Perbandingan Kayu bengkirai dan kayu ulin, Ketahui mana yang Harus dipilih!

perbandingan kayu bengkirai dan Kayu ulin

Perbandingan Kayu bengkirai dan kayu ulin – Memiliki jenis kayu yang beragam, tentunya menjadi kesempatan menarik untuk kamu para produsen interior maupun kebutuhan mebeul.

Mungkin, diantara kita sudah mengenal beberapa jenis kayu dengan kualitas tinggi, dimulai dari jenis kayu ulin hingga kayu bengkirai, kedua jenis ini memiliki keunggulan dari tingkat keras dan ketahannya terhadap air.

Maka tak heran jika kedua material tersebut bisa kita jumpai dengan mudah dipasaran, walaupun memiliki keunggulan yang sama, namun kedua jenis tersebut memiliki perbedaannya lho.

Apalagi dari segi karakteristik, warna, dan harga. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan kayu bengkiria dan ulin lebih dalam, artikel ini menjadi artikel yang tepat, untuk itu yuk simak ulasannya berikut :

Ketahui Karaktersitik Kayu Bengkirai dan Kayu Ulin

Ketahui perbandingan dengan mengetahui kualitas hingga karakteristik dari kedua jenis kayu diatas, untuk lebih rinci berikut informasinya :

Jenis Kayu Bengkirai

Kayu Bengkirai merupakan jenis kayu asal indonesia yang pertumbuhanya banyak dijumpai dikawasan hutan tropis seperti Kalimantan hingga Sulawesi, bahkan tak jarang jika kamu menemukan pohon bengkirai diluar indonesia, salah satunya tersebar di Asia ternggara seperti Malyasia dan Filipina.

Ukuran Pohon Bengkirai

Memiliki ukuran yang cukup tinggi hingga mencapai 40 meter, dengan diamternyanya bisa mencapai sekitar 129 cm, pohon bengkiraipun memiliki tampilan kayu berwarna kuning kecoklatan, sehingga kerap dikenal dengan Kayu Yellow Balau.

Proses pengolahannya, kayu bengkriai mampu kering dalam waktu 12 hari hingga 1 bulan pada suhu normal, yang dimana setelah kering, kayu bengkirai bisa diolah untuk beragam kebutuhan, dari mulai kebutuhan properti, mebeul, kerajinan hingga lainnya.

Baca Juga : Mengenal Karakteristik Kayu Bengkirai dan 3 Kelebihan untuk Bahan Kontruksi

Jika ditimbang, bobot kayu bengkirai memang lebih berat dari kayu jati ataupun jenis kayu lainnya, bahkan menariknya tekstur kayu bengkirai akan terasa lebih kasar ketika diraba dengan menggunakan tangan secara langsung.

Lalu, bagaimana dengan karakteristik kayu bengkirai? sebelum membandingkan antara kayu bengkirai dan kayu ulin, kamu perlu mengetahui beberapa kualtias dan karakteristik kayu bengkirai, seperti berikut :

Karakteristik Kayu Bengkirai

  • Memiliki bentuk yang mudah dibentuk sehingga kayu bengkirai sangat mudah untuk diolah
  • Memiliki tampilan yang cantik, dengan warna cerah yang cocok untuk beragam kebutuhan
  • Tekstur keras dan padat sangat berpengaruh pada tingkat ketahan terhadap rayap dan serangga
  • memiliki ketahanan yang kokoh dengan tingkat keawetan yang lebih lama
  • Bisa digunakan untuk beragam kebutuhan, baik itu indoor maupun Outdoor
  • memiliki potensi melengkung yang lebih rendah dibanding kayu lainnya

bagimana dengan perbandingan kayu bengkirai dan ulin? eits, sebelum melangkah keperbandingan, lebih baik kamu mengenal terlebih dahulu beberapa infromasi menarik dari Kayu Ulin, seperti berikut :

Jenis Kayu Ulin

Jenis Pohon yang berasal dari akwan tropis satu ini, terkenal dengan sebutan kayu besi, hal tersebut dikarenakan kualitas kayu yang diatas rata-rata, kamu bisa dengan mudah menemukan pohon ulin dibeberapa wilayah di Indonesia, seperti Kalimantan, Papua dan kawasan tropis lainnya.

