5 Cara Ampuh Membasmi Rayap Hingga Musnah yang Paling Efektif!

cara basmi rayap

Serangan rayap merupakan masalah yang sering merepotkan bagi pemilik rumah, karena hama rayap yang dapat menyerang berbagai macam perabotan.

Apalagi jika prabotan bermaterial kayu, Hal tersebut membuat para pemilik rumah kebingungan untuk mencari cara membasmi rayap yang tepat dan cepat.

Maka dari itu, untuk Anda yang belum tahu cara bagaimana membasmi rayap hingga tuntas.

Artikel ini menjadi jawaban yang tepat, karena Kami akan memberikan cara cara membasmi rayap agar masalah ini langsung tuntas, Bagaimana? penasaran dengan caranya? yuk simak berikut ini :

Begini cara Membasmi Rayap yang cepat dan Tepat

Musuh yang paling jahat adalah musuh yang tak terliihat, begitupun dengan rayap. Kadang kita tidak selalu melihat adanya hama rayap apalagi jika Selalu merhatikan,

mungkin tidak ada waktu untuk hal seperti itu, tau tau rayap sudah menggerogoti material kayu dan mengahbiskannya hingga berbentuk debu yang lembut.

Hal tersebut membuat Anda semakin takut dan semakin khawatir karena takut barang barang kesayangan Anda menjadi sasaran empuk oleh beberapa hama rayap.

Namun cara menghentikan kekhawatiran tersebut dengan mengetahui bagaimana tahap yang tepat untuk membasmi dan memusnahkan musuh-musuh yang sangat kecil tersebut.

Dengan begitu Anda tidak perlu merasa cemas, karena Anda sudah menyiapkan cara yang tepat.

Penasaran? yuk langsung saja kita pahami bagaimana cara yang tepat untuk membasmi Hama rayap yang menjengkelkan, Simak berikut ini :

1. Siram Area Rayap dengan Air Sabun

Cara pertama yang mungkin cara yang paling simple dan bisa Anda lakukan secara cepat, yaitu menggunakan cairan sabun dan menyemprotkannya kebagian yang mulai terkena rayap.

Walau obat pembasnmi rayap berbahan kimia sudah bisa Anda temukan di berbagai mini market, cara cepat yang paling efekrif adalah menggunakan cairan sabun,

karena penggunaan sabun membuat pernafasan rayap terhenti sehingga hama rayappun lebih cepat mati.

2. Membasmi rayap menggunakan Kapur Barus

Cara ampuh kedua yaitu, menggunakan Kapur barus sebagai pembasmi hama rayap yang cepat, bila cara pertama menggunakan sabun juga efektif.

Namun zat kimia barus terbukti mampu dijadikan obat anti rayap yang ampuh,

karena Kandungan naftalena dari kapus barus yang bersifat mematikan bagi serangga kecil seperti rayap dan hewan kecil lainnya.

Dengan menggunakan kapur barus, Anda akan terhindar dari hama rayap dan serangga lainnya seperti Kecoak dan juga semut, cukup meletakan segenggam atau sebutir kapur barus didalam perabotan kayu di rumah Anda.

Hal tersebut menjamin rayappun tidak mau mendekatinnya dan furniture atau material lainnya akan aman karena Kapur barus, yuk dicoba agar terhindar Hama Rayap.

3. Jemur Perabotan yang disukai rayap secara rutin di luar Ruangan

Cara selanjutnya yaitu, Menjemur perabotan yang terbuat dari kayu atau yang dapat menjadi tempat rayap di cahaya matahari yang panas.

Sebagai salah satu tempat adanya rayap yaitu furniture yang terbuat dari kayu, buku-buku, kasur.

Cahaya matahari yang panas mampu membasmi rayap secara almai tanpa menggunakan bahan kimia, apalagi cahaya matahari yang panas merupakan hal yang tidak disukai oleh rayap sehingga rayappun tidak mau bersarang ditempat tersebut.

Bahkan cahaya matahari juga dapat membuat telur rayap menjadi mati dan tidak menetas.

Baca juga : Atap sirap Kalimantan, Kenali keuntungan penggunannya.

cara tersebut Anda dapat mengurangi pengluaran budget untuk membeli bahan kimia. yuk segera jemur furniture dan benda lainnya agar terhindar dari Hama Rayap.

4. Menurunkan Suhu ruangan dengan Penyejuk ruangan

Jika ketiga cara ditas sudah Anda lakukan, Maka cara selanjutnya adalah dengan menggunakan pengatur suhu ruangan,

walaupun dengan menggunakan 3 cara diatas sudah terbukti ampuh, namun dengan cara satu ini dapat mencegah adanya rayap.

Dengan cara mengatur suhu ruangan membuat rayap enggan berada ditempat tersebut, karena rayap merupakan hama yang sangat benci dengan cahaya dan suhu panas, dan mereka juga terkenal dengan hama yang benci suhu dingin yang ektrem!

hal tersebut dapat anada manfaatkan dengan meletakan beberapa furniture berharga di ruangan yang ber-Ac dengan cara Mengatur suhu AC tersebut dengan suhu yang rendah.

