Manfaat Kayu Kelapa dan Kualitas yang Jarang Diketahui

mengenal kayu kelapa

Kayu Kelapa – Di Indonesia itu sendiri merupakan negara yang memiliki beragam aneka jenis kayu berkualtias, itulah sebabnya mengapa kayu indonesia tak sekedar jadi bahan baku furniture saja.

Nilai jual yang tinggi, serta pemanfaatannya yang beragam menjadi nilai identik dari jenis kayu hasil alam Indonesia, itulah yang menjadikan indonesia sebagai negara penghasil kayu terbaik.

Selain kayu merbau dan jati, kayu kelapapun menjadi bagian jenis terbaik yang bisa dipilih. Tentunya, kualitas dan tampilannya memiliki nilai jual terbaik, namun sebagus itukah? Agar lebih mengenal jenis kayu satu ini, yuk simak beberapa penjelasannya berikut :

Mengenal Kayu Kelapa

Pohon Kelapa atau dikenal dengan nama latinnya yaitu Cocos Nucifera L merupakan jenis pohon yang termasuk keluarga tanaman Palmacae dan golongan onocotyledonage.

Dimana bisa menemukan Pohon Kelapa?

Pohon kelapa atau biasa disebut juga dengan Pohon nyiur ini bisa Anda temukan pada daerah atau kawasan tepi pantai. Maka dari itu jika Anda bertempat tinggal didekat pantai, maka Anda akan mudah menemukannya.

berhubung pohon kelapa sering dimanfaatkankan kayunya sebagai bahan furniture, namun yang perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis kayu bisa digunakan untuk kebutuhan furniture lho.

Usia berapa kayu kelapa bisa digunakan?

melainkan Pohon kelapa yang dapat dijadikan bahan kayu, yaitu pohon kelapa yang berusia minimal 60tahun, terutama kayu ini yang digunakan harus diolah terlebih dahulu dengan pengolahan secara alami dan proses pemadatan/densifikasi terlebih dahulu.

Ciri Pohon Kelapa

Ciri pohon kelapa yang bisa Anda ketahui yaitu, pohon ini memiliki batang tunggal dengan akarnya yang berbentuk serabut, terlebih kayu kelapa memiliki struktur yang tebal hingga berkayu dan berkermumun membentuk bonggol.

warna pohon kelapa

batang dari pohon kelapa mempunyai bentuk silinder berwarna cokelat, atau cokelat keabuabuan dengan diameter pohon mencapai 20-30 cm yang biasanya tumbuh miring.

Uniknya lagi, batang dari pohon kelapa ini dapat menjaga diameter pohon kelapa dengan konsisten dari bawah hingga ujung atas. dan tentunya, tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja melainkan Anda bisa menggunakan kayu dari pohon kelapa.

Pemanfaatan Kayu dari pohon kelapa ini tentunya dapat menguntungkan Anda, terlebih kayu dari pohon kelapa banyak digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, termasuk furniture. Bagaimana dengan karakteristik kayunya? berikut informasinya :

Karakteristik Kayu Kelapa

Panjang Kayu

Karakteristik dari kayu kelapa yang pertama yaitu, jenis kayu ini memiliki panjang yang cukup tinggi, bahkan kayu ini bisa dibilang lebih panjang dari jenis kayu lainya, hal tersebut dikarenakan ukuran dari kayu mencapai 5 hingga 30 meter.

Tingkat Keras dan awet kayu

Kayu glugu atau kelapa ini memiliki struktur kayu yang bagus dan kuat, sehingga jenis sangatlah kokoh, serta memiliki tingkat keras yang sangat baik. Dengan Berat rata-rata kayu mencapai 0,74 membuat kayu ini termasuk kayu kelas kuat II ( Berat Jenis 0.6.09).

