Kayu mindi

Mengolah sebuah material interior, atau kerajinan furniture tentunya harus mengenal terlebih dahulu bagaimana karakteristik, plus minus dan keunggulan dari material tersebut. Terlebih jika ingin menggunakan material jenis kayu solid, hal tersebut pastinya harus Anda pelajari lagi.

Karena banyaknya jenis kayu yang bisa Anda gunakan, dari beragam jenis tersebut, membuat Anda semakin teliti untuk memilih jenis mana yang pas sesuai kebutuhannya. Seperti, salah satu jenis kayu yang mungkin sedikit asing untuk Anda ketahui, namun memiliki beragam manfaat dan keunggulan.

Kayu Mindi, sudah tahu dengan jenis kayu satu ini? tentunya kayu mindi merupakan jenis kayu yang cukup populer diindonesia yang terkenal dengan karakteristiknya yang dapat menyaingi kayu jati.

Penasaran bagaimana dengan kayu satu ini? berikut akan kami sampaikan mengenai karakteristik, plus dan minus lalu keunggulan untuk interior hunian. Berikut informasinya :

Karakteristik Kayu Mindi

Kayu mindi merupakan jenis kayu yang memiliki karakteristik yang menarik, pada masanya kayu satu ini memiliki warna yang terang dengan serat kayunya yang berwarna kuning kecoklatan. Maka dari itu kayu mindi sering disamakan dengan kayu jati.

Tekstur kayu yang halus

Salah satu karakteristik yang mungkin sangat unggul untuk sebuah material kayu, ialah permukaan dari kayu mindi yang terkesan sangat halus menyerupai kayu oak. Serat dari kayu mindi tersusun rapat dari ujung keujung membuat permukaan kayu mindi terasa halus.

Ciri khas ini menjadi keunggulan yang dimiliki kayu mindi. Hal tersebut membuat kayu mindi biasa digunakan sebagai material utama dalam pembuatan venner kayu atau pelapis kayu olahan.

Berat kayu yang ringan

karakteristik selanjutnya dari kayu mindi yaitu, memiliki berat kayu yang cukup tingan. Membuat jenis kayu satu ini memiliki ketahanan yang sedang. Namun, kualitas kayu mindi termasuk dalam kelas 3 perihal ketahannya, ketahan tersebut hampiir sama dengan jenis kayu terbaik lainnya, seperti kayu mahoni, meranti dan sungkai.

Tahan terhadap rayap dan Jamur

Walaupun kayu mindi memiliki ketahanan yang sedang dengan bobot kayu yang ringan, namun kayu mindi juga memiliki ciri-ciri lainnya, yaitu kayu mindi tergolong kayu yang memiliki ketahanan cukup baik dari serangan rayap dan jamur. Hal ini membuat furniture atau material lain terbuat dari kayu mindi terbilang cukup awet, apalagi jika dirawat dengan baik.

Baca juga : Cara merawat Material Kayu agar lebih tahan Lama

Karakteristik dari kayu mindi cukup unggul untuk beberapa kebutuhan seperti bahan baku furniture, material interior serta kebutuhan material lainnya. Hal tersebut tidak sampai disitu saja. Melainkan, Anda harus mengetahui plus minus dari kayu satu ini.

Karena Tidak hanya karakteristiknya saja melainkan, keunggulan dan kelemahannyapun sangatlah unggul, Berikut uraiannya :

Plus dan minus Kayu Mindi untuk Material

Keunggulan kayu Mindi

  • Memiliki serat kayu yang padat dan Halus pada permukaannya.
  • Memiliki berat kayu yang ringan dan tahan lama
  • Memiliki Harga kayu yang relatif Lebih Murah
  • Memiliki warna yang hampir mirip dengan Kayu Jati
  • Memiliki senyawa anti rayap dan Jamur

Tentunya, kelebihan pasti dan kelemahannya dari kayu mindi. Seperti berikut beberapa kelemahan yang perlu Anda ketahui, simak uraiannya :

Kelemahan Kayu Mindi

  • Tidak cocok untuk digunakan sebagai kontruksi bangunan
  • Tidak bisa digunakan di luar ruangan (tidak tahan terhadap cuaca ekstrim)
  • Membutuhkan waktu pengeringnan yang cukup Lama.

Tentunya, sedari tadi kami membahas terus menerus persamaan dari kayu jati dan kayu mindi, namun kedua kayu tersebut sangatlah berbeda, namun ada beberapa kesamaan yang bisa Anda temukan. Dari pada penasaran perbedaan dari kedua kayu tersebut, yuk kita simak perbedaan kayu mindi dan kayu jati. Berikut ini :

Perbedaan Kayu Jati dan Kayu Mindi

Tentunya, persamaan kedua kayu tersebut pasti bisa Anda temukan walau dalam sekejap. Tapi, berbeda dengan perbedaannya, Jika anda ingin melihat dan merasakan perbedaannya.

Anda harus melihat dan memegangnya lebih lanjut, agar Anda dapat menemukan perbedaannnya, Tapi kami akan berikan informasi mengenai perbedaan keduanya agar anda tidak perlu mencari dan memegannya terlebih dahulu.

1. Mempunyai karakteristik yang berbeda

Salah satu perbedaan dari kedua kayu tersebut ialah terletak pada karakteristiknya, karena kayu jati memiliki kualitas kayu yang jauh diatas kayu mindi, walau tidak terlalu jauh namun perbandingan tersebut sangatlah jelas, Kayu jati memiliki tingkat kelas I hingga II sedangkan kayu mindi dikelas III.

Baca selengkapnya : Begini material kayu jati berserta produknya

2. Berat kayu yang berbeda

Seperti yang sudah dikatakan, bahwa melihat perbedaanya harus melihat dan merasakan beban fisiknya. Karena kayu jati memiliki berat bobot yang lebih berat dibanding kayu mindi, hal tersebut sangat berpengaruh pada keawetannya. Maka dari itu kayu jati lebih awet dibanding kayu mindi.

3. Tingkat keawetan yang berbeda

Perbedaan yang sangat berpengaruh ialah terletak pada keawetan jenis kayu tersebut, maka dari itu kayu jati lebih awet jika digunakan untuk material interior

4. Memiliki perbedaan manfaat

Tentunya setiap kayu memiliki kualitas dan manfaat yang berbeda, maka dari itu sedari tadi perbedaan dari kayu jati dan kayu mindi tertuju pada kualitas kayu jati yang sangat tinggi, hal tersebut sangatlah wajar dikarenakan kayu jati sering dimanfaatkan untuk bahan interior dan furniture, sedangkan kayu mindi hanya cocok jika digunakan untuk bahan baku furniture saja. Apalagi kayu mindi memiliki harga yang lebih terjangaku.

Jadi bagaimana? Sudahkah Anda mengenal lebih dari kayu mindi? Dengan itu kami sarankan untuk membeli dan memesan jenis kayu sesuai kebutuhan yang akan Anda gunakan, Agar Anda dapat menghemat pengelauran. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas. Selamat menikmati hunian terbaik dengan material kayu terbaik.

Scroll to Top