8 Cara Mengusir Laron Saat Musim Hujan, Mudah dan Murah!

cara Mengusir laroncara Mengusir laron

Cara mengusir Laron – Salah satu serangga yang kerap muncul saat musim Hujan, Laron merupakan serangga yang kerap masuk kedalam rumah atau area cahaya dengan kelompok yang berjumlah banyak.

Fakta menariknya, Laron sendiri merupakan salah satu jenis hewan dengan usia yang pendek, Dimana serangga ini, akan mati pada pagi hari, sebab cahaya matahari membuat laron kehilangan kelembaban pada tubuhnya.

Saat Laron dan kelompoknya mati, membuat tubuh hingga sayapnya akan berserakan di area lantai rumah, hal ini kerap menjadi kekesalan bagi para pemilik hunian, sebab harus meluangkan waktu dan tenaga untu membersihkan sisa-sisa badan laron yang banyak.

Nyatanya, kamu perlu mencoba beberapa cara berikut untuk mengusir laron agar tidak menyebabkan sayap dan tubuhnya berserakan, untuk itu berikut beberapa cara yang mudah tanpa perlu mengeluarkan biaya, antaranya :

Beberapa Cara Mengusir Laron saat Musim Hujan

Mencegah Laron berserakan hingga mencegah tampilan rumah menjadi berantakan, yuk intip berbagai cara mengusir laron dengan mudah, berikut ini!

1. Semprot Pakai Air Sabun

Cara Mudah dan Tidak repot yang bisa kamu coba yakni dengan menggunakan cairan sabun untuk mengusir laron, tentunya cara ini bisa kamu coba dengan menyemprotkan air yang telah dicampur sabun sebelumnya.

Kamu bisa menggunakan berbagai jenis sabun merk apapun, kemudian masukan campuran air dan sabun ke dalam botol dengan semprotan. Semprot dalam kedaan dekat, maka sayap dari laron akan basah dan akan berjatuhan tanpa sayap.

2. Jebakan Air untuk Mengurangi jumlah

Cara berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengusir atau mebasmi laron, yakni dengan membuat jebakan air. Dimana jebakan ini, dibuat dengan cara memasukan air secukupnya pada baskom atau wadah besar.

selanjutnya meletakan wadah tersebut dibawah sinar lampu, ketika sudah maka laron akan terjebak diwadah tersebut, hal ini dikarenakan sifat laron yang berterbangan keatas kebawah.

3. menggunakan Lampu Anti Serangga

Mungkin, kamu perlu menyiapkan budget lebih untuk menggunakan cara membasmi laron berikutnya, dimana cara ini menggunakan lampu anti serangga, dimana lampu tersebut mempunyai cahaya ultraviolet yang seperti matahari.

Baca Juga : 7 Jenis Serangga perusak kayu yang Paling Berbahaya! Wajib Tahu

Tentunya, cahaya pada lampu anti serangga dapat berbahaya bagi banyak serangga, sehingga kamu bisa membasmi laron dengan mudah. Laron akan mendatangi cahaya tersebut, dan akan terkena tegangan listrik, atau efek ultraviolet dan akhirnya mati.

4. Gantung Cabai di pintu

Beberapa dari kita mungkin pernah melihat beberapa hunian menggunakan cabai area pintu, tentunya hal tersebut merupakan cara tradisonal untuk mengusir atau membasmi laron.

Sebab cahaya lampu akan membantu cabai untuk melepaskan atau mengeluarkan aroma cabai. Dimana aroma tersebut tidak disukai laron. Kamu bisa menggantukan cabai merah yang sudah diiris, ditusukan, dan digantung di area pintu atau dekat lampu.

5. Uap Lilin

Salah satu cara untuk mengusir laron yakni dengan menggunakan lilin, kamu bisa menggunakanya dengan menyiapkan lilin dan wadah semacam baskom yang berisi ari. matikan lampu, dan nyalakan lilin.

Hal tersebut akan membuat cahaya laron berterbangan kearah lilin, dan akan jatuh kedalam baskom berisi air, cara ini sudah dilakukan pada jaman kake nene kita.

6. Campuran bawang putih dan air

Tak hanya sabun saja, kamu bisa menggunakan bahan alami untuk mengusir laron secara efektif. Cobalah mengusir laron dengan campuran alami, yakni dengan potongan bawang putih yang sudah dihaluskan dan di campur dengan air secukupnya.

Baca Juga : 4 Langkah Membangun Rumah Sehat! Ternyata ini yang Tak boleh Terlewatkan

Tuangkan kedalam semprotan seperti halnya cara dengan sabun. Semprotkan campuran cairan ini ke laron, maka sayap dan laron akan mati dan berjatuhan.

7. Gunakan Lampu diluar rumah

Cara berikutnya, untuk mengantisipasi laron masuk kedalam rumah, yakni kamu bisa menyalakan lampu diarea luar ruangan. Pancing laron tersebut, agar mendekati lampu diluar, dengan mematikan lampu didalam ruangan.

Lakukan dalam beberapa menit, hingga laron benar benar hilang sepenuhnya. Dengan car ini, laron tidak akan masuk kedalam rumah dan tidak akan membuat sampah berserakan.

8. Membatasi ventilasi rumah dengan Jaring

Cara yang bisa digunakan untuk mencegah laron yang makin banyak masuk kedalam rumah yakni, dengan menutup atau membatasi ventilasi rumah dengan perekat atau jaring besi agar laron tidak bisa masuk.

Cara ini cukup efektif, namun sedikit lebih rumit dikarenakan perlu memasangkan jaring pada sela sela ventilasi didalam rumah. Yuk pasang, sebelum terlambat.

Jadi, sudah tahu cara membasmi laron yang efektif?

Scroll to Top