Mengenal 4 Jenis Conwood dan Kenali juga Fungsi – Pembuatan- Hingga Manfaat Terbaik

Apa itu Conwood

Jenis-jenis conwood – Banyaknya material yang tersedia dipasaran yang tentunya dapat memudahkan bagi para pemilik hunian atau para kontruksi hunian untuk meningkatkan kualitas rumah pada proses pembangunannya.

Apalagi, setiap material diera ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersedendiri. kelangkaan material alam juga menjadi faktor utama bagi para produsen untuk menciptakan material pengganti material alam seperti kayu, salah satunya hasil produsen kali ini ialah Conwoood.

Jika membicarakan conwood, apakah kamu pernah mendengar material satu ini? mungkin beberapa dari kita belum terlalu asing dengan material pegganti kayu satu ini, namun nyata penggunaan conwood mampu menghadirkan kemudahan untuk beberapa interior.

Seperti penggunaannya sebagai Decking, pagar hunian, hingga Papan tangga. Apalagi conwood memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan material kayu.

Tapi, apa sih sebenarnya conwood? untuk itu, jika kamu penasaran, yuk kita bahas dari Asal muasal, pembuatan hingga jenis terbaiknya berikut :

Apa itu Conwood?

Sebelum mengenal fungsi, hingga jenis dari conwood itu sendiri, tentunya kamu perlu mengenal. Apa sih sebenernya conwood itu? Conwood itu sendiri merupakan bahan bangunan subtansi kayu dari thailan yang berbahan dasar fiber semen dengan campuran bahan selulosa.

Proses Pembentukan Conwood

Pembentukkan conwood ini, dilakukan dengan semen berkualitas tinggi yang dicampur dengan serat daur ulang kayu pilihan dengan menggunakan teknologi canggih dari swiss. Proses pembuatan conwood dilakukan dengan penggabungan fiber semen dengan prsesntasi 70% dan 30% bahan selulosa.

Selanjutnya campura ini dicetak dengan cara dikeringkan menggunakan teknologi khusus agar mampu memiliki kepadatan yang sama dengan material Kayu.

Material Alternatif Pengganti Kayu

Seperti yang disinggung diatas, conwood ini dibuat untuk menggantikan peranan kayu yang semakin langka, alhasil conwood dibentuk dengan tekstur yang menyerupai kayu, sehingga ketika dipasang material conwood dan material kayu akan sama persis, walau hanya tidak dengan kualitasnya

Namun, conwood bisa dikatan cocok untuk menjadi alternatif pengganti kayu solid, meskipun tidak 100% mirip dengan kayu asli, namun tampilan dan daya tahannya mampu menyandingkan kualitas kayu.

Tak hanya itu, conwoodpun dilengkapi dengan beragam kelebihan yang perlu kamu ketahui, hanya saja conwoodpun memiliki kelemahannya. Bagiamana dengan kelebihan dan kekurangannya? Yuk simak informasinya berikut :

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Conwood

Berdasarkan beberapa informasi yang didapatkan, ada beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui, dengan kekurangannya. Untuk itu, yuk simak uraiannya berikut :

Kelebihan Conwood dibanding Kayu Solid

  1. Tahan Terhadap Rayap, keunggulan ini tentunya membuat kamu tak perlu menggunakan pelapis tambahan, sebab material conwood yagn terbuat dari serat fiber dan semen protland ini tidak disukai rayap dan jamur.
  2. Tahan Terhadap Perubahan Cuaca, meski diterjang panas dan air hujan, Conwood memiliki kekuatan yang baik sehingga material ini dapat bertahan dikondisi apapun.
  3. Tahan Lapuk, tak hanya sebatas penggunaan pagar saja, melainkan kamupun bisa menggunakannya untuk lantai kamar mandi, samping kolam renang, hal ini dikarenakan conwood tahan terhadap lapuk dan tidak licin yang menyerupai kayu asli.
  4. Tahan Terhadap api, jika beberapa jenis kayu tidak kuat terhadap api, tidak dengan material satu ini yang kemungkinan tidak tersulut oleh api.
  5. Ramah lingkungan, conwood menjadi produksi yang memiliki lisensi singapore green label yang meruapkan label yang dimana materialnya dapat dimanfaatkan dengan bahan daur ulang, sehingga conwood sangat ramah terhadap lingkungan dan tidak dapat merusak sistem lingkungan.

Lalu, bagaimana dengan Kekurangan conwood?

