kayu albasia

Jenis kayu yang ada di indonesia cukup banyak dan beragam, terlebih penggunaan kayunya yang berbeda-beda. Terkadang ada yang bisa digunakan untuk material interior dan hanya digunakan untuk furniture saja.

Salah satu jenis kayu yang sudah banyak digemari dan diketahui masyarakat indonesia yaitu Kayu albasia, pernah mendengar jenis kayu satu ini? yaps, kayu tersebut merupakan jenis kayu yang sering digunakan untuk kebutuhan furniture.

Ternyata, kayu albasia memiliki beragam keunggulan lho, hal ini menjadikan banyak hunian rumah memiliki setidaknya satu furniture yang terbuat dari kayu albasia. Penasaran apa saja keunggulan dan bagaimana karakteristiknya?

Yuk simak, artikel satu ini, karena kami akan memberikan beberapa infomrasi menarik mengenai macam-macam informasi kayu albasia, berikut infomasinya :

Karakteristik Kayu Albasia khas Indonesia

Buat Anda yang belum tahu, Kayu Albasia atau kayu yang sering dikenal dengan kayu sengon merupaka anggota pohon suku fubaceae.

Pohon ini biasanya digunakan sebagai peneduh, dan kayunya sering digunakan untuk beberapa kebutuhan kaena memiliki beragam keunggulan.

Kayu Albasia jenis kayu lunak

Karakteristik dari kayu alabasia ini tergolong kayu yang unik, karena kayu albasia merupakan jenis kayu yang lunak jika dipegang, serta kayu ini akan mengingatkan Anda dari kayu kapuk dan randu.

Warna kayu albasia

Kayu albasia atau sengon, memiliki warna yang cantik, yaitu pada bagian tengah atau bagian teras kayu yang berwarna sedikit putih.

Namun tidak semua kayu albasia memiliki warna tersebut karena ada juga yang memiliki warna coklat pucat. Namun kebanyakan kayu albaisa memiliki warna putih

Tekstur Albasia sedikit Kasar

Kayu albasia memiliki karakteristik tekstur yang hampir sama dengan kayu keruing, yaitu tekstur dari kayu albasia atau sengon ini cenderung kasar, sehingga membutuhkan proses finishing kembali pada akhir produksi, sedangkan permukaan dari kayu albasia agak mengkilap dan juga licin.

Baca juga : Ternyata begini karakteristik dari kayu keruing, ada produknya juga!

kayu albasia sering digunakan untuk apa? apa saja manfaatnya? yap dengan karakteristik kayu yang cukup mumpuni, tentunya kayu albasia banyak digunakan untuk beberapa kebutuhan, berikut informasinya :

Manfaat Kayu Albasia yang Perlu Anda miliki

Banyaknya manfaat yang bisa Anda miliki dari kayu albasia satu ini, seperti yang diketahui memiliki karakteristik yang unggul dari segi keras, awet dan teksturnya.

Dengan demikian, kayu albasiia bisa anda manfaatkan untuk kebutuhan amterial rumah dan furniture. Warna kayu yang cerah dan terbilang cantik sangat pas jika dimanfaatkan untuk kebetuhan tersebut.

Bahkan, adapaun jenis kayu albasia yang bisa Anda mafnaatkan untuk kebutuhan meja, kursi dan rajang serta lemari. Selain itu, kayu albasia kerap dijadikan papan decking dengan kualitas yang mumpuni.

Tidak hanya karakteristik kayunya saja yang unggul, ternyata kayu albasia atau sengon memiliki keunggulan yang sangat mumpuni, apa saja? yuk kita simak keungguland ari kayu albasia berikut :

Kenali Kelebihan dan kekurangan Kayu Albasia

Kelebihan Kayu Albasia ( sengon )

1. Memiliki Bobot yang ringan

salah satu kelebihan dari kayu sengon ialah dikenal dengan bobot kayu yang ringan untuk berbagai konstruksi dan furniture, karena kadar dari kayu albazia ini sekitar 15% sedangkan densitasinya 320-630kg/m3.

Kayu albazia yang pada namun tetap mudah ketika proses pengolahan, dan kayu albazia mudah dibentuk sesuai yang anda inginkan.

