8 Jenis Kayu Terkuat yang cocok untuk Kontruksi Berat!

Jenis Kayu Terkuat – Material Kayu merupakan material yang tak lepas dari kebutuhan manusia, terlebih dalam pemanfaatannya yang beragam, karena memiliki sifat yang mudah dibentuk sehingga memudahkan dalam penggunaanya.

Selain memiliki beberapa jenis kayu dengan tampilan yang eksotis, kayupun terkenal dengan kualitas, kuat dan awetnya. Sehingga, Material inipun kerap menjadi unggulan untuk berbagai keperluan, seperti membuat perabotan rumah, bahan bangunan, bahan kertas, dan banyak lagi.

Selain itu, jenis kayupun terbagi menjadi beberapa tingkat kualitas, sehingga tidak semua kayu memiliki ketahanan dan keawetan yang sama.

Namun, kami telah merangkum beberapa informasi menarik, mengenai beberapa jenis kayu terkuat yang bisa ditemukan di Indonesia, tentunya dengan beberapa kualitas yang mumpuni. Beberapa jenis terbaiknya, diantaranya :

Urutan Kayu Terkuat di Indonesia

Bagi kamu yang ingin mengetahui jenis kayu terkuat di indonesaia, berikut ini jenis-jenisnya.

1. Kayu Besi

Dikenal dengan Kayu Besi, kayu ulin memiliki tingkat kuat yang berada diposisi teratas, dengan tingkat kelas 1 pada keawetan dan kekuatannya. Sehingga jenis ini kerap dikenal dengan jenis kayu terkuat yang ada di indonesia.

Selain itu, kayu besin terkenal kuat terhadap air laut dan bisa bertahan lebih lama di suhu yang ekstream. Tentunya, dengan kualitas tersebut, membuat kayu ini bisa diolah dan digunakan diberbagai kebutuhan, baik itu kontruksi, furniture.

Bahkan tak jarang kayu besi digunakan untuk kebutuhan rel kereta, kapal laut, hingga tiang-tiang dengan tekanan beban yang tinggi. Kayu besi atau ulin merupakan salah satu jenis kayu dengan pohon yang memiliki tinggi, hingga 30 meter, dengan batang pohon mencapai 1,2 meter.

2. Kayu Merbau

Jenis Kayu terkuat selanjtunya yakni Kayu Merbau merupakan pohon yang banyak tumbuh di pulau jawa, seperti sulawesi, kalimantan bahkan bisa dijumpai di Papua. Kayu satu ini dikenal memiliki daya tahan yang prima terhadap berbagai kondisi cuaca.

Kayu merbaupun termasuk kedalam golongan kayu berat, dengan tingkat kuat kelas I-II, selain memiliki tingkat susut yang rendah, kayu merbaupun tidak mudah menimbulkan cacat saat dikeringkan, sehingga bisa dimanfaatkan diberbagai kebutuhan.

Salah satunya untuk pembuatan mebel khusus outdoor, kayu inipun dikenal dengan material lantai dengan kualitas terbaik. Karena ketahannya yang baik, jenis merbau cocok disebut kayu terkuat yang bisa ditemukan di indonesia.

3. Bengkirai

Walaupun berada dikelas dibawah kayu besi atau ulin, namun kayu bengkirai masuk kedalam golongan kayu terkuat yang ada diindonesia lho, hal ini dikarenakan kayu bengkirai termasuk kelas I untuk tingkat kuat dan awetnya.

Dengan tingkat tersebut, membuat kayu ini kerap digunakan dalam pembuatan kerangka bangunan, selain itu bengkiraipun tahan terhadap cuaca di indonesia, sehingga kerap dimanfaatkan untuk kebutuhan eksterior hunian, seperti lantai kayu.

4. Kayu Sonokeling

Jenis kayu terkuat lainnya yaitu Kayu Sonokeling, dimana jenis pohon ini banyak tumbuh di wilayah jawa timur dan jawa tengah, dimana kayu ini tumbuh subur diketingga 20-40 meter.

Tampilannya yang cantik, dengan tekstur kayu yang halus, mampu memudahkan penggunaanya untuk kebutuhan furniture dan interior hunian, warna coklat yang gelap seperti kayu jatipun kerap menjadi alternatif pengganti kayu jati dengan tingkat kuat yang lebih baik.

Selain digunakan untuk kebutuhan interior seperti lantai dan furniture, kayu inipun menjadi bahan perabotan rumah tangga dengan kelas tinggi, sonokelingpun kerap dimanfatkan untuk bahan rangka pintu, jendela, hingga kebutuhan alat musik.

5. Kayu Jati

Memiliki tingkat awet yang sudah terkenal, kayu inipun menjadi dambaan bagi setiap pemilik hunian, selain memiliki kekuatan dan keawetan yang bagus sejak dulu.

Kayu jatipun menempati jenis kayu kelas II untuk tingkat kuatnya, sedangkan kelas 1 untuk keawetannya, hal inilah yang membuat kayu jati termasuk jenis kayu terkuat di indonesia.

Baca Juga : Ketahui Jenis Kayu Kelas I dan Keuntungan Menggunakannya

Selain itu, kayu jati terkenal juga tahan terhadap rayap, dan jamur. Jenis pohon ini, biasanya bisa tumbuh hingga ketinggian 30-40 meter dengan daunnya yang lebar.

6. Kayu Kamper

Walaupun lebih dikenal karena memiliki aroma yang khas, kayu asal kalimatan inipun masuk kesalah satu kayu terkuat lho, kayu kamper merupakan kayu dengan kekuatan dan keawetan yang bagus, sehingga bisa dimanfaatkan untuk bahan kontruksi bangunan, meski tidak sebaik kayu jati. Tanaman dari pohon kamper, bisa tumbuh hingga 20-30 meter dengan diameter mencapai 0,6 – 1,2 meter.

7. Kayu Kelapa

Jenis Kayu terkuat yang bisa dipilih selanjutnya, yaitu Kayu kelapa. Memiliki ketahanan terhadap serangan hama dan gulma, kayu inipun mempunyai serat yang kasar, dengan motif yang bernuansa etnik.

Baca Juga : 7 Jenis Kayu Furniture Terbaik dan Ketahui Fungsi dan Manfaat

Satu alasan kenapa kayu ini termasuk kayu kuat, yakni ketahannya terhadap benda tajam, atau tidak mudah penyok, ataupun tergores. Sifat kuat inilah yang menjadikan kayu kelapa, bisa digunakan untuk dijadikan kusen pintu, jendela, ataupun kayu usuk.

Lebih menariknya lagi, kayu kelapa dapat tumbuh liar diberbagai kondisi cuaca.

Jadi, kira-kira mana yang menurut kamu kayu terkuat?

Scroll to Top