atap asbes

Sebuah hunian tentunya kurang lengkap jika tidak menggunakan atap. Atap itu sendiri merupakan salah satu eksterior hunian yang dapat melindungi para penghuni dari berabagi macam cuaca ekstream, seperti panas, hujan serta hal membahayakan lainnya.

Seperti yang Anda tahu, Atap terbuat dari berbagai macam jenis bahan serta berbeda Karakteristiknya, Salah satu atap yang sering kita jumpai dibeberapa hunian yaitu Atap Asbes.

Mungkin atap satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Hal tersebut dikarenakan asbes menjadi alternatif pilihan yang sering orang gunakan.

Namun, Apakah Anda tahu mengapa atap asbes sering dijadikan alternatif untuk atap hunian? Sudah tahu bagimana karakteristiknya? dan sudah tahu bahwa asbes cukup berbahaya? yuk simak ulasannya berikut :

Ternyata Atap Asbes seperti ini!

Atap asbes merupakan jenis atap yang paling banyak digunakan untuk masyarakat Indonesia. Asbes itu sendiri merupakan materiala tap yang terbuat dari asbes semen dengan fiber.

Bentuk yang tipis dan bergelombang menjadikan material asbes sangat unik dan huninan. Ukuran dan tebal dari asbes pun bermacam-macam.

Hal ini bisa Anda tentunkan tergantung besarnya atap dan budget yang anda miliki, karena setiap ukuran memiliki harga yang berbeda.

Baca juga : 7 Desain Terbaik Untuk Kamar Mandi Dan Rahasia Material Kayu Untuk Kamar Mandi.

Salah satu ciri khas dari aatap asbes yaitu, tidak memantulkan sinar matahari. Namun, asbes menyerap matahari, atap asbes dapat menghantarkan panas dan dingin tergantung cuaca pada area tersebut.

Maka dari itu, asbes kerap dijadikan penutup atap garasi dan arae kamar madni. Namun, anda juga bisa menggunakan atap asbes sebagai atap rumah tinggal.

Selain itu, Atap asbes memiliki beberapa keunggulan untuk atap hunian, keunggulan tersebut terntunya sangat beramnfaat bagi para penghuni rumah. Sudah tahu apa saja? Berikut informasinya :

Keunggulan dan Kekurangan Atap Asbes

Keunggulan Atap Asbes

Atap Asbes Murah dan Mudah ditemukan

Kelebihan yang dapat Anda dapatkan dari pemasangan atap Asbes yaitu harganya yang terbilang cukup murah, sehingga semua kalangan bisa menggunakan material atap satu ini.

Selain murah, Anda dapat menemukan atap satu ini dengan mudah diberbagai toko material bangunan didekat rumah kamu.

Atap Asbes Ringan dan Mudah dipasang

Salah satu kelebihan dari material asbes satu ini yaitu, memiliki bobot yang ringan serta penggunaannya yang cukup mudah. Selain itu, dengan menggunakan atap asbes Anda tidak perlu memakai banyak penyangga karena luas dari atap asbes cukup lebar.

Atap asbes mudah dibersihkan

Membersihkan atap dirasa cukup sulit karena penempatannya yang jauh dari bawah, namun tidak dengan atap asbes.

Bentuk atap asbes yang begelombang kebawah membuat atap satu ini akan mudah membuang sisa sisa daun yang berjatuhan dengan cepat dengan bantuan angin.

Ditambah atap asbes tahan terhada seagal cuaca apapun, sehingga orang-orang dibawah akan aman. Hal paling penting lainnya yaitu atap asbes tahan rayap.

Tentunya atap satu ini tidak sepenuhnya sempurna, untuk itu Anda perlu mengetahui kelemahan dari jenis atap asbes. Berikut informasinya :

kekurangan atap Asbes

Sangat panas untuk hunian

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa atap asbes mampu menyerap panas, hal ini membuat atap satu ini menghantarkan panas ke dalam rumah.

Apalagi atap asbes memiliki bentuk lembaran yang tipis, hal ini membuat asbes sangat rapuh dan muadh sekali untuk sobek.

Maka dari itu pemasangan atap asbes diperlukan kehati-hatian yang ekstra, agar tidak rusak. walau dengan kekurangan seperti ini, asbes sering dijadikan alternatif pilihan karena memiliki harga yang cukup terjangkau.

Paling parahanya, asbes cukup berbahaya bagi kesehatan. Mengapa demikian? Berikut informasinya :

Bahaya Asbes untuk Jangka Panjang

Sedikit informasi bahwa asbes atap ditemukan di awal abad ke 19. Lalu, masuk pada abad 20, munculah keprihatinan karena banyak penambang asbes yang meninggal.

Hal ini bukan karena tidak ada alasan, melainkan zat asbes yang terhirup penambang menyebabkan sesak pada paru paur. Maka dai tahun 1970, penggunaan asbes mulai dibatasi karena tidak dianjurkan.

Baca juga : Ingin atap yang sehat untuk Hunian? gunakan material satu ini!

Penggunaan asbes dilansir dapat menyebabkan kanker paru-paru bagi para penghuni, apalagi jika setiap area dipasangkan asbes. Hal ini akan sangat berbahaya untuk jangka panjang.

Jadi, Apakah Anda akan menggunakan atap asbes untuk Hunian? Namun tenang jika Anda kebingungan untuk menggunakan atap satu in, kami akan berikan beebrapa rekomendasi atap untuk kebutuhan atap. Berikut uraiannya :

Rekomendasi atap sehat untuk Hunian

Solusi terbaik untuk anda yang sedang mencari material atap hunian yang tidak mudah bocor, dan aman untuk kesehatan. Berikut solusi terbaiknya :

  1. Genteng beton
  2. Atap sirap Kalimantan
  3. Atap perisai
  4. Atap metal

Dilansir dari beberapa artikel dan pengalaman, atap atap ditas bisa menjadi alternatif pengganti asbes yang memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik. Untuk itu, yuk segera gunakan material atap lainnya. Agar hunian semakins ehat dan tahan lama.

Jadi, type atap mana yang akan Anda gunakan? demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas dan tentunya gunakan material terbaik agar hunian semakin baik.

Scroll to Top