Kualitas dan Keunggulan Plafon Triplek! Seunggul apa dari Lambersering?

Plafon Triplek – Penggunaan Plafon bagi hunian pastinya cukup berpengaruh bagi beberap aspek, salah satunya digunakan untuk menahan atau melindungi bagian atap agar tidak terlihat dari dalam ruangan.

Bagian atap atau langit-langit hunian tentunya harus memilik aspek, tak hanya dari ketahanannya saja, melainkan tampilannya. Pada ruangan rumah, plafon akan terlihat lebih jelas sehingga penggunaan materialnya perlu diperhatikan.

Material Plafon tersedia dengan berbagai macam jenis, salah satu plafon yang cukup populer yakni plafon triplek, walaupun banyak jenis plafon dengan tampilan terbaik, namun plafon triplek masih menjadi unggulan bagi beragam kalangan.

Lalu, apa keunggulan dari plafon triplek? Untuk lebih mengenal material plafon triplek, yuk sama-sama ketahui beberapa informasi seputarnya, berikut informasinya :

Kualitas dan Keunggulan Plafon Triplek

Berikut beberapa pembahasan mengenai kualitas, hingga keunggulan dan kelebihan plafon triplek yang bisa Kamu ketahui, antara lain :

Apa itu Plafon Triplek

sebelum mengenal fungsi dan kualitasnya, pastikan kamu mengenal terlebih dahulu apa plafon triplek itu. Plafon triplek merupakan tipe material plafon atau langit-langit yang terbuat dari kayu triplek, dengan ketebalannya yang beragam.

Baca Juga : Ketahui 4 Jenis Triplek dari Harga, Kualitas Hingga Kelebihannya Secara Lengkap!

Kamu bisa menemukan plafon triplek dengan ukuran 122cm x 244cm dengan ketebalan 3mm, 4mm, dan 6mm, sebelum adanya jenis gypsum, plafon triplek menjadi tipe atap yang paling banyak digunakan.

Terlebih, plafon triplek memiliki banyak keunggulannya, seperti halanya harga, dimana kamu bisa menemukan plafon triplek dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan Harga yang terjangkau, membuat masyarakat indonesia lebih tertarik dengan plafon triplek.

Keunggulan Plafon Triplek

  1. Banyak Tersedia : Keunggulan dari penggunaan triplek plafon yakni, ketersediaannya yang cukup banyak dan melimpah, sehingga kamu tak perlu khawatir untuk mencari atau menemukan produk plafon triplek
  2. Mudah Pemasangan : Memiliki Ukuran dan Bentuk yang tidak terlalu berat, sehingga pemasangan triplek untuk plafon dirasa lebih mudah dalam pemasangannya.
  3. Kuat dan Tahan Lama : Walaupun memiliki ukuran yang tidak terlalu tebal, namun kualitas triplek sangat diunggulkan, terlebih dari ketahanan dan keawetannya terhadap udara lembab.
  4. Warna Bisa dirubah : Walaupun Plafon Triplek tersedia hanya dengan tampilan yang flat dan berwarna kayu saja, namun kamu bisa memberikan lapisan cat dengan warna yang kamu inginkan.
  5. Bobot Ringan : Triplek memiliki ukuran dengan standar 122cm x 244cm dengan ketebalan 3mm, 4mm, dan 6mm sehingga bobotnya tidak sampai 1kg, bisa disebut material plafon ini cukup ringan.
  6. Harga terjangkau : Keunggulan Lainnya dari penggunaan Triplek plafon yakni, harganya yang tidak terlalu mahal jika dibandingkan plafon lainnya, sehingga penggunaan plafon triplek sangat ekonomis.

Kekurangan Plafon Triplek

  • Tidak Tahan air : Karena terbuat dari material serbuk kayu yang tipis, membuat Plafon Triplek lebih mudah lapuk jika terkena air, sehingga tidak cocok untuk kebutuhan Eksterior.
  • Mudah Rusak : Penggunaan lapisan khusus untuk atap, akan membuat keunggulan tersendiri, sebab plafon triplek sangat mudah rembes jika terkena air.
  • Mudah Terbakar : Karena Terbuat dari kayu tipis, sehingga plafon triplek lebih mudah terkena api, sehingga penggunannya tidak cocok untuk area yang terkena api secara dekat.
  • Mudah Melengkung : Karena Memiliki kekurangan yang tidak kuat air, sehingga triplek mudah melengkung, sehingga pastikan menggunakan triplek dengan tebal yang tinggi.
  • Terlihat Kusam : Karena area atap sering terkena air hujan, sehingga tampilan plafon triplek akan mudah kusam atau terlihat bekas bocoran, sehingga memerlukan cat ulang setiap tahunnya.

Baca Juga : Gunakan Lambersering Kayu untuk Menghindari kekurangan Plafon Triplek

Apakah Plafon Triplek bisa diperbaiki? Ternyata ini cara-caranya :

Langkah Memperbaiki Plafon Triplek Rusak

Namun, tak perlu khawatir jika plafon triplek setelah pemakaian lama rusak, sebab plafon triplek masih bisa diperbaiki, bagaimana? ini beberapa caranya :

  1. Bersihkan Plafon Triplek : Cara pertama dalam memperbaiki plafon rusak yakni, dengan membersihkan plafon itu sendiri, terkadang plafon triplek kerap terdapat sarang laba-laba atau debu yang menempel, pastikan triplek bersih dari noda.
  2. Potong Triplek : Jika beberapa area terdapat triplek yang rusak, maka kamu bisa memotong bagian tersebut untuk diganti, atau membuka area papan triplek.
  3. Mengganti triplek : Setelah triplek dirasa bersih dan sudah dipotong, maka ganti triplek rusak dengan plafon triplek baru menggunakan skrup atau lem.
  4. Aplikasikan Plamir dan perekat : Setelah tripel terpasang, pastikan kamu menggunakan lapisan plamir atau cat secara menyeluruh untuk tampilan plafon triplek yang lebih sempurna.

Mencegah dan merawat Triplek Plafon

Agar triplek plafon tidak cepat rusak, maka kamu perlu merawat dan menjaga kualitasnya, bagaimana caranya? Berikut informasinya :

  1. Bersihkan Sebulan Sekali : Membersihkan triplek plafon dari noda dan sarang serangga akan memanjangkan kualitas triplek
  2. Finishing yang Tepat : Penggunaan bahan finishing sangat berpengaruh untuk kualitas plafon triplek
  3. Perbaiki atap bocor : jika sudah terlanjur bocor, sesegera mungkin untuk mengatasinya agar triplek plafon tidak membekas noda
  4. Suhu ruangan : Gunakan triplek plafon dengan ukuran dan tebal yang sesuai dengan ruangan.

Jadi, Tertarik menggunakan Plafon Triplek?

Scroll to Top