Walaupun kebanyakan orang tidak memiliki alat pengatur suhu, jangan khawatir Anda masih tetap bisa menggunakan cara 123 dengan hemat dan Cepat.

yuk jemur dan letakan ac di tempat furniture dan material yang sering terkena Hama Rayap.

5. Melebarkan ventilasi udara di dalam Rumah

Cara yang paling efektif tanpa harus menggunakan bahan kimia dan menggunakan penggatur suhu ruangan yaitu dengan cara melebarkan atau memperbanyak ventilasi udara,

karena hama rayap sering hadir ketika suhu pada ruangan lembab.

kurangnya cahaya dan udara yang masuk membuar ruangan menjadi lebih lembab dan menyebabkan hama rayap menyukai tempat tersebut, Anda cukup menambahkan ventilasi udara agar udara dan cahaya lebih banyak masuk.

begitu Anda tidak perlu khawatir dengan hadirnya hama rayap. yuk cek kembali ventilasi udara Anda dan Tambahkan agar area rumah Anda tidak terlalu lembab karena kekurangan udara dan cahaya.

Sesudah menggunakan berbagai cara untuk membasmi atau mencegah adanya hama rayap,

kenali juga beberapa jenis rayap agar Anda mengetahui dari mana asal dari keroposnya kayu dan rusaknya furniture dengan mengetahui raya tersebut.

Mari Kita mengenal hama rayap secara singkat berikut ini :

Mengenal Bahaya yang diakibatkan Oleh Hama Rayap untuk Manusia

Rayap atau makhluk silent desroyer atau perusak yang diam, jenis rayap tidak hanya 1 saja dimuka bumi ini. Sejumlah penilitian membuktikan bahawa ada sekitar 120 jenis rayap di dunia.

Dari 120 jenis rayap hanya 3 jenis rayap yang menjadi sumber kerusakan pada furniture serta bagian-bagian rumah Anda. berikut tiga jenis rayap tersebut :

  • Rayap Kayu Basah
  • Rayap Kayu Kering
  • Rayap Tanah

itulah 3 jenis rayap yang sering kali mengganggu atau merusak barang-barang dari Manusia, terlebih Hama rayap dapat membahayakan, Sudah tahu bahaya apa saja yang disebabkan oleh Hama Rayap, berikut uraiannya :

1. Membuat beberapa material Kayu menjadi Keropos

Hampir setiap hunian rumah pasti menggunakan element kayu untuk Struktur bangunannya. Hal tersebut membuat kekhawatiran yang serius bagi para pemilik Rumah, Apalagi jika pemilik rumah tersebut menggunakan jenis kayu yang tidak memiliki spesiffikasi anti rayap

itu lah kenapa Kita perlu mengetahui cara atau tahap untuk membasmi rayap agar dampak yang ditimbulkan tidak terlalu parah, apalagi jika rayap membuat rumah menjadi Roboh

Maka dari itu Selagi anda mengenal cara membasmi Rayap, kita perlu mengetahui juga jenis kayu yang memiliki spesfikasi anti rayap agar tidak muda dimakan rayap.

2. Dapat merobohkan Plapon Kayu

Meyambung dengan bahaya rayap yang pertama, hama rayap pun dapat membuat plapon kayu roboh, akibat Anda tidak teliti memilih jenis kayu yang biasa saja, atau tidak memperhatikan adanya rayap, dan yang perlu diketahui bahwa kayu memiliki banyak jenis, dan hanya beberapa jenis kayu yang mempunyai ion alami anti rayap

bukan hanya cara dan tahap saja yang harus diperhatikan, melainkan Anda harus mengenal jenis kayu yang tepat untuk material bangunan rumah Anda, karena jika salah menggunakan kayu yang salah, mungkin akan terjadi sesuatu hal yang berakibat fatal.

maka dengan itu, Anda perlu memahami atau mengenal jenis kayu yang dapat Anda gunakan, karena sasaran empuk dari hama rayap adalah kayu. yuk mengenal jenis Kayu yang dapat Anda gunakan tanpa harus mengkhawatirkan rayap memakannya.

Jenis – Jenis kayu yang tidak mudah dimakan rayap

Diketahui bahwa rayap merupakan hama yang gemar memakan rayap, membuat kita harus memilih jenis kayu yang tepat dan aman.

Beberapa jenis kayu yang bisa Anda gunakan untuk penggunaan, Plapon, Lantai kayu indoor, Lambersering, yang dijamin tidak akan terkena serangan rayap. yuk kita simak uraiannya :

  • Jenis Kayu Jati
  • Jenis Kayu Ulin
  • jenis Kayu Merbau
  • Jenis kayu Bengkirai
  • Jenis Kayu Keruing

jenis kayu diatas merupakan jenis yang mempunyai spesifikasi kayu kuat dan awet, dengan jenis yang memiliki ion-ion negatif yang merupakan kayu yang sehat untuk pernafasan dengan minyak alami yang tidak disukai oleh hama rayap.

Baca juga : Mengenal jenis jenis kayu dan produk kayu terbaik anti rayap

Sebab itu, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan jenis kayu tersebut, Agar Anda tidak perlu menggunakan bahan bahan kimia dan cara lainnnya untuk mengusir hama rayap.

Terimakasi telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan Selamat menikmati hunian terbaik dengan Material kayu Anti rayap berkualitas.

Scroll to Top