Mengenal Atap Spandek yang Mendunia, Kenali Juga 5 Jenis Terbaiknya

mengenal atap spandek

Mengenal Atap Spandek – Atap merupakan bagian yang penting pada sebuah hunian, terlebih atap sendiri memiliki fungsi yang siginifikan, yaitu sebagai penutup suatu bangunan, yang melindungi area dalam ruangan dari cuaca hingga beda lain yang dapat mengganggu.

Kebutuhan atap yang meningkat, membuat para produsen atap semakin gencar-gencarnya membuat produk terbaru dengan berbagai macam kualitas, bahkan jenis bahannyapun semakin beragam tentunya dengan keunggulan yang berbeda-beda.

Hal tersebut, membuat Anda kebingungan bukan? untuk memilih atap mana yang seharusnya digunakan. Tapi, sudah tahu dengan jenis atap yang kali ini banyak diperbincangkan oleh para kontraktor? yap atap tersebut yaitu Atap Spandek.

Untuk Anda, yang sedang mencari informasi mengenai atap spandek, dari mulai kualitas atap, kelebihan dan kekurangan atap spandek, serta biaya yang perlu disiapkan. Kami akan memberikan ulasannya secara lengkap, untuk itu yuk simak berikut :

Mengenal Atap Spandek dan Fungsinya

Atap spandek, merupakan materiap atap yang berbeda dengan jenis-jenis atap lainnya, hal ini dikarenakan atap spandek tersebut dari campuran 43% seng, 55 alumunium, serta campuran silikon, pecampuran silikon tersebut dilakukan agar atap spanduk lebih fleksibel serta kuat cuaca.

Pecampuran ketiga bahan spandek tersebut, dirancang khusus untuk membuat jenis atap satu ini memiliki bobot berat yang ringan, kokoh, serta mudah dalam penyesuaian bentuk Hunian Anda.

Bagaimana bentuk dari atap Spandek?

Atap spandek memiliki bentuk kotak-kotak simetris yang hampir menyerupai genteng dari tanah liat, namun penggunaan atap spandek terbilang lebih cocok jika digunakan sebagai atap perumahan minimalis dibanding atap genteng pada umumya

Baca juga : Ternyata Kayu Ulin Bisa Digunakan Untuk Atap Sirap

Selain karena tampilannya, atap satu ini merupakan material atap yang memiliki harga yang cukup terjangkau, tak heran jika atap spandek banyak dicari dimana-mana.

lalu, ada ukuran berapa saja atap Spandek?

Daftar Ukuran Spandek Terlengkap

Ukuran panjang spandek dan lebar dari spandek ini memiliki ukuran yang beragam, hanya saja atap yang biasa tersedia dipasaran memiliki ukuran lebar 78cm hingga 1 m, dan ukuran standarnya memiliki panjang hingga 6 meter.

Berikut beberapa uraian mengenai ukuran atap spandek yang bisa Anda jadikan patokan ukuran jika Anda ingin menggunakan material atap satu ini, berikut informasinya :

Ketebalan atap spandekUkuran Atap SpandekBerat Atap Spandek
0.30 mm1000 mm2.98 Kg (AZ 100)
0.35 mm 1000 mm23.50 Kg (AZ 100)
0.40 mm 1000 mm3.92 Kg (AZ 100)
0.45 mm 1000 mm4.46 Kg (AZ 100)
0.30 mm 1000 mm4.98 Kg (AZ 150)
0.35 mm 1000 mm5.20 Kg (AZ 150)

Tidak hanya ukurannya saja yang berbeda – beda, melainkan material atap spandek memiliki jenis yang beragam, jenis tersebut tentunya memiliki fungsi dan kualitas yang berbeda-beda, dari pada penasaran, berikut informasinya :

Jenis Atap Spandek yang Ada dipasaran

1. Atap Spandek Standar/Zincalum

Jenis atap satu ini dikenal dengan zincalum yang memiliki satu pilih warna saja, yaitu warna silver. Atap Zincalum biasa digunakan untuk penutup atap kanopi atau pergudangan, meskipun tidak jarang pula digunakan untuk atap Hunian.

Tipe atap spandek Standar memiliki 2 pilihan pola, yaitu gelombang besar dan gelombang kecil, namun pola tersebut tidak ada rincian khusus untuk penggunaannya, melainkan Anda dapat memilihnya sesuai selera yang Anda sukai.

2. Atap Spandek Warna

Seperti namanya saja, atap satu ini tentunya memiliki variasi warna yang lebih beragam dibanding atap Zincalum. Atap Spandek warna memiliki berbagai pilihan seperti Warna merah, Kuning, Biru.

