dekorasi apartemen studio

Apakah anda masih single, dan ingin mendapatkan hunian yang nyaman? Jika iya, maka menjadi penghuni apartemen tipe studio adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena harga yang ditwarkannya cukup terjangkau, serta menghadirkan kenyamanan yang tidak kalah dengan apartemen tipe lainnya.

Biasanya, apartemen tipe studio mempunyai unit dengan ukuran mini sekitar 20 – 30 meter persegi saja. Meski ukuran ruangnya cukup terbatas, namun  apartemen studio sudah dibekali dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti area duduk, kamar mandi, kamar tidur, ruang tv, ruang kerja, ruang makan, dapur, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimanakah cara mendesain apartemen studio agar lebih nyaman? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasnnya di bawah ini.

Tips Mendesain Studio Apartemen yang Nyaman

1. Sediakan Ruang Penyimpanan

tips mendesain apartemen studio - sediakan ruang penyimpanan

Perlu diketahui, ruang penyimpanan barang sering menjadi masalah utama yang dialami oleh sebagian besar penghuni apartemen studio.

Alih-alih ingin bisa menyimpan barang agar apartemen studio terlihat rapi, namun saat hendak menyediakan ruang penyimpanan kerap mengambil banyak space sehingga membuat ruangan tampak sempit.

Dalam hal ini, anda bisa menggabungkan dua jenis penyimpanan, yakni penyimpanan yang terbuka dan tertutup. Agar lebih maksimal, sebaiknya anda menyimpan barang-barang yang berukuran besar di penyimpanan terbuka.

Artikel populer lainnya : Membuat Dekorasi Rumah Minimalis Agar Terlihat Kece

2. Aplikasikan Banyak Pencahayaan

tips mendesain apartemen studio - aplikasikan banyak pencahayaan

Dengan ukuran ruang yang terbatas, secara otomatis keberadaan jendela juga menjadi terbatas. Untuk mensiasati masalah ini, anda bisa meggunakan direct lamp pada beberapa titik tertentu seperti kamar dan sebagian dapur.

Dengan begitu, maka cahaya yang dihasilkannya akan membuat apartemen studio tampak lebih luas dan lega.

3. Pilih Sofa yang Sekaligus Menjadi Tempat Tidur

tips mendesain apartemen studio - gunakan sofa bed

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa menggunakan furniture yang multifungsi pada apartemen studio merupakan pilihan paling bijak. Salah satunya, anda dapat menggunakan tempat tidur lipat jenis sofa bed.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena sofa bed tersebut bisa diatur dengan mudah untuk dijadikan tempat tidur sekaligus juga sebagai tempat duduk.

Contohnya pada siang hari, anda membutuhkan banyak space untuk saudara atau teman yang sedang tandang, maka anda bisa langsung melipat kasur dan menjadikannya sebagai sofa.

Begitu pun sebaliknya saat malam tiba, yang mana sofa bed tersebut dapat anda gunakan sebagai tempat tidur untuk beristirahat.

4. Desain Apartemen Studio Setengah Lantai

tips mendesain apartemen studio - desain setengah lantai

Guna mendapatkan desain yang satu ini, anda harus menggunakan tangga. Sedangkan untuk bagian atas dari apartemen studionya disulap menjadi kamar tidur yang nyaman.

Disamping itu, jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan partisi kaca bening. Pada bagian bawahnya bisa anda gunakan sebagai ruang tv, dapur, atau menempatkan meja makan.

Dengan mengusung elemen mezanin, maka apartemen studionya akan tampak terdiri dari dua lantai yang berbeda.

5. Manfaatkan Area Jendela

tips mendesain apartemen studio - manfaatkan area jendela

Anda bisa memanfaatkan bagian sudut jendela apartemen studio untuk jadikan sebagai area santai. Sedangkan pada bagian depan, anda bisa menempatkan sofa bed sebagai tempat duduknya.

Agar tampilannya tampak indah dan nyaman saat diduduki, silahkan tambahkan beberapa cushion dengan warna yang serasi di atasnya.

Dengan kehadiran area duduk, secara otomatis ruang di apartemen studio anda bisa menampung lebih banyak orang.

