Siapa sangka peminat rumah minimalis kian meningkat saat ini padahal masih banyak model rumah besar dengan gaya interior yang khas. Hal ini tidak lepas dari gaya hidup orang pada saat ini yang ingin simpel dan praktis karena banyaknya aktivitas diluar rumah. Seringnya orang keluar saat ini seperti traveling, makan diluar atau kegiatan lainnya memberikan pemikiran bahwa buat apa mengalokasikan dana lebih buat rumah.

Rumah minimalis dirasa cukup hanya untuk istirahat sejenak asalkan nyaman untuk ditinggali. Walaupun minimalis tentunya perlu diperhatikan dari segi keindahan pula. Adapun mengenai beberapa inspirasi dekorasi rumah minimalis yang bisa anda coba seperti dibawah ini.

Inspirasi Rumah Minimalis

1. Pilihlah Furniture yang Bersifat Multifungsi

Contoh Furniturw Multifungsi

Prinsip rumah minimalis adalah bagaimana kita bisa memilih perabotan yang efisien dan multifungsi. Sebagai contoh memilih meja yang dapat dilipat saat tidak digunakan, meja gantung atau bahkan kasur yang dapat diubah menjadi sofa.Hindari furnitur atau perabot yang terlalu memakan banyak tempat yang mana akan memberi kesan sumpek pada rumah minimalis Anda.
Furnitur yang memiliki roda sangat mudah dipindahkan saat anda bosan dengan tata letaknya serta memiliki nilai fungsi lebih. Pilihlah desain, motif serta warna furnitur yang serasi dengan rumah Anda jangan sampai saling timpah satu sama lain saat dipandang.

baca selengkapnya : Daftar Harga Lantai Kayu Bergaransi & Murah 2020

2. Efek Visual

Beberapa “trik” ini sangat ampuh digunakan bagi pemilik rumah minimalis adalah hal mendekorasi.

  • Penggunaan cermin pada ruangan dapat menciptakan kesan ruangan terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya. Gunakan cermin berbentuk panel-panel yang dapat dengan mudah Anda kreasikan sehingga membentuk sebuah cermin berukuran besar.  Idealnya cermin berukuran tiga permepat dari luas dinding atau ukuran sedang jika disimpan di atas meja. Perlu diperhatikan juga penempatan cermin yang sulit dijangkau oleh anak-anak untuk keselamatan.
  • Penggunaan furnitur secara horizontal seperti rak buku memanjang, lukisan melebar ke samping dapat memberikan kesan luas pada rumah Anda. Penggunaan wallpaper horizontal juga bisa dicoba agar rumah terlihat lebar dengan biaya lebih terjangkau. Furnitur tinggi seperti jam sudut dapat memberi kesan rumah terlihat tinggi. Wallpaper vertikal juga dapat memberikan kesan ruangan lebih tinggi. Gunakan rak penyimpanan yang dapat difungsikan sebagai penyekat ruangan.
  • Pemasangan karpet di lantai juga salah satu tips populer dalam dekorasi rumah minimalis untuk menambahkan kehangatan dalam ruangan. Pilihlah karpet dengan warna lembut dan bermotif besar agar tercipta kesan ruangan yang lebih luas. Dengan adanya karpet, ruangan Anda akan terasa lebih hangat dan lembut.

    Karpet tidak hanya digunakan karena fungsinya, namun juga dari segi estetika yang dapat membuat ruangan Anda terlihat lebih cantik dan bergaya. Ukuran Karpet sebaiknya tidak menutupi 50% dari area lantai.
    Bahan karpet juga harus diperhatikan dengan baik. Untuk area ruang tamu yang akan sering di datangi banyak orang pilihlah karpet yang nyaman namun mudah dibersihkan. Karpet kanvas dengan busa sangat nyaman dipakai duduk oleh anak-anak yang sedang bermain serta memiliki durabilitas tinggi. Pilihlah warna hitam supaya tidak terlalu terlihat mudah kotor.

3. Perhatikan Pencahayanan

Pencahayaan yang tepat membuat ruangan rumah terlihat cantik dan bersih. Letakkan lampu pada posisi yang tepat dan enak dipandang agar bisa menerangi semua sudut ruangan di rumah.

Contoh Penempatan Lampu

Pilihlah lampu gantung dengan desain unik untuk memberikan kesan modern pada rumah minimalis. Warna terang dapat dikombinasikan dengan warna-warna ceria serta pencahayaan yang cukup agar ruangan terlihat lebih hidup dan tidak membosankan. Disarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak warna untuk dekorasi rumah. Cukup gunakan 3 dominasi warna netral seperti putih, abu-abu dan krem.

4. Menambahkan Aksesoris

Tambahkan barang-barang yang memiliki tekstur yang berbeda dengan dinding atau furnitur, seperti tirai rajut, sarung bantal dari manik-manik, dsb. Tampilan dekorasi rumah minimalis bisa dilakukan sesederhana dengan menyamakan warna perabotan dengan tembok atau lantai. Bagi para pecinta buku, memiliki rak buku di dalam rumah adalah suatu kewajiban.

5. Penambahan Aksesoris Untuk Dinding

Walaupun tinggal di rumah bergaya minimalis, jangan biarkan dinding kosong dan polos tanpa hiasan. Selain mengisinya dengan foto keluarga, bisa juga mengisinya dengan lukisan-lukisan bertema monokrom seperti hitam dan putih.

Rangkaian cerita dalam bentuk kolase foto membuat ruangan terlihat unik dan lebih menarik. Pilih posisi dinding yang berukuran lebar dan terbuka, serta terkena banyak cahaya agar kolase foto dapat terlihat jelas dari berbagai arah.  

baca selengkapnya : Ruang Tamu dengan Material Kayu Jati

6. Mengoptimalkan Furniture Sesuai Kebutuhan

Harga untuk dekorasi rumah tidak harus dipaksakan menggunakan barang mewah dan mahal, karena yang terpenting serasi dan sesuai kebutuhan. Biaya terbatas bukan lagi masalah bagi kreativitas anda dalam menata ruangan.

Tanaman hias artifisial bisa digunakan sebagai solusi menambah suasana hijau dan sejuk dengan harga sangat murah dibanding menggunakan tanaman asli.

Terbatasnya lahan di rumah minimalis bukan menjadi hambatan Anda untuk mengasah kreativitas. Bebaskan imajinasi dan selalu berani mencoba.

Scroll to Top