2. Kayu Albasia Anti dan tahan Rayap

Salah satu kelebihan dari kayu albasia ialah, kayu satu ini masuk ekadalam daftar kayu yang tahan terhadap serangan hama rayap. Tidak heran lagim jika kayu sengon abnyak dibutuhkan dibebragai bidang pertukangan, terutama kebutuhan industri.

Selain itu kayu albazia, dinilai sebagai jenis kayu terbaik kedua setelah kayu jati, untuk itu penggunaan kayu albazia menjadi bulan-bulanan masyarakat untuk dimanfaatkan.

3 Memiliki tingkat kuat dan awet yang tinggi

Meski bobot kayu albasia ringan, namun tingkat kuat dan awetnya yang tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dikarenakan kayu albazia atau sengon termasuk kedalam kelas awet III-IV dan kelas kuat III-IV. Meski begitu, tidak semua kayu sengon kuat. Hal ini terganatung dari pertumbuhannya.

Baca juga : Jenis kayu terbaik di tingkat keras dan awet kelas I-I

4. Kayu sengon bersifat Multifungsi

Kayu komersial satu ini, pada dasarnya memiliki manfaat yang multifungsi, hal ini dikarena Anda dapat memanfaatkan untuk berbagai tujuan.

Tidak hanya dijadikan bahan industri saja, melainkan Kayu albasia kerap dijadikan perahu, peti bahkan korek api.

Tidak heran, kayu sengon ini memiliki nilai komersial yang cukup tinggi, bahkan harga dari kayu albasia termasuk termahal kedua setelah kayu jati.

Hal ini menjadikan kayu albasia banyak dipilih karena tampilannya menarik, kuat dan pengerjaannya yang mudah.

Walaupun kayu albasia memiliki beragam keunggulan serta karakteristik yang mumpuni, kayu ini tetap lah kayu yang memiliki kekurangan. Hal ini harus Anda ketahui juga, kelemahannya. Berikut informasinya :

Kekurangan Kayu Albasia

kayu sengon cepat rusak

salah satu kelemahan dari kayu albasia satu ini yaitu, kondisi kayu yang cepat rusak, terutama karena pengaruh cuaca, terlebih jika Anda menggunakan kayu sengon dengan kondisi kayu yang masih muda. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih kayu albasia yang umurnya cukup untuk dapat diproduksi.

Mudah bereaksi

kayu ini akan mudah dbereaksi ketika terkena zat seperti semen, sifat panas dari semen mampu membuat kayu ini menjadi mudah melengkung, dan sulit untuk lurus kembali.

Namun, apakah Anda tahu hasil dari penggunaan Kayu Albasia dan produknya? berikut akan kami bahas beberapa hasil dari penggunaan kayu albasia. Simak berikut ini :

Beberapa Hasil Manfaat dari Kayu Albasia

Lemari Hasil kayu Albasia

Berikut beberapa hasil mafaat yang dapat Anda gunakan dari kayu albasia yaitu lemari, lemari albasia terkenal dengan kuatnya serta serat dan motif warnanya yang sangat cantik, tidak heran material kayu albasia sangat cocok untuk kebutuhan bahan lemari :

Meja dan kursi hasil Kayu Albasia

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan ialah, penggunaan merja dan kursi. Menggunakan properti tersebut sangat sempurna untuk hunian, karena kayu albasia memiliki beragam keunggulan yang berbeda dari jenis kayu furniture lainnya.

Lalu, sudah tahu berapa kisaran dari harga kayu albasia? Tentunya seperti yang disebutkan dari awal bahwa kayu albasia merupakan kayu termahal kedua setelah kayu jati. Namun, kisaran berapa ya? Berikut informasinya :

Harga Kayu Albasia

Dipasraan, harga dari kayu sangon atau albasia memang bervariasi. Harga log dari kau albasa biasnaya dibanderol dengan harga sekitar RP 1.000.000, sedangkan ukuran diamater produknya di 55 cm dan panjang 103 cm.

untuk kayu sengon sendiri, memiliki diameter 50 cm dan panjang dikisaran 300 cm. Anda dapat menemukan kayu sangon dengan mudah, beberapa indsutrial kayu bisa Anda temukan dikota anda.

Jadi, apakah Anda akan menggunakan material satu ini? atau Anda akan menggunakan material kayu lainnya?

Tentunya, gunakan material kayu dengan kualitas yang tinggi agar hunian dan furniture anda semakin bekualitas.

Scroll to Top