Proses modifikasi warna ini dilakukan dengan cara coating sehingga warna yang ditimbulkanpun tidak akan mudah pudar, karena melewati proses modifikasi, hal inipun membuat harga yang dikeluarkan cukup tinggi.

Spandek Transparan

Atap jenis ini sangat cocok jika digunakan untuk bagian rumah yang membutuhkan pencahayaan lebih, seperti tempat jemur pakaian, dapur bahkan area lainnya.

Dengan menggunakan spandek transparan, pakaian yang anda jemurpun akan terlindungi ketika hujan, apalagi Spandek Transparan memiliki harga yang cukup terjangkau serta memiliki bobot yang lebih ringan.

Atap Spandek Lengkung

Sesuai dengan namanya, jenis atap satu ini memiliki bentuk melengkung dan dapat diaplikasikan dipermukaan atap yang memiliki daya lengkung yang cukup terjal, spandek jenis ini memiliki bentuk lengkungan yang bervariasi, sehingga Bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Atap Hunian.

bagaimana cara menghitung jumlah atap dan kebutuhan atap Hunian?

Cara menghitung kebutuhan Material atap Hunian

Rumus menghitung Jumlah kebutuhan Atap = Luas bidang atap keseluruhan x Koefisien

Jumlah kebutuhan = (2 x 63 m2) x 0.444 lembar = 126 m2 x 0.444 lembar : Jumlah kebutuhan = 55.944
Artinya, Anda membutuhkan sebanyak 56 lembar spandek untuk rumah Anda.

lalu, pastinya Anda bertanya – tanya mengenai, mengapa harus Atap Spandek? apa saja kelebihannya? untuk itu kami akan memberikan informasi mengenai Kelebihan Atap Spandek untuk kebutuhan Atap Hunian. Berikut informasinya :

Mengenal Kelebihan Atap Spandek

Mudah dalam pemasangan

Pengaplikasian yang mudah, kelebihan pertama dari atap spandek yaitu pemasangan atap yang mudah, tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk menutupi seluruh bagian atas rumah dengan struktur rangka yang tidak sulit.

Anti Pecah dan Kuat

Atap Spandek anti Pecah, ketebalan rata rata spandek sekitar 0,3 mm hingga 0,5 mm, membuat Atap spandek tetap kokoh dan kuat terlebih material yang digunakan atap spandek terbuat dari bahan spandek yang berkualitas dan seng berquality tinggi.

Atap Spandek Memiliki Warna Beragam

Atap spandek memiliki wana beragam, permukaan atap spandek yang mudah dicat dengan kombinasi warna yang diinginkan, namun sebenarnya atap spandek memiliki beragam warna yang telah diproduksi, hal ini membuat Anda tidak perlu bersusah payah untuk mewarnainya lagi.

Daya tahan yang tinggi dan Tahan lama

Atap spandek bisa dikatakan sebagai salah satu material atap rumah yang memiliki daya tahan lama, serta memiliki keawetan yang sangat panjang. Atap Spandek ini, mampu berahan hingga 20 tahun lamanya.

Baca Juga : Atap sudah cantik? gunakan material lantai kayu agar hunian lebih asik

Hal ini disebabkan karena campuran dengan komposisi yag benar dan tepat, serta menggunakan dasar alumunium dan seng yang membuatnya menjadi tahan lama.

Kekurangan Atap Spandek

Berisik saat Hujan

atap spandek yang tipis ini bukanlah material atap yang mampu meredam suara dengan baik, Hal ini menjadikan atap spandek jika dilanda hujan deras akan memberikan suara bising yang kurang nyaman.

Selain tipis, bobot ringan juga dapat menjadi faktor utama yang menyebabkan tingkat kebisingan tersebut semakin jauh lebih tinggi, dibanding jenis ata lainnnya.

lalu, berapa biaya yang harus disiapkan untuk membeli atap spandek? kenali beberapa harga atap spandek berikut :

Daftar Harga Atap spandek Per meter

Spesifikasi Atap SpandekJumlah SatuanHarga Produk
Tebal 0.25mmsatu meterRp 50.000,-
Tebal 0.30 mmsatu meter Rp 60.000,-
Tebal 0.35mmsatu meter Rp 70.000,-
Tebal 0.35mmsatu meterRp 80.000,-
Tebal 0.45mmSatu meterRp 97.000,-
Tebal 0.50 mmSatu meterRp 110.000,-
Harga biasa berubah-rubah sesuai Produsennya

Jadi, sudah paham dengan atap Spandek?

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya Anda dapat mengenal beragam material yang bisa Anda baca di halaman utama Artikel satu ini.

Scroll to Top