5 Jenis Countertop Anti Gores dan Anti Pecah, ketahui Cara Memilihnya

Jenis Countertop Dapur – Dalam membangun dapur yang ideal, tentunya Anda perlu memperhatikan banyak hal yang ada didalamnya, seperti tata ruang dapur, desain kabinet, perkakas, hingga yang tak boleh terlewatkan yaitu sebuah Countertop.

Countertop sendiri merupakan bagian penting yang memiliki permukaan datar seperti meja, yang digunakan sebagai pusat dalam kegiatan didapur, seperti menyiapkan makanan, memotong, menata, hingga sebagainya.

Seperti bagian dapur lainnya, countertoppun memerlukan sentuhan estetik, dalam pemilihan material yang digunakan. materialnyapun tidak bisa sembarang, mengingat permukaan ini rentan terkena panas, tumapahan air, hingga goresan pisau, sehingga material yang digunakan perlu ketahanan dan kualitas yang mumpuni.

Untuk itu, agar bisa mendukung akitvitas di dapur lebih maksimal, kamu perlu mengenal beberapa jenis countertop berikut, dimana jenis dibawah merupakan material yang paling banyak dipilih, dengan kualitas terbaik. Beberapa jenisnya, seperti :

5 Jenis countertop Anti Gores dan Anti Pecah

Berikut beberapa material countertop terbaik yang bisa dipilih, berserta kelebihan dan kekurangannya :

1. Countertop Kayu Solid

Material Kayu dikenal dapat menghadirkan suasana alami pada hunian, dimana penggunaannya sebagai countertop dapat menghandirkan sensasi yang lebih natural pada dapur Anda. Biasanya, jenis kayu yang digunakan, berbahan kayu jati.

Dimana, jenis tersebut merupakan jenis terbaik bagi pembuatan furnitur, atau interior hunian. Dengan corak alami pada permukaan kayu, tentunya dapat memberikan pengalaman memasak yang lebih hangat, terbih serat kayu yang halus, mampu mempermudah dalam proses potong memotong.

Baca Juga : Kenali Jenis Kayu Kelas I untuk Meja, dinding, hingga Lantai

Penggunaan Countertop kayupun memiliki beberapa kelebihan dibanding jenis lainnya, salah satunya seperti tahan terhadap panas, memberikan tampilan dapur yang lebih hanat, tersedia dalam berbagai motif dan lapisan khusus, hingga perawatan countertop yang lebih mudah

2. Material Beton

Jenis countertop berbahan beton menjadi tren saat ini, selain bentuk dan tampilannya cocok utnuk konsep indusstrial yang kekinian, jenis inipun memiliki tingkat ketahanan dan kekokohan yang sangat baik lho.

Dimana, produk berbahan dasar beton, memiliki sifat yang tahan panas, tidak mudah tergores, hingga perawatan yang mudah. Bahkan, Anda bisa melakukan variasi sendiri dengan corak dan warna yang tersedia.

Hanya saja, material beton pada dasarnya bertekstur ksar, sehingga memerlukan coating untuk tekstur countertop yang lebih licin dan nyaman.

3. Countertop Keramik

Salah satu jenis yang bisa dipilih, dengan budget yang lebih ekonomis, yaitu dengan menggunakan countertop keramik. Material keramik sendiri, lebih dikenal sebagai material lantai seribu umat, selain itu countertop keramikpun dapat digunakan dengan ragam warna, corak dan ukuran.

Satu tips menarik, saat ingin menggunakan countertop jenis satu ini, yaitu menggunakan bahan keramik untuk lantai, dimana bahan lantai memiliki tingkat ketebalan yang bagus, serta tidak mudah retak, ketimbang material keramik untuk dinding.

4. Countertop Stainless steel

Jenis stainless steel dikenal dapat memberikan tampilan yang lebih bersih, modern hingga profesional untuk kebutuhan countertop dapur. Dikenal dengan material yang tahan terhadap panas, noda, hingga goresan, tentunya menjadi material yang cocok untuk kebutuhan memasak Anda.

Perawatannyapun tidak terlalu rumit, bahkan terkesan mudah. Hanya saja, stainless cederung rentan terhadap goresan halus, sehingga saat ingin memotong bahan makanan, pastikan Anda menggunakan alas. jenis countertop stainless steel sangat cocok digunakan pada konsep dapur industrial.

Karena secara keseluruhan, material yang terbuat dari stainless steel mampu bertahan dalam waktu yang lama, membuat harga yang ditawarkanpun terkesan lebih mahal ketimbang 4 jenis diatas, walaupun demikian, jenis ini cocok untuk Anda pilih.

5. Countertop Solid Surface

Mungkin, jenis countertop solid surface menjadi jenis yang paling banyak digunakan, selain digunakan untuk meja countertop, material inipun kerap diaplikasikan pada meja dapur, wastafel, hingga kebutuhan kitchen set.

Solid surface sendiri merupakan campuran partikel akrilik, yang dicampur dengan bahan resin yang dicetak menjadi lempengan, material ini sudah digunakan sejak hampir 50 tahun dengan berbagai kebutuhan lainnya.

Kelebihannyapun lebih berbeda dari jenis biasanya, dimana countertop berbahan solid surface, memberikan tampilan yang berkilau, sehingga terkesan lebih mewah dan elegant.

Apalagi, jenis ini tahan terhadap noda, tidak menyerap cairan, mudah diperbaiki, bahkan lebih murah ketimbang marmer, granit. Jenis inipun tersedia dengan berbagai pola dan warna yang unik.

Baca Juga : Material backsplash, Pelindung dapur yang Lebih Tahan Noda dan Minyak

Tips Memilih Countertop untuk Dapur Anda

Berikut beberapa Tips memilih countertop yang pas untuk dapur Hunian Anda, diantaranya :

  1. Pastikan bahan yang digunakan memiliki kualitas baik, terhadap ketahanan goresan, noda, lembab dan panas. Agar meja countertop tidak mudah kotor dan tidak pecah.
  2. Jangan gunakan bahan berbahan kimia, mengingat meja dapur digunakan untuk memasak atau motong bahan makanan, sehingga mengitisipasi bahan kimia yang tercampur pada bahan-bahan makanan.
  3. Pilih Harga yang sesuai dengan budget yang disiapkan, selain bahan countertop mahal, Anda pun perlu mempersiapkan Biaya pemasangan.
  4. Pilih warna dan tekstur yang sesuai dengan tema ruangan dapur, agar meja countertop dan dapur menyatu dengan natural, sehingga aktivitas memasak lebih nyaman dan estetik.

Jadi, tertarik menggunakan countertop pada area dapur Anda?

Scroll to Top