6 Keunggulan Kaca Tempered dari Kualitas & Ketahanan Panas

Keunggulan Kaca Tempered

Keunggulan Kaca Tempered – Jika membicarkan perihal kaca, tentunya material bening ini memiliki banyak jenis yang bisa Anda gunakan. Namun, salah satu jenis kaca yang populer saat ini yaitu Kaca tempered.

Pada umumnya kaca tempered banyak digunakan sebagai tambahan untuk elemen interior rumah, salah satu interior yang sering menggunakan material tersebut ialah pintu dan Atap.

Hal ini dikarenakan kaca tempered lebih dikenal memiliki kualitas yang lebih unggul, ketimbang kaca biasa. Untuk itu jika Anda sedang mencari dan kebingungan memilih jenis kaca mana yang cocok untuk Hunian.

Yuk, untuk mengenal lebih dekat dengan material kaca tempered, dengan mengenal karakateristik dan plus minus jika menggunakan kaca satu ini. maka dari itu simak informasi berikut :

Mengenal Kaca Tempered

Hal yang penting sebelum mengenal kelebihan dari material kaca satu ini, Anda perlu mengenal terlebih dahulu dari Kaca Tempered.

Kaca tempered merupakan material kaca yang pembuatannya dilakukan dengan cara dikeraskan dengan memanaskan kaca biasa dengan suhu 700*c.

Proses selanjutnya ialah dengan mendinginkannya secara mendadak, dengan menyemprotkan udara secara merata kedua sisi permukaan tersebut, setelah itu terbentuklah kaca tempered yang memiliki kualitas lebih unggul dibandingkan kaca biasanya.

lalu, apa perbedaan kaca Tempered dan kaca biasa?

Perbedaan pertama yang jelas terlihat dari kaca tempered dan kaca biasa yaitu terlihat garis hitam semar dipermukaan saat terkena sinar matahari pada kaca tempered, dan yang paling utama bahwa kaca tempered 500% lebih kuat dibanding kaca biasanya.

Seberapa kuat Kaca Tempered?

Jika ditanya, seberapa kuat kaca tempered? Kekuatan kaca tempered ternyata 5 kali lebih besar dibanding kaca biasa dan bahkan lebih kuat dibanding kaca laminate

kekuatan tersebut bisa Anda tes dengan cara memukul kaca tempered menggunakan stik ball, dijamin kaca tempered tidak akan pecah.

Hal ini dikarenakan kaca tempered memiliki ketebalan 5 milimeter, hanya saja kaca tempered pecah jika dibenturkan dan terkena beban sebesar 1.500 kg per cm2.

Tidak hanya memiliki tingkat kekuatan yang sangat keras, melainkan kaca tempered memiliki beberapa keunggulan yang perlu Anda ketahui juga. berikut informasinya :

Keunggulan Kaca Tempered untuk Hunian

1. Kaca Tempered Lebih Aman

Salah satu keunggulan dari kaca tempered yang nyata dan paling terasa yaitu Kaca tempered ini memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan desain kaca tempered yang lebih kuat membuat kaca ini terhindar berbagai macam kerusakan, apalagi untuk hal sepele seperti lecet lecet.

Tapi, jika suatau saat tempered ini rusak, Kaca ini tidak akan membahayakan karena pecahannya yang tumpul dan berbentuk seperti kerikil.

2. Kaca tempered lebih kuat

Jika tadi kaca tempered lebih aman dari pada kaca biasa walaupun pecah, namun tidak hanya itu saja ternyata kaca tempered memiliki kemungkinan jauh lebih kecil untuk pecah.

hal ini karena kaca tempered telah melalui proses penguatan. Bahkan sangking kuatnya, kaca tempered dapat menahan beberapa cuaca seperti angin kecang, goresan, bahkan cuaca buruk lainnya.

3. Anti gores dan Anti Pecah

Kelebihan kaca tempered selanjutnya yang banyak digunakan untuk kebutuhan hunian seperti jendela, dan paritisi rumah. Yaitu daya tahannya yang sudah teruji dan dapat menahan goresan.

Baca Juga : 7 Jenis Kaca Anti pecah yang paling umum untuk Hunian

Terlebih kaca tempered tidak akan rusak walau pengaruh waktu yang sangat panjang. Maka dari itu Anda dapat menggunakan material kaca ini tanpa perlu menghawatirkan apapun.

4. Dapat Menahan Suhu Panas

Jika kaca reguler dapat pecah karena terkenal sinaran matahari dan suhu panas yang tinggi. Sementara itu kaca tempered ternyata lebih kuat terhadap suhu panas.

Hal ini karena kaca tempered telah dibuat sedimikian rupa untuk tetap bertahan meskipun ditengah suhu panas tinggi. Untuk itu inilah alasan mengapa kaca kamar mandi dan dinding yang terus terairi suhu panas menggunakan kaca tempered.

5. Memiliki beragam bentuk desain

Tidak perlu khawatir jika kaca temperad tidak bisa diatur sesuai pola yang Anda inginkan, karena kaca tempered memiliki beberapa pilihan pola dan desain yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Opsi tersebut bisa Anda dapatkan seperti pola kaca tempered buram, opsi beralur, berwarna bening dan berukir. Opsi Tersebut tersedia untuk Anda plih sesuai keinginan.

Dengan demikian, Anda masih bisa berkreasi untuk hunian dengan kebutuhan tempered yang beragam.

6. Kaca Tempered Mampu bersaing melalui Kualitas

Kualitas kaca tempered yang diproses sesuai SOP dan kebutuhan yang mumpuni, membuat kaca satu ini bisa Anda unggulkan. Hal ini bukan semata perihal kekuatan, kejernihan, warna dan bentuk kacanya saja.

Baca Juga : Cara membersihkan kaca Jendela dalam Hitungan menit! Simak Ulasannya

Melainkan Anda pasti akan emndapatkan kualitas kaca tempered dengan tingkat kejerniha secara crystal clear. pasinya hal ini takan merusak rancangan desain interior rumah Anda dan sebaliknya, justru hunian Anda akan semakin sempurna dengan material kaca satu ini.

Jadi, Apakah Anda akan menggunakan material kaca tempered?

Scroll to Top