Apa itu Olahraga Squash? Ternyata ini Cara main & Bentuk Lapangannya!

Lantai Lapangan Squash – Tentunya diantara kita pasti suka sekali dengan olahraga bukan? ya, olahraga merupakan salah satu kegiatan yang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Apalagi ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan, dengan minat bakat yang kita inginkan. Tentunya setuap jenis olahraga tersebut memiliki cara dan gerakan tersendiri, bahkan area olahraganyapun berbeda-beda.

Berbicara mengenai jenis olahraga, apakah kamu pernah mendengar olahraga squash? Yaps, olahraga satu ini mungkin belum terlalu populer dikalangan masyarakat indonesia, hanya saja olahraga ini memiliki beragam keunikan yang perlu kamu coba.

Kira-kira seperti apa ya? Nah, untuk itu jika kamu penasaran dengan olahraga satu ini, yuk kita pahami olahraga squash dari asal usul, cara bermain, hingga area bermainnya. Berikut :

Tentang Olahraga Squash

Apa itu Olahraga Squash?

Squash merupakan satu cabang olahraga yang cara bermainnya menggunakan raket dan bola untuk dimainkan, Squash tersendiri dilakukan oleh perorangan dengan cara mengambil point seperti bulu tangkis.

Olahraga squash sendiri dimaninkan dalm sebuah ruangan berbentuk persegi empat yang memiliki ukuran 9,75 m x 6 x m pada sisi lapangannya.

Tujuan dari permainan ini ialah dengan menjauhkan bola dari alwan dan mengembalikan bola pukulan dari lawan untuk meraih angka.

Cara bermain Olahraga Squash?

Olahraga squash satu ini mungkin hampir sama dengan permainan tenis, hanya saja kamu perlu berhedapan dengan dinding bukan dengan pemain lain (lawan) dua pemain ini bergilirian memukul bola ke dinding, sebuah poin bisa diberikan setiap kali seorang pemain memenangkan reli.

Alat Olahraga Squash?

Alat yang dibutuhkan untuk memainkan sebauh olahraga squash hanylah raket dan bola khusus untuk permainan, dalam permainan tunggal, lapangan diisi dua pemain yang harus memnatulkan bola ke arah dinding depan dan bola tak boleh memantulkan lebih dari satu kali, jika lebih maka point akan dimenangkan oleh penembak awal.

Apa nama Bola Squash?

Tentunya bola yang digunakan berbeda dengan tenis, jenis bola yang digunakan dalam pertandingan squash ialah yellow double dot ball, atau bola titik dua kuning.

Bagaimana? Sudah mengenal olahraga squash?

Ya, seperti judulnya, kami akan mengulas lengkap mengenai lapangan olahraga squash dari mulai lantai lapangan squash, ukuran lapangan squash hingga dinding yang digunakannya. Untuk itu, yuk simak ulasannya :

Mengenal Lapangan Olahraga Squash

Setelah membahas cara bermain hingga peralatan yang digunakan dalam permainan squash, selanjutnya kamupun perlu mengenal bagaimana lapangan squash, dimulai dari lantai, ukuran garis, tembok yang digunakan, hingga perlatan yang diperlukan, antara lain :

Jenis Lantai Lapangan Squash

Seperti yang sudah dibahas diatas, olahraga squash ini tidak dilakukan diluar ruangan dan perlunya dinding untuk memainkannya. Nah, itulah mengenapa penggunaan alasa lantai untuk lapangan squash menjadi point paling mendasara.

Pasalnya, tak semua jenis lantai bisa digunakan untuk lantai lapangan squash, lalu, material apa saja yang cocok untuk lapangan squash? Berikut informasinya :

1. Lantai Parket Solid

Sesuai dengan namanya, material lantai satu ini terbuat dari bahan khusus kayu solid alias kayu asli, yaps. mengingat namanya saja kita bisa tahu bahwa segi kekuatan dan keawetan lantai kayu solid tak perlu ditanyakan lagi.

Sebab, lantai kayu solid tak hanya kokoh dan kuat saja, melainkan pengunaannya dapat meningkatkan nilai estetika pada lapangan squash itu sendiri, apalagi beragam jenis kayu yang bisa digunakanpun memiliki spesifikasi yang unggul.

Baca juga : Tersedia Harga Lantai kayu termurah dan Bergaransi Terlengkap

Salah satunya ialah jenis kayu parket jati, jenis kayu jati memang terkenal dengan warna dan keawetannya, bahkan lantai kayu solid ini memiliki permukaan lantai yang kesat sehingga tidak mudah licin.

Tentunya hal ini akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pemain, yang meminimalisir risiko terpeleset. Seandainya terjatuh pun, rasa nyaman dan empuk dari lantai kayu solid dapat membuat kamu baik-baik saja.

2. Lantai Vinyl

Jenis lantai selanjutnya yang bisa kamu gunakan dengan budget yang cukup minim ialah Lantai vinyl, selintas lantai satu ini memang tampak seperti kayu solid, hal ini tentunya bukan tanpa alasan, melainkan ada beberapa produk vinyl yang tebaut dari motif kayu.

Padahalan, lantai vinyl bukan sebagaian dari jenis kayu solid, melainkan sejenis lantai sintetis, hal ini terbukti dimana tekstur lantai vinyl lebih lentur dan elastis, dengan harga yang lebih Murah

3. Lantai Interlock

Umumya penggunaan lantai interlock sering digunakan untuk lapangan futsal indoor, hal ini dikarenakan material lantai interlock terbuat dari bahan polypropylene sehingga memiliki daya tahan yang tinggi, bahkan seriring berjalannya waktu, lantai interlock kerap diaplikasikan juga pada lantai lapangan sqaush.

Beragam keunggulannya seperti tingkat awet yang tinggi, bahkan tak hanya awet saja melainkan lantai interlock sudah terbukti tahan terhadap serangan hama serangga, anti jamur, hingga anti bakteri. Adapun mengenai varian warnanya, kamu bisa memilih warna mulai dari yang gelap, tenang hingga netral.

4. Lantai Laminate

Lantai selanjutnya yang penggunaan bahannya terbuat dari serbuk kayu dan dicampur resin ini ialah lantai laminate, lantai ini memiliki ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, adapun mengenai ukurannya yang bisa mencapai sekitar 1,28 meter hingga 1,3 meter.

Baca Juga : Perbandingan Lantai Solid kayu dan Lantai Tempel ( Laminate, vinyl )

Bahkan tak hanya, lantai lamiante juga sudah dibekali dengan fitur System Klik ( interlock) yang dimana bagian kanan dan kirinnya dilengkapi sistem pengunci agar proses pemasangannya lebih mudah dan kuat. Seperti lantai vinyl, laminatepun memiliki varian warna yang beragam.

5. Lantai SPC ( Flooring SPC )

Jenis Lantai terbaik selanjutnya yang bisa kamu aplikasikan untuk lapangan squash ialah Lantai SPC atau SPC flooring. Istilah SPC ini singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana produk lantai ini terbuat dari bahan limestone ( batu kapur ) .

Dimana penggunaan bahan dasarnya terbilang kuat dan kokoh. Adapun material didalamnya yang terdiri dari berbagai campuran seperti Batu kapur, serbuk PVC, dan stabilizer, dinilai dari strukturnya lantai SPC terbagi menjadi 4 Lapasan.

kira-kira lantai mana yang terbaik untuk lapangan squash?

Scroll to Top