6. Pilih Furniture yang Berdesain Simple

tips mendesain apartemen studio - gunakan furniture yang simple

Pada dasarnya, kehadiran furniture di sebuah apartemen studio ini akan mempersepit kapasitas ruang. Ya, apalagi jika desain furniture yang digunakan itu memiliki ukuran besar dan berat.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi anda untuk menggunakan furniture yang simple seperti furniture berkaki ramping. Selain faktor desain, anda juga harus memperhatikan warna pada furniturenya. 

Dengan kata lain, pilih furniture yang mengusung warna alami dan serasi dengan keseluruhan warna di apartemen studiomu. 

7. Hadirkan Nuansa Natural Dengan Menggunakan Lantai kayu

tips mendesain apartemen studio - gunakan lantai kayu

Untuk mendapatkan nuansa natural dalam apartemen studio, kamu bisa meggunakan lantai kayu solid. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai kayu parket solid memang menyuguhkan nuansa natural, mewah, hangat, dan elegan.

Tak hanya itu, bahkan lantai kayu parket solid juga sudah terbukti kokoh sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Artikel terkait : Daftar Harga Lantai Kayu Bergaransi & Murah 2021

Namun, penggunaan lantai kayu solid dinilai kurang cocok untuk hunian apartemen. Mengapa demikian? Pasalnya, apartemen itu merupakan sebuah hunian yang bersifat sementara. Saat anda hendak pindah, tentu saja lantai kayu tersebut harus dibongkar terlebih dahulu sehingga akan memakan waktu dan biaya yang cukup besar.

Seandainya ditinggalkan begitu saja, tentu anda sendiri yang akan mengalami kerugian besar karena harga lantai kayu solid yang tidak murah. Sebagai pengganti lantai kayu parket solid, anda bisa menggunakan lantai kayu sintetis vinyl yang bermotif kayu.

Lantai vinyl ini sangat mudah dibongkar pasang, sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan saat akan pindahan. Belum lagi harga lantai vinyl yang jauh lebih murah ketimbang parket solid, yang pastinya sangat cocok untuk anda yang tinggal di apartemen studio.

Produk terkait : Harga Lantai Vinyl Kekurangan dan Kelebihannya

Keunggulan Apartemen Studio

  • Hemat Biaya Maintenance

Tinggal di sebuah aprtemen pada umumnya itu bisa membebani anda terhadap sejumlah biaya maintenance, yang mana besaran biaya tersebut tergantung lagi pada kebijakan pihak pengelolanya. Biasanya, biaya maintenance ini akan ditetapkan berdasarkan luas unit apartemen itu sendiri.

Kendati demikian, masalah tersebut tidak akan anda temui pada apartemen tipe studio. Pasalnya, biaya di apartemen studio ini sudah terbukti lebih hemat.

  • Simple dan Praktis

Selain hemat biaya maintenance, bahkan tinggal di apartemen tipe studio juga dinilai lebih praktis dan simple. Walaupun hanya terdiri dari satu ruangan saja, namun apartemen studio sudah dibekali dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap.

  • Penataan Ruang yang Mudah Dengan Budget Minim

Dengan ukuran ruang yang tidak terlalu luas, tentu saja akan lebih memudahkan anda dalam menata ruangannya. Meski memiliki budget minim, bahkan anda bisa dengan leluasa untuk menata pada setiap bagian ruangan tersebut.

  • Mudah Dibersihkan

Tak hanya mudah di tata, ruang apartemen tipe studio juga sangat mudah dibersihkan. Menariknya lagi, anda tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk membersihkan seluruh ruangan apartemen studio.  

Kekurangan Apartemen Studio

  • Ruangan yang Sempit

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa apartemen tipe studio tidak memiliki ukuran ruang yang luas. Sehingga tak heran, jika ruangan pada apartemen studio tersebut akan terasa sempit.

  • Terkesan Monoton

Minimnya ruang gerak yang ada, tentu saja akan membuat anda kesulitan untuk melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu, anda harus mendesain senyaman mungkin seperti yang sudah disebutkn pada tips diatas tadi.

Nah, seperti itulah cara mendesain apartemen studio yang bisa anda coba.

Scroll to Top