Kekurangan Conwood

  1. Bobot berat conwood berat, tentunya dengan faktor ini kamu perlu mempertimbangkannya untuk pengunaan atap dan dinding sehingga, kamu harus memperhitungkan berat bobot yang pas agar dinding dan atap kuat menompang material conwood ini sendiri.
  2. Tidak tahan Benturan, kekurangan ini perlu kamu perhatikan agar jika pada proses perawatannya tidak terlalu kasar dan kuat, sebab dapat membuat conwood patah dan Tergores.

Setelah kamu mengenal kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Conwood, kamupun perlu tahu bahwa ada banyak lho jenis conwood untuk beberapa kebutuhan, seperti apa jenisnya? berikut informasinya :

Jenis – Jenis Conwood dan Fungsinya

Beberapa jenis conwood dibentuk dengan fungsinya tersendiri, kamu bisa menemukan 4 jenis conwood yang setiap jenisnya memiliki fungsi dan tempat penempatannya yang berbeda, seperti :

  1. Conwood Plafon
  2. Conwood dinding
  3. Conwood Lantai
  4. Conwood Dekorasi

Lalu, ke 4 jenis ini dibagi kembali pada beberapa produk conwood, berikut setiap produk dengan penempatannya yang berbeda, simak ulasannya berikut :

1. Jenis Conwood untuk Plafon

  • Conwood Eave, jenis ini memiliki motif yang mirip dengan kayu jati, yang memberikan kesan natural dan estetik dengan ketahannya terhadap rayap.
  • Conwood lath, sedangkan lath memiliki gaya bentuk yang lurus, penggunaan conwood plafon ini coock digunakan untuk bagian interior seperti dapur hingga eksterior seperti balkon.

2. Jenis Conwood untuk Dinding

  • Produk laps Siding BG, produk ini didesain dengan tampilan klasik modern yang cocok untuk dinding Hunian kamu
  • Produk G-Series Lap Siding, produk ini bisa kamu gunakan untuk beragam kebutuhan dinding, maupun interior atau eksterior.
  • Produk Plank Conwood, salah satu produk conwood satu ini memiliki bentuk dan karakteirstik yang hampir miri dengan kayu asli, sehingga bisa kamu skrup atau paku, namun dilapisi juga dengan lapisan silkon yang berfungsi untuk ketahanan cuaca.
  • Conwood decorate panel Ecp, produk ini didesain lebih mirip panel baja, sehingga sangat coocok untuk hunian berthema industrial.
  • Moul conwood, berbeda dengan conwood ini yang dimana penggunaannya hanya sebatas aksesoris pembatas area dinding dan lantai saja, mungkin bisa dikatan conwood ini seperti plint kayu.

Baca juga : Tertarik menggunakan Material kayu untuk Dinding? Yuk gunakan Lambersering dengan Harga Murah

3. Jenis Conwood untuk Lantai ( Flooring )

  • Deck conwood, Produk ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif pengganti decking kayu dengan tampilan mirip kayu asli, dengan sipat anti lapuk yang bisa menjadi keunggulan tersendiri.
  • Decorative deck, hampir sama dengan deck conwood, namun bedanya produk satu ini sangat mudah dipasang.
  • T-lock 12, menjadi produk pilihan terakhir dengan tingkat kekokohan yang lebih baik dengan hadirnya pengunci T pada produknya.

Baca juga : Daftar Lantai Kayu Solid dan Harga Lantai kayu termurah dan Bergaransi ( Klik Disini )

4. Jenis Conwood untuk Dekorasi

  • Door frame, merupakan conwood untuk bingkai pintu berbahan dasar conwood yang memiliki tingkat durabilitas yang tinggi sehingga memiliki ketahan umur yang panjang.
  • Pagar conwood, jika kamu membutuhkan sedikit peranan conwood untuk pagar, maka kamu bisa menggunakan fence conwood, yang memiliki keindahan, serta kekokohan terbaik di jenis conwood.
  • Sunshade conwood, produk ini bisa menjadi alternatif pilihan sebagai pelindung rumah dari terik matahari, namun tetap memberikan cahaya yang cukup, sebab conwood ini diperuntukan sebagai kisi-kisi yang sama dengan pada material kayu solid.

Jadi, sudah tahu apa itu conwood? dan jenis conwood mana yang akan kamu gunakan?

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, tentunya kamu bisa mencari informasi terkait material interior dan eksterior lainnya, yang sudah kami sediakan di Rajawali parket indonesia.

Scroll to Top