Plitur kayu

Material kayu tentunya selalu ada dalam setiap hunian, apalagi untuk kebutuhan desain rumah, bisa digunakan sebagai furniture bahkan material interior lainnya.

Penggunaan Kayupun berfungsi untuk membuat desain hunian semakin lebih hidup dan estetik untuk di tempati. Tentunya jika menggunakan material kayu untuk interior ataupun eksterior rumah.

Pastinya tidak akan jauh dari namanya Plitur kayu, sudah tahu apa itu Plitur kayu? Plitur merupakan Pewarna kayu yang bisa membuat material satu ini menjadi lebih muncul warnanya, dan lebih menyatu dengan desain ruangan.

Tapi, penggunaan plitur sering terbalik dengan finisihing kayu Pernis. Tentunya plitur memilki ciri khas dan fungsinya yang cukup berbeda, Apa saja karakteristik plitur? yuk kita simak ulasannya berikut ini!

Cat Plitur Kayu Terbaik

Plitur merupakan cat berbahan dasar oker, yaitu sebuah bahan yang terbuat dari tanah lunak yang sudah di teroksidasi. Bahan oker ini mampu menghasilkan beberapa warna solid, mulai dari kuning, cokelat gelap, bahkan coklat keemasan.

Akan tetapi, masih banyak orang yang menyangka bahwa plitur untuk meningkatkan warna dari kayu, padahal plitur itu sendiri merupakan lapisan yang mewarnai kayu itu sendiri, namun perbedaan dari cat kayu biasa, plitur lebih terlihat mengkilap

Cara Penggunaan Cat Plitur Kayu

Plitur itu sendiri merupakan cairan yang kental, maka dari itu Anda tidak bisa langsung menggunakannya secara langsung untuk melapisi kayu Furniture Anda

Namun jika Anda ingin mengpalikasikan plitur untuk kayu, Anda perlu mengencerkan plitur terlebih dahulu, agar plitur menyatu dengan cairan dan Dapat diaplikasi pada material kayu.

Baca juga : Gunakan jenis kayu satu ini agar hunian semakin mempesona

Bagaimana proses pencairan Plitur? tentunya hal ini sangatlah mudah, Anda cukup menggunakan thinner untuk mengencerkan jenis cat transparan ini.

Bahkan pada beberapa tahun lalu, plitur dapat diincerkan dengan spirtus, namun pengenceran spirtus saat ini jarang digunakan karena dinilai cukup membahayakan dan beresiko.

Karakteristik Plitur untuk Kayu

Plitur Tidak mengeluarkan Bau

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah Plitur mengeluarkan bau? walaupun banyak yang beranggapan bahwa plitu mengeluarkan bau yang menyengat dan dilansir sangat berbahaya bagi pernafasan, nyatanya plitur itu sendiri tidak mengeluarkan bau

Melainkan, bau yang dikeluarkan berasal dari cairan campuran plitur, seperti spirtus dan cairan lainnya. Maka dari itu, penggunaan spirtus harap diwaspadai agar tidak terlalu membahayakan bagi kesehatan pernafasan.

Plitur bisa menutupi serat Kayu berlubang

pada dasarnya, plitur merupakan cat yang diolah untuk mencerahkan kayu, jadi ketika diaplikasikan pada material kayu, serat dari material tersebut akan tertutupi dengan sempurna.

Namun perlu diketahuui bahwa serat kayu akan tertutup plitur jika Anda menggunakannya secara berlawanan arah dengan arah serat kayu.

Dan begitupun sebaliknya, jika penutup serat kayu bisa dihindari dengan cara membalikan cara pengaplikasiannya. Pastikan juga kayu yang hendak dioleskan plitu dalam kondisi kering dan telah diamplas agar pengecetan oleh plitur lebih maksimal.

Namun yang harus dipastikan, plitur hanya memberikan efek nilai warna yang lebih maksimal saja, melainkan tidak untuk melindungi kayu. Namun, Apakah Anda tahu mengapa demikian? Berikut informasinya :

Ternyata plitur tidak bisa Melindungi kayu

Jangan pernah beranggapan bahwa plitur digunakan untuk pelindung kayu, penggunaan kayu tidak akan membuat sifat kayu menjadi lebih kuat atau lainnya.

hal ini diakrenakan, penggunaan plitur memang pada dasarnya lebih difungsikan untuk meratakan warna kayu saja, Agar kayu semakin cantik digunakan.

Apabila, Anda ingin melindungi kayu, lebih baik, Anda menggunakan pernis kayu. Karena pernis dapat membuat serat kayu lebih kuat, sehingga tidak mudah lapuk.

Baca juga : Perbedaan pernis dan Plitur untuk Kayu

Hanya saja, jika ditinjau dari segi warna, penggunaan plitur malah membuat lebih baik karena mampu memberikan warna yang semakin rata dan lebih bervariasi.

Jika Anda sudah mengetahui informasi plitur, Apakah Anda tahu tahapan dari Penggunaannya? Berikut akan kami ulas informasinya :

Cara menggunakan Plitur untuk Kayu

Langkah – Langkah penggunaan Plitur kayu yang benar

  • Siapkan bahan yang akan Anda gunakan : Amplas, plitur, Gunting, Lap atau kuas, pengecer ( Spirtus atau air ) wadah cairan plitur, masker.
  • Langkah pertama siapakan media yang akan diplitur namun pastikan permukaan kayu kering dari kotoran dan sisa minyak
  • Langkah selanjutnya amplas permukaan kayu sampai halus, agar proses memplitur berjalan lancar
  • Aplikasikan cairan plitur kepermukaan kayu, dan untuk hasil yang lebih bagus, gunakan kain gulung seperti bola, lalu celupkan dan oleskan secara perlahan kepermukaan kayu secara merata
  • Tunggu hingga cukup kering, lalu tahap selanjutnya anda akan mendapatkan serat kayu yang timbul. Oleh sebab itu, Anda bisa melaipisi film cukup kering untuk diamplas, lakukan hingga proses pengamplassan selesai, tentunya gunakan amplas halus.
  • Setelah itu tunggu kering, dan lakukan hal tersebut hingga berulang agar warna yang dihasilkan sesuai yang Anda inginkan

Jadi, sudah tahu apa itu plitur dan bagaimana cara pengerjaanya? demikianlah informasi yang bisa disampaikan, tentunya gunakan bahan finishing yang lebih berkualitas agar Kayu yang digunakan semakin berkualitas.

Scroll to Top