Baca juga : yuk kenalan dengan Kayu ulin! Jenis kayu terkeras di dunia

Warna Kayu Kelapa

Tidak Hanya panjang dan masuk kedalam kayu kuat kelas II saja, melainkan kayu ini memiliki tekstur yang kasar, dengan warna kayu berwarna kemerahan, dimana kayu satu ini memiliki kesamaan dengan kayu merbau

Dengan karakteristik itulah kayu satu ini mampu dijadikan sebagai bahan baku furniture maupun bahan material bangunan lainnya, terlebih banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan lho. Apa saja? Berikut informasinya :

Kelebihan dan Kelemahan Kayu Kelapa

Kelebihan Kayu

  • Bentuk Kayu Stabil, salah satu kelebihan dari kayu ini yaitu ukuran kayu yang tidak mudah melengkung saat proses finishing, hal inilah mengapa kayu kelapa sangatlah stabil.
  • Tahan Terhadap Rayap, tekstur kayu yang keras dan kuat membuat karakteristiknya sangat tahan terhadap berbagai macam, salah satunya yaitu Rayap dan Jamur.
  • Tidak Mudah Rusak, jika Anda menggunakan Kayu ini sebagai bahan furniture, maka Anda tidak perlu takut untuk tergores, dan lecet karena kayu ini sangatlah kuat.
  • Mudah perawatan, jika dirasa jenis kayu lainnya sulit dalam perawatan, kayu ini sangatlah mudah dalam perawatannya.
  • Manfaat yang beragam, salah satu kelebihan lainnya yaitu Kayu ini mudah diolah untuk Furniture, Lemari, Meja makan, Kursi tamu, Ranjang dan lainnya.

Kekurangan Kayu

  • Memiliki daya tahan terhadap air yang rendah, sehingga tekstur dairkayu tersebut akan lapuk jika terkena air terus menerus.
  • Tekstur serat yang kasar, bisa membuat kayu menjadi tajam dan rentan melukai tangan.
  • Memiliki kondisi kayu lembab, membuat kayu ini sangat tidak cocok jika digunakan di area luar.
  • Proses pengolahan yang terbilang sulit, tentunya hal ini membutuhkan teknik yang tepat untuk mengolah serat kayu yang kasar

Bagaimana? tertarik menggunakannya? walaupun memiliki kekurangan yang terbilang banyak, kayu satu ini masih bisa dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan lho. Apa saja? Berikut beberapa manfaatnya :

Beragam Manfaat Kayu Kelapa

Pelapis atap yang Kuat dan Murah

Manfaat kayu Kelapa yang pertama selain untuk bahan baku rangka atap, ternyata kayu ini sangat cocok lho untuk dijadikan plafon atau langit-langit Hunian.

Tentunya, hal tersebut dikarenakan tampilan dan kekuatan dari kayu ini yang cukup unggul, sehingga penggunaannya bisa dijadikan plafon rumah yang lebih ekonomis.

Material Dinding yang Kuat dan Natural

Salah satu manfaat dari kayu selain furniture yaitu pemanfaatannya yang beragam, seperti penggunaan kayu ini untuk dinding. Pasalnya, dinding yang terbuat dari kelapa akan menghadirkan nilai hunian yang eksotirs dan natural. Terlebih kayu ini sangat kokoh meski harus dengan perwatan yang khusu.

Baca juga : Ingin Hunian tampak natural? Lambersering Kayu Solid bisa menjadi jawaban!

Material Lantai Rumah yang Ekonomis

Kayu ini tentunya bisa anda gunakan untuk kebutuhan lantai Bangunan, karena tekstur kayu yang keras dan kokoh, ditambah warna dan pila serat dari kayu ini yang indah.

Namun kayu ini tidak tahan terhadap air, untuk itu kami sarankan untuk menggunakan lantai kayu jati saja sebagai alternatif lantai indah lainnya.

Furniture dan kerajinan Kayu

Seperti yang disinggung dibeberapa bahasan sebelumnya, bahwa kayu kelapa identik dengan material furniture atau material hiasan untuk Hunian. Untuk itu, manfaat terbaik dari kayu ini yang bisa Anda kerjakan yaitu penggunaannya sebagai Material Furniture.

Jadi, apakah Anda akan menggunakan lantai kelapa untuk kebutuhan material?

Scroll to Top