Mengenal Atap Asbes untuk Hunian! Apakah Kuat? yuk Ketahui keunggulannya Disini

karakteristik atap asbes

Mengenal Atap Asbes – Sebuah hunian tentunya kurang lengkap jika tidak menggunakan atap. Atap itu sendiri merupakan salah satu eksterior hunian yang dapat melindungi para penghuni dari berbagai macam cuaca ekstream, seperti panas, hujan serta hal membahayakan lainnya.

Seperti yang Anda tahu, Atap terbuat dari berbagai macam jenis bahan serta berbeda Karakteristiknya, Salah satu atap yang sering kita jumpai dibeberapa hunian yaitu Atap Asbes.

Mungkin atap satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Hal tersebut dikarenakan asbes menjadi alternatif pilihan yang sering orang gunakan.

Namun, Apakah Anda tahu mengapa atap asbes sering dijadikan alternatif untuk atap hunian? Sudah tahu bagimana karakteristiknya? dan sudah tahu bahwa asbes cukup berbahaya? yuk simak ulasannya berikut :

Mengenal Atap Asbes Alternatif Terbaik

Atap asbes merupakan jenis atap yang paling banyak digunakan untuk masyarakat Indonesia. Asbes itu sendiri merupakan material atap yang terbuat dari asbes semen dengan fiber.

Bentuk yang tipis dan bergelombang menjadikan material asbes sangat unik untuk huninan, ukuran dan tebal dari asbes pun bermacam-macam. Hal ini bisa Anda tentukan tergantung besarnya atap dan budget yang anda miliki, karena setiap ukuran memiliki harga yang berbeda.

Salah satu ciri khas dari aatap asbes yaitu, tidak memantulkan sinar matahari. Namun, asbes menyerap matahari, atap asbes dapat menghantarkan panas dan dingin tergantung cuaca pada area tersebut.

Maka dari itu, asbes kerap dijadikan penutup atap garasi dan area kamar Mandi. Tapi, anda juga bisa menggunakan atap asbes sebagai atap rumah tinggal.

Selain itu, Atap asbes memiliki beberapa keunggulan untuk atap hunian, keunggulan tersebut tentunya sangat Bermanfaat bagi para penghuni rumah. Sudah tahu apa saja? Berikut informasinya :

Keunggulan Atap Asbes untuk Hunian

1. Murah dan Mudah ditemukan

Kelebihan yang dapat Anda dapatkan dari pemasangan atap Asbes yaitu iritnya pengeluaran, karena harganya yang terbilang cukup murah, sehingga semua kalangan bisa menggunakan material atap satu ini.

Baca Juga : Gunakan Atap langit Hunian dengan Lambersering Kayu Murah dan Mudah

Selain murah, Anda dapat menemukan atap satu ini dengan mudah diberbagai toko material bangunan didekat rumah kamu.

2. Ringan dan Mudah dipasang

Satu kelebihan Lain dari material asbes satu ini yaitu, memiliki bobot yang ringan serta penggunaannya yang cukup mudah. Selain itu, dengan menggunakan atap asbes Anda tidak perlu memakai banyak penyangga karena luas dari atap asbes cukup lebar.

3. Atap asbes mudah dibersihkan

Membersihkan atap dirasa cukup sulit karena penempatannya yang jauh dari bawah, namun tidak dengan atap asbes.

Bentuk atap asbes yang begelombang kebawah membuat atap satu ini akan mudah membuang sisa sisa daun yang berjatuhan dengan cepat dengan bantuan angin.

Ditambah atap asbes tahan terhadap segala cuaca apapun, sehingga orang-orang dibawah akan aman. Hal paling penting lainnya yaitu atap asbes tahan rayap.

Tentunya atap satu ini tidak sepenuhnya sempurna, untuk itu Anda perlu mengetahui kelemahan dari jenis atap asbes. Berikut informasinya :

Kekurangan Atap Asbes untuk Rumah

1. Sangat panas untuk hunian

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa atap asbes mampu menyerap panas, hal ini membuat atap satu ini dapat menghantarkan panas ke dalam rumah.

Apalagi atap asbes memiliki bentuk lembaran yang tipis, hal ini membuat asbes sangat rapuh dan muadh sekali untuk sobek.

Maka dari itu pemasangan atap asbes diperlukan kehati-hatian yang ekstra, agar tidak rusak. walau dengan kekurangan seperti ini, asbes sering dijadikan alternatif pilihan karena memiliki harga yang cukup terjangkau.

Paling parahnya, asbes cukup berbahaya bagi kesehatan. Mengapa demikian? Berikut informasinya :

Apakah Atap Asbes Berbahaya?

Sedikit informasi bahwa asbes atap ditemukan di awal abad ke 19. Lalu, masuk pada abad 20, munculah keprihatinan karena banyak penambang asbes yang meninggal.

Hal ini bukan karena tidak ada alasan, melainkan zat asbes yang terhirup penambang menyebabkan sesak pada paru paru. Maka dari tahun 1970, penggunaan asbes mulai dibatasi karena tidak dianjurkan.

Baca juga : Ingin atap yang sehat untuk Hunian? gunakan material satu ini!

Penggunaan asbes dilansir dapat menyebabkan kanker paru-paru bagi para penghuni, apalagi jika setiap area dipasangkan asbes. Hal ini akan sangat berbahaya untuk jangka panjang.

Jadi, Apakah Anda akan menggunakan atap asbes untuk Hunian? Namun tenang jika Anda kebingungan untuk menggunakan atap satu ini, kami akan berikan beberapa rekomendasi atap untuk kebutuhan atap. Berikut uraiannya :

Rekomendasi atap sehat untuk Hunian

Solusi terbaik untuk anda yang sedang mencari material atap hunian yang tidak mudah bocor, dan aman untuk kesehatan. Berikut solusi terbaiknya :

  1. Genteng beton
  2. Atap sirap Kalimantan
  3. Atap perisai
  4. Atap metal

Dilansir dari beberapa artikel dan pengalaman, atap atap diatas bisa menjadi alternatif pengganti asbes yang memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik. Untuk itu, yuk segera gunakan material atap lainnya. Agar hunian semakin sehat dan tahan lama.

Jadi, type atap mana yang akan Anda gunakan?

Scroll to Top