Ukuran Pohon Ulin

Pohon Kayu ulin terkenal dengan bentuk pohonnya yang raksasa, hal tersebut dikarenakan pohon ulin bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 50 meter, sedangkan dimaternya mampu sebesar 120cm.

Baca Juga : Kayu ulin : Mengenal Karakteristik – manfaat – produk terbaiknya

Mengingat teksturnya yang keras dan padat, sudah pasti jenis kayu satu ini memiliki ketahanan dalam berbagai cuaca, hingga serangan rayap. Bahkan, dari beberapa fakta, kayu ulin kerap digunakan untuk kebutuhan interior dan outdoor, hingga kebutuhan keras lainnya, seperti Bahan baku perkapalan, bantalan rel, tiang, hingga kebutuhan keras lainnya.

karakteristik Kayu Ulin

  • Memiliki tekstur yang kaut dan kasar, sehingga kerap digunakan untuk kebutuhan berkualitas tinggi
  • Aroma yang khas menjadi ciri khas dari kayun ulin
  • Memiliki julukan kayu besi, sehingga kayu ulin tak bisa diserang oleh serangga dan rayap
  • Tahan terhadap perubahan suhu ekstream
  • Memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga bisa dijadikan investasi jangka panjang

Sudah mengetahui ciri khas dan karakteristik dari kedua kayu tersebut? jika sudah, selanjutnya kamu bisa mengenal beberapa perbandingan kayu bengkirai dan kayu ulin dari segi kontruksi, untuk itu simak ulasannya berikut :

Perbandingan Kayu Bengkirai dan Kayu Ulin

Berikut beberapa perbadingan kayu bengkirai dan kayu ulin dari segi kontruksi dan kualitasnya, untuk lebih mudah memilih jenis kayu terbaik, ketahui perbandingan berikut :

1. Mana yang harus dipilih untuk kebutuhan Kontruksi?

Jawabannya : Kayu Ulin cocok untuk dipilih, alasannya? Jika ditanya mana yang terbaik untuk dipilih sebagai bahan kontruksi? maka kayu ulin bisa menjadi pilihannya, hal tersebut dikarenakan kayu ulin termasuk kedalam kayu kelas I dan awet I, dengan kualitas tersebut tentunya sudah tidak diragukan lagi.

Apalagi warna kayu ulin yang cantik, tentunya memiliki daya tarik tersendiri untuk kebutuhan kontruksi. Walaupun demikian, kayu bengkiraipun bisa kamu pilih sebagai material pengganti kayu ulin dengan harga yang lebih murah.

2. Mana yang harus dipilih untuk kebutuhan Furnture?

Jawabannya : Kayu Bengkirai cocok untuk dipilih, alasannya? Kebutuhan furniture tentunya perlu material yang lunak dan mudah diolah untuk dibentuk dalam produk apapun, jenis kayu bengkirai bisa kamu gunakan untuk kebutuhan tersebut.

Bukan tanpa sebab, material dengan tingkat keras yang lebih lunak dibanding kayu ulin tentunya mampu mempermudah dalam pengolahannya terhadap produk furniture, namun tak salah juga jika kamu memilih kayu ulin, hanya saja tingkat kerasnya memerlukan waktu yang lama.

3. mana yang harus dipilih untuk kebutuhan lantai Outdoor hunian?

Jawabannya : Kedua kayu tersebut, jika ditanya mana yang terbaik untuk dipilih untuk lantai luar ruangan, maka kebutuhan tersebut bsia kamu gunakan dengan kedua jenis tersebut, kayu ulin menjadi material yang banyak dicari untuk kebutuhan decking.

Biasanya, kayu ulin kerap digunakan untuk beberapa area seperti Pooldeck, balkon, dermaga, teras rumah, dan sebagainya. Begitupun kayu bengkirai, yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan tersebut, hanya saja kayu bengkirai memiliki warna cerah dan harga yang lebih terjangkau.

Tentunya, kamu bisa memilih sesuai selera dan kebutuhannya masing-masing, sebab kedua jenis tersebut memiliki kualitas yang sama-sama unggul dalam bidang apapun.

Jadi, jenis mana yang akan kamu pilih? Kayu Bengkirai atau Kayu Ulin?

Scroll to Top