahan dinding yang ideal, penggunaan penahan ini diunggulkan untuk pemasangan yang lebih cepat.

2. Box Culvert

gorong gorong atau jenis Box Culvert ini merupakan kontruksi yang dibuat untuk kepentingan saluran air dalam tanah. Biasanya, box culvert tersedia dengan ukuran yang bervariasi, sehingga bisa digunakan untuk jembatan kecil, saluran air, jembatan kereta, dan sebagainya.

Penggunaan jenis dinding precast ini sangat praktis saat pemasangannya, dan tidak memerlukan pengecoran ataupun pemasangan besi besin yang memakan banyak biaya. Box culvertpun kedap terhadap masukan air tanah dan tetap menyatu saat terjadi pergeseran tanah.

Baca Juga : Rabat Beton, mulai dari Fungsi, Keunggulan, dan Tips Menarik

3. U – Ditch

Berbeda dari Box colvurt, jenis precast U-dict ini merupakan kontruksi pengganti selokan atau drainase, dimana bentuknya berbentuk U, atau lingkaran yang tanpa ujung.

Spesifikasi dinding precast U-ditch pun cukup bervarasi, tergantung dari kebutuhan yang dinignikan. Sehingga, Anda bisa memilih bentuk dan ukuran sesuai yang dikerjakan.

4. Barrier

Jika kamu Pernah melihat pembatas jalan berbahan beton yang membatasi lanjur jalan, maka kontruksi tersebut dikenal dengan road barrier. Sebenarnya produk road barrier tak hanya terbuat dari beton saja.

Ada juga yang terbuat dari fiber yang berisi air, biasa pembatas ini identik dengan warna merah. Selain menjadi pebatas jalan, fungsi lainnya dari road barrer yakni menutupi area pembangunan.

5. Mini Pile

Mini pile sendiri merupakan pondasi tiang suatu bangunan, dimana prsoes pemasangannya dilakukan dengan metode pancang atau hidrolik. Biasanya, jenis precast digunakan untuk menyangga pondasi bangunan gedung, jembatan, dermaga, dolken dan sebagainya.

Baca Juga : Apa itu Pondasi Tapak? Ketahui Pengertian, Jenis, Fungsi hingga Kelebihannya

Kelebihan Pakai Dinding Precast

Walaupun penggunaannya jauh lebih baru dibanding dengan beton konvesional lainnya, namun beton pracetak ini ternyata memiliki beragam kelebihan, diantaranya :

  • Waktu menjadi lebih hemat saat proses pengerjaan kontruksi
  • Kualitas jauh lebih baik dan terjamin, bahkan melebihi standar dinding pada umumnya
  • Penggunaannya sangat praktis, hanya tinggal menempatkan sesuai kebutuhannya
  • Ramah lingkungan, dan tidak menimbulkan limbah, sehingga sangat direkomendasikan
  • Lebih murah dan ekonomis, sehingga lebih mengehemat biaya kontruksi.

Kekurangan Menggunakan Dinding Pra Cetak

Walaupun terdapat banyak kelebihan dalam penggunaannya, dinding precast tak jauh dari kekurangannya, seperti :

  • Rawan terjadi deviasi, atau proses pemasangannya yang perlu ketelitian yang baik, sehingga tidak menyebabkan perubahan ukuran
  • beton precast relatif kurang fleksibel, sehingga memerlukan alat berat saat proses penggunaannya
  • Karena produk ini dibuat langsung secara pabrikasi, sehingga kamu memerlukan ruang untuk menyimpan produk satu ini.

jadi, sudah megenal dinding precast?

